Sukses

Ini 12 HP Samsung Galaxy yang Dapat Update Android untuk Terakhir Kalinya

Berikut 12 Samsung Galaxy yang dapat update Android untuk terakhir kalinya. Semoga ponsel kesayangan kamu tak terdampak ya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar kurang baik buat kamu para pengguna setia HP Samsung Galaxy karena beberepa smartphone itu bakal segera 'pensiun' dari urusan update Android.

Tahun ini Samsung udah kasih kode kalau ada 12 model Galaxy yang gak bakal lagi dapat update besar-besaran.

Artinya, fitur-fitur baru Android terbaru seperti Android 15 dengan tampilan One UI 7 akan jadi yang terakhir untuk HP model lama yang terdampak.

Ya, setiap gadget memiliki masa pakai, begitu juga dengan smartphone. Setelah beberapa tahun, kemampuan hardware-nya mulai terbatas untuk menggendong sistem operasi terbaru.

Nah, daripada dipaksain update dan malah bikin HP lemot, Samsung lebih memilih untuk fokus ke model-model yang lebih baru.

Lantas, apa saja 12 Samsung Galaxy yang dapat update Android untuk terakhir kalinya? Cek di bawah ini, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Rabu (31/7/2024).

  1. Galaxy S21
  2. Galaxy S21 Plus
  3. Galaxy S21 Ultra
  4. Galaxy Note 20
  5. Galaxy Note 20 Ultra
  6. Galaxy S20
  7. Galaxy S20 Plus
  8. Galaxy S20 Ultra
  9. Galaxy S20 FE
  10. Galaxy Z Fold2
  11. Galaxy Z Flip5G
  12. Galaxy A72

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Samsung Siap Rilis One UI 7 Versi Beta

Para pengguna HP Samsung harap segera bersiap. Sebab, perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan akan segera merilis One UI 7 dalam waktu dekat.

Informasi merupakan bocoran dari leakster kenamaan Ice Universe. Mengutip Tech Radar, Jumat (26/7/2024), ia menyatakan, One UI 7 versi beta kemungkinan akan tersedia pada akhir Juli atau awal Agustus 2024.

Kendati demikian, ia tidak mengungkap lebih lanjut mengenai prediksi tersebut. Sekadar informasi, Samsung memang sudah merilis One UI 6 versi beta pada Agustus tahun lalu, sehingga jika prediksi ini benar, hal itu tidak berbeda jauh dari pendahulunya.

One UI 7 sendiri dikabarkan akan membawa perubahan besar. Beberapa rumor bahkan menyebut kalau Samsung akan merombak tampilan UI tersebut di versi terbaru ini.

Sejumlah laporan mengatakan perubahan akan dilakukan pada lock screen, panel notifikasi, hingga ikon aplikasi. Selain itu, perusahaan juga dikabarkan akan memberikan lebih banyak opsi kustomisasi untuk pengguna.

Meski belum diungkap, ada laporan yang menyebut kalau Samsung telah melakukan uji coba internal pada One UI anyar itu. Saat ini, perusahaan sendiri juga masih fokus pada One UI 6.1.1 yang mulai digulirkan ke beberapa perangkat.

Rumor mengenai kehadiran One UI 7 versi beta ini seakan menjawab rumor lain yang sempat mengungkap kalau Samsung akan menunda kehadiran One UI berbasis Android 15 tersebut.

Terlepas dari waktu peluncuran, deretan HP Samsung flagship tentu akan menjadi yang pertama bisa menjajal udpate ini. Baru kemudian, beberapa model lain akan merasakannya secara bertahap.

3 dari 5 halaman

Fitur Utama One UI 7

One UI 7 kemungkinan akan menghadirkan sejumlah peningkatan dan fitur baru pada smartphone-smartphone Samsung Galaxy.

Beberapa peningkatan yang dimaksud meliputi:

  • Peningkatan antarmuka pengguna yang disempurnakan, lewat One UI 7, antarmuka smartphone Galaxy jadi lebih halus dan user friendly dengan opsi penyesuaian yang lebih baik.
  • Peningkatan kinerja: Smartphone Samsung akan dioptimalisasi guna membuat HP berjalan lebih lancar dan cepat.
  • Update privasi dan keamanan: Kontrol privasi dan fitur keamanan yang ditingkatan untuk melindungi data pengguna.
  • Fitur baru: Fungsionalitas dan tool tambahan untuk meningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
4 dari 5 halaman

Tentang One UI 7

Dikutip dari 9to5Google, Senin (22/7/2024), leakster kenamanan Ice Universe mengungkap kalau One UI 7 yang berbasis Android 15 akan menawarkan perubahan besar-besaran, bahkan yang terbesar sepanjang sejarah One UI.

Meski tidak mengungkap lebih lanjut, dalam unggahannya, ia mengatakan kalau One UI baru ini akan memiliki ikon UI yang digambar ulang. Selain itu, lewat unggahan di Weibo, ia menambahan kalau bilah notifikasi akan diubah.

Laporan lain juga menyebut kalau Samsung akan merombak tampilan panel Quick Settings. Kendati demikian, informasi mengenai kehadiran One UI 7 saat ini belum diketahui.

Adapun untuk saat ini, beberapa rumor menyebut kalau Samsung sudah melakukan uji coba internal One UI baru tersebut. Perusahaan sendiri juga disebut masih fokus pada pengembangan One UI 6.1.1.

Oleh sebab itu, ada kabar yang menyebut kalau Samsung akan sedikit menunda peluncuran One UI 7 yang berbasis Android 15. Ada kemungkinan informasi soal update ini akan diungkap dalam waktu dekat.

Meski akan sedikit mundur, Samsung kemungkinan besar masih akan merilis One UI 7 setelah meluncurkan One UI 6.1.1. Seperti biasa, deretan HP Samsung flagship akan menjadi yang pertama bisa mencicipi update ini.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini