Sukses

Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan di IKN Buat Dukung Perayaan HUT RI ke-79

Indosat meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasi di IKN untuk mendukung peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison menghadirkan jaringan bagi seluruh tamu negara yang akan mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

Adapun dukungan ini dilakukan melalui penguatan infrastruktur jaringan dan ketersediaan produk dan layanan, baik di wilayah IKN maupun kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda.

Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama 2024.

"Kami berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia," kata Desmond, dalam keterangan resmi Selasa (30/7/2024).

Desmond mengatakan, kehadiran infrastruktur jaringan di IKN dan sekitarnya merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia.

Indosat pun menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84 persen.

Sementara, kapasitas pengguna 4G Indosat meningkat sebesar 44 persen. Peningkatan kapasitas ini didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) termutakhir yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tambah Jumlah BTS

Implementasi teknologi AI ini memungkinkan perusahaan mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS.

Pada infrastruktur jaringannya, Indosat telah menerapkan teknologi akses radio termutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi yang signifikan.

Dalam rangka persiapan Peringatan HUT ke-79 RI, Indosat menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN.

Data perusahaan menyebut, Indosat memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang mencakup 89 persen populasi di Kalimantan Timur dengan 100 persen populasi di Kota Samarinda.

3 dari 4 halaman

Perluasan Jaringan di Kalimantan

Indosat juga terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan. Saat ini terdapat dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN.

Hal ini untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.

Indosat juga melakukan pemberdayaan masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Timur. Indosat pun telah berperan aktif dalam menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

 

4 dari 4 halaman

CSR Indosat

Melalui beberapa inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 yang diikuti para pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Dengan berbagai inisiatif ini, Indosat kembali menegaskan peran aktifnya dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia.

Dukungan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara, untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.