Sukses

3 Fitur Baru Grab untuk Keamanan dan Kenyamanan Penumpang Perempuan

Menanggapi masukan pengguna, terutama perempuan, Grab Indonesia mengumumkan sejumlah fitur baru untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi masukan pengguna, terutama perempuan, Grab Indonesia mengumumkan sejumlah langkah signifikan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanannya.

Perusahaan ride-hailing ini melakukan perbaikan menyeluruh, mulai dari proses rekrutmen pengemudi hingga fitur-fitur dalam aplikasi.

"Kami serius mendengarkan masukan pengguna. Keamanan dan kenyamanan adalah prioritas utama kami, terutama bagi pengguna layanan transportasi roda empat (GrabCar)," kata Director of Mobility & Logistics Grab Indonesia, Tyas Widyastuti, dikutip Selasa (30/7/2024).

Salah satu langkah konkret yang diambil Grab adalah memperketat proses seleksi pengemudi.

Selain tes psikologi tatap muka yang wajib, Grab juga melakukan verifikasi data yang lebih ketat, memastikan identitas pengemudi sesuai dengan data pemerintah.

Director of Trust & Safety and Grab Support, Radhi Juniantino, menyebut langkah itu untuk memastikan bahwa pengemudi Grab adalah orang-orang yang tepat dan terpercaya.

Tak hanya itu, ia mengungkapkan, perusahaan juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki izin resmi.

"Tujuannya untuk melakukan validasi dan verifikasi seluruh dokumen identitas Mitra Pengemudi, baik yang akan bergabung maupun sudah bergabung, mencocokan dengan data kependudukan dari pemerintah," ucap Radhi memungkaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 Fitur Tambahan

Adapun tiga tambahan fitur baru yang tersedia di layanan GrabCar antara lain:

1. Trip Monitoring

Grab memperketat proses pemantauan perjalanan (Trip Monitoring) untuk mendeteksi perjalanan secara real-time dan memperkecil kemungkinan terjadinya tindakan yang tidak diinginkan dengan adanya intervensi manual.

Intervensi manual bersifat proaktif di mana tim Grab Support akan menghubungi penumpang dan pengemudi jika terjadi penyimpangan rute atau pemberhentian tidak wajar pada jam tertentu, terutama jika mereka tidak merespons notifikasi di aplikasi Grab.

2. Audio Protect

Fitur perekaman suara dengan persetujuan penumpang (Audio Protect) hanya dimiliki Grab di industri ride hailing.

Perekaman suara akan otomatis dilakukan sejak Mitra Pengemudi menerima pemesanan dari penumpang yang sudah memberikan persetujuan.

Selain itu, konsumen yang telah memberikan persetujuannya dapat mengakses Audio Protect melalui Pusat Keselamatan sehingga pengaturan perekaman dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3. Tombol Darurat

Pada akhir 2024, Grab akan memindahkan lokasi Tombol Darurat di aplikasi penumpang agar lebih terlihat dan lebih mudah diakses dalam keadaan darurat.

 

3 dari 5 halaman

Fitur Akun Keluarga

Dengan persentase pengguna perempuan di Grab yang lebih dominan, salah satu masukan yang cukup banyak didapat adalah dari para Ibu yang menginginkan notifikasi otomatis jika terdapat anggota keluarga yang tengah menggunakan layanan transportasi dari Grab.

Menjawab kebutuhan tersebut, Grab juga meluncurkan fitur Akun Keluarga.

Jika admin telah menambahkan anggota keluarga ke Akun Keluarga, ia akan mendapatkan notifikasi otomatis dan kemampuan melihat posisi mobil secara real-time saat mereka melakukan perjalanan bersama Grab.

Tak hanya itu, anggota Akun Keluarga juga dapat menggunakan metode pembayaran yang dibebankan pada admin sehingga pembayaran lebih terpusat.

 

4 dari 5 halaman

Uji Coba GrabCar Plus

Grab juga melakukan uji coba GrabCar Plus dengan standar baru untuk menjawab kebutuhan para pengguna yang menginginkan perjalanan dengan armada lebih besar, baru, dan nyaman.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan di layanan GrabCar Plus antara lain.

  • Mobil non-LCGC
  • Tahun produksi kendaraan yang lebih baru
  • Seleksi kualitas kendaraan yang lebih ketat yang dilengkapi dengan pengecekan kendaraan secara berkala
  • Implementasi ?tambahan identitas pelengkap bagi Mitra Pengemudi seperti seragam, kartu identitas dalam mobil, dan
  • stiker pada armada dilakukan secara bertahap mulai Agustus 2024

 

5 dari 5 halaman

Infografis 10 Daftar Pahlawan Nasional Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Tri Yasnie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini