Sukses

Apple Rilis Update iOS 17.6, Apa Saja yang Baru?

Apple resmi merilis iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 untuk para pengguna yang menghadirkan perbaikan bug serta keamanan penting.

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi merilis update iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 untuk para pengguna. Ini merupakan update keenam untuk sistem operasi iOS 17 dan iPadOS 17 yang diluncurkan tahun lalu.

Mengutip informasi dari MacRumors, Rabu (31/7/2024), update iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 ini hadir setelah iOS 17.5 serta iPadOS 17.5 digulirkan sekitar dua bulan lalu. Pengguna pun bisa langsung mengunduhnya.

Meski hadir sebagai update baru, pembaruan ini tidak mmebawa fitur baru yang signifikan. Apple lebih fokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan.

Kendati demikian, Apple tetap merekomendasikan semua pengguna untuk langsung mengunduhnya. Sebab, update ini disebut membawa pembaruan keamanan penting bagi pengguna.

Diperkirakan, iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 ini akan menjadi update terakhir yang dihadirkan untuk iOS 17 dan iPadOS 17. Sebab, Apple akan mulai menghadirkan iOS 18 dan iPadOS 18 pada September 2024.

Untuk melakukan pembaruan, pengguna tinggal memilih menu Settings> General> Software Update. Bersama dengan update ini, Apple juga merilis iOS 15.8.3 dan iOS 16.7.9 untuk perangkat yang tidak mendukung iOS 17.

Sebagai informasi, Apple baru saja meluncurkan sistem operasi mobile terbaru di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC), yakni iOS 18

Seperti bocoran yang beredar di internet, iOS 18 membawa sejumlah fitur baru dan menarik yang didesain agar iPhone lebih personal serta aman bagi para penggunanya.

“Kami sangat antusias untuk memperkenalkan iOS 18,” kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Unjuk Kemampuan iOS 18, Cek Fitur Baru yang Bikin Pengguna iPhone Tercengang

Lewat update iOS 18 ini, Apple memboyong sejumlah fitur-fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto dengan desain baru, dan cara-cara yang luar biasa untuk tetap terhubung melalui Pesan.

Craig juga mengatakan, “peluncuran ini juga menandai dimulainya era baru kecerdasan personal yang sangat menarik dengan Apple Intelligence."

Lewat teknologi AI ini, pengguna iPhone akan mendapatkan pengalaman intuitif, andal, dan langsung terasa kegunaannya, dengan tetap mengutamakan privasi. "Kami tidak sabar menunggu pengguna mencobanya sendiri,” ucap Craig.

Personalisasi yang Lebih Luas

Salah satu fokus utama Apple di update iOS 18 adalah personalisasi, di mana kini pengguna iPhone memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan tampilan iPhone mereka sesuai dengan keinginan. Hal ini termasuk:

  • Opsi home screen dan lock screen lebih beragam:

Pengguna iPhone kini dapat mengatur tata letak aplikasi dan widget dengan bebas.

  • Control center yang disesuaikan:

Pusat kontrol telah didesain ulang untuk memberikan akses yang lebih mudah ke banyak hal, sehingga pengguna iPhone dapat mengakses fitur paling sering digunakan.

3 dari 4 halaman

Fitur Privasi yang Lebih Kuat

Fitur baru iOS 18 juga menghadirkan beberapa fitur privasi baru yang dirancang untuk membantu pengguna melindungi data mereka, antara lain:

  • Kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi:

Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dari home screen dan App Library, sehingga hanya dapat dilihat dengan memasukkan kode sandi atau Face ID.

  • Otentikasi per aplikasi:

Pengguna juga bisa memilih untuk memerlukan otentikasi untuk aplikasi tertentu, sehingga hanya dapat dibuka dan menggunakan aplikasi adalah pemilik iPhone.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Aplikasi Bawaan

Akhirnya, iOS 18 membawa sejumlah peningkatan di beberapa aplikasi bawaan. Adapun peningkatan itu termasuk:

  • iMessage:

Aplikasi pesan milik Apple ini kini dilengkapi dengan efek teks baru, percakapan pun kini dapat menjadi lebih hidup dengan memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi.

Pengguna kini juga bisa mengirim pesan lewat koneksi satelit ke semua pengguna.

  • Mail:

iOS 18 akan memperkenalkan cara-cara baru bagi pengguna untuk mensortir dan kemampuan untuk menambahkan kategori baru sesuai dengan keinginan.

  • Maps:

Aplikasi Maps kini tampil lebih detail dan akurat, dengan menambahkan trek hiking.

  • Photos:

Tampilan aplikasi Foto dirombak habis-habisan, di mana kini pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengenang momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto sesuai keinginan dan cukup swipe ke kanan untuk melihat album favorit atau feature.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.