Sukses

Deretan HP Samsung Ini Dapat Update Android untuk Terakhir Kalinya, Ada Punya Kamu?

Deretan smartphone Samsung Galaxy ini akan mendapatkan update Android 15 untuk terakhir kalinya melalui update One UI 7.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, selalu ada perangkat Samsung Galaxy yang berhenti mendapatkan update OS Android usai habis masa update-nya.

Pada 2024 ini, ada banyak smartphone Galaxy yang mendapatkan update OS terakhirnya yakni Android 15 melalui One UI 7.

Oleh karenanya, kamu pengguna Samsung Galaxy perlu mengetahui jadwal update terakhir HP kamu. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan informasi tentang fitur dan peningkatan serta rencana untuk penggantian HP baru jika memang sudah tak dapat lagi OS Android.

Terbaru, Samsung telah mengumumkan bahwa ada 12 smartphone Samsung Galaxy mereka yang bakal mendapat One UI 7 berbasis Android 15, untuk yang terakhir kalinya.

Update Android 15 ini akan menandai akhir dari update besar Android untuk ke-12 smartphone di bawah ini. Apa saja, yuk simak informasinya dikutip dari Gizchina, Senin (29/7/2024).

  • Galaxy S21
  • Galaxy S21 Plus
  • Galaxy S21 Ultra
  • Galaxy Note 20
  • Galaxy Note 20 Ultra
  • Galaxy S20
  • Galaxy S20 Plus
  • Galaxy S20 Ultra
  • Galaxy S20 FE
  • Galaxy Z Fold2
  • Galaxy Z Flip5G
  • Galaxy A72

Perangkat-perangkat ini begitu populer di kalangan para pengguna. Kini di 2024, perangkat tersebut akan mendapatkan fitur baru melalui update One UI 7 dan Android 15. Namun juga sekaligus update terakhirnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Utama One UI 7

One UI 7 kemungkinan akan menghadirkan sejumlah peningkatan dan fitur baru pada smartphone-smartphone Samsung Galaxy.

Beberapa peningkatan yang dimaksud meliputi:

  • Peningkatan antarmuka pengguna yang disempurnakan, lewat One UI 7, antarmuka smartphone Galaxy jadi lebih halus dan user friendly dengan opsi penyesuaian yang lebih baik.
  • Peningkatan kinerja: Smartphone Samsung akan dioptimalisasi guna membuat HP berjalan lebih lancar dan cepat.
  • Update privasi dan keamanan: Kontrol privasi dan fitur keamanan yang ditingkatan untuk melindungi data pengguna.
  • Fitur baru: Fungsionalitas dan tool tambahan untuk meningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
3 dari 4 halaman

Tentang One UI 7

Dikutip dari 9to5Google, Senin (22/7/2024), leakster kenamanan Ice Universe mengungkap kalau One UI 7 yang berbasis Android 15 akan menawarkan perubahan besar-besaran, bahkan yang terbesar sepanjang sejarah One UI.

Meski tidak mengungkap lebih lanjut, dalam unggahannya, ia mengatakan kalau One UI baru ini akan memiliki ikon UI yang digambar ulang. Selain itu, lewat unggahan di Weibo, ia menambahan kalau bilah notifikasi akan diubah.

Laporan lain juga menyebut kalau Samsung akan merombak tampilan panel Quick Settings. Kendati demikian, informasi mengenai kehadiran One UI 7 saat ini belum diketahui.

Adapun untuk saat ini, beberapa rumor menyebut kalau Samsung sudah melakukan uji coba internal One UI baru tersebut. Perusahaan sendiri juga disebut masih fokus pada pengembangan One UI 6.1.1.

Oleh sebab itu, ada kabar yang menyebut kalau Samsung akan sedikit menunda peluncuran One UI 7 yang berbasis Android 15. Ada kemungkinan informasi soal update ini akan diungkap dalam waktu dekat.

Meski akan sedikit mundur, Samsung kemungkinan besar masih akan merilis One UI 7 setelah meluncurkan One UI 6.1.1. Seperti biasa, deretan HP Samsung flagship akan menjadi yang pertama bisa mencicipi update ini.

4 dari 4 halaman

Komitmen Samsung Hadirkan Update OS Android Panjang

Untuk diketahui, Samsung berkomitmen menyuguhkan update sistem operasi Android yang panjang untuk perangkat-perangkatnya. Misalnya untuk smartphone Galaxy yang rilis dua-tiga tahun terakhir, Samsung menjanjikan update Android hingga empat generasi dan lima tahun update keamanan.

Mengutip Gizchina, Minggu (26/5/2024), mulai kehadiran Galaxy S21 series, strategi update software Samsung jadi mendekati strategi update OS yang dilakukan Google pada ponsel Google Pixelnya.

Tentu kebijakan ini jadi langkah yang signifikan untuk memuaskan hati pengguna Samsung. Apalagi, Samsung juga menyertakan update One UI, software mereka yang berbasis Android dengan berbagai kemampuan baru, termasuk dukungan AI.

Jika di tahun ini, Samsung menggulirkan One UI 6.1 mereka yang berbasis Android 14, selanjutnya Samsung menggulirkan One UI 7.0 dan Android 15.

One UI 7 tampaknya juga akan perkenalkan sejumlah fitur baru dan perubahan tampilan Samsung, yang disesuaikan dengan berbagai fitur dan kemampuan baru dari Android 15.

Saat ini, Android 15 tengah dalam tahap pengembangan di pengujian beta. Belum ada tanggal perilisan resmi untuk One UI 7.0, tapi bisa diasumsikan akan rilis setelah Android 15 dirilis resmi.

Samsung kemungkinan akan memprioritaskan ponsel flagship mereka mendapatkan update ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.