Sukses

Deretan Brand Smartphone Paling Laris di Dunia Awal 2024, Apa Saja?

Firma riset pasar Canalys mengungkap deretan smartphone paling laris di dunia pada awal 2024, ada siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta Pasar smartphone global menghadapi persaingan ketat pada kuartal kedua 2024. Berdasarkan sebuah laporan terbaru dari firma riset pasar Canalys, Samsung kini menjadi brand smartphone yang paling laris di dunia.

Ini menandai kepemimpinan Samsung di pasar smartphone sejak 2021. Mengutip laman Gizchina, Selasa (30/7/2024), Samsung mendapatkan pangsa pasar sebesar 18 persen di kuartal 2 2024. Capaian ini memperlihatkan daya tarik atas smartphone Samsung di berbagai demografi dan kisaran harga.

Strategi perusahaan untuk menawarkan smartphone flagship juga budget phone telah membantu vendor asal Korea Selatan ini untuk mempertahankan daya tariknya.

Apple ada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 16 persen. Lalu pada tempat ketiga, Xiaomi menjadi pesaing Android terdekat Samsung dengan pangsa pasar 15 persen.

Adapun pada nomor empat, Vivo membukukan market share sebesar 9 persen.

Sekadar informasi, bicara tentang pasar smartphone, pasar ini secara keseluruhan tumbuh signifikan dengan pengiriman global mencapai 288 juta unit di kuartal kedua.

Angka pengiriman smartphone ini meningkat 12 persen dari kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini menyoroti ekosistem yang berkembang untuk produsen smartphone dengan kinerja Samsung yang menonjol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Sukses Samsung

Adapun kesuksesan Samsung memuncaki pasar smartphone di paruh pertama 2024 karena beberapa faktor. Salah satunya karena perusahaan ini berinvestasi besar-besaran dalam penelitian dan pengembangan.

RnD Samsung ini antara lain mengarah ke teknologi layar, sistem kamera, dan prosesor. Jaringan distribusi Samsung yang luas dan layanan after sales turut berkontribusi pada reputasi Samsung yang kuat.

Jaringan distribusi Samsung hingga layanan after sales turut berkontribusi reputasi Samsung yang begitu kuat.

Dari segi produk pun, Samsung disebut berupaya memenuhi beragam preferensi konsumen. Seri Galaxy S mereka dihadirkan untuk pengguna kelas atas. Adapun seri Galaxy A hadir menawarkan opsi ponsel yang lebih terjangkau.

Belum lagi, sudah beberapa tahun terakhir Samsung merilis Galaxy Z Fold dan Flip, smartphone layar lipat yang memiliki penggemar tersendiri.

3 dari 3 halaman

Outlook Masa Depan

Paruh kedua 2024, pasar smartphone akan tetap kompetitif. Kini, Samsung memimpin persaingan ini namun, produsen lain mulai mencoba menantang dominasi tersebut.

kemajuan teknologi, kondisi ekonomi, hingga tren konsumen dinilai akan membentuk dinamika pasar smartphone.

Sementara untuk ponsel dengan lauar lipat, kini vendor smartphone mulai mengubah bagaimana cara orang untuk menggunakan smartphone.

Perangkat layar lipat menggabungkan ukuran kecil ponsel dengan layar besar tablet. Samsung pun menjadi salah satu perusahaan pertama yang hadirkan ponsel lipat sehingga membuat produknya sangat populer.

Meski masih baru, smartphone yang dapat dilipat bisa berdampak besar pada seluruh pasar ponsel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.