Sukses

Tips Streaming Nyaman, Biar Pengalaman Nonton Makin Maksimal

Kamu suka streaming video untuk menonton drakor atau tayangan favorit kamu, yuk simak tips di bawah ini agar pengalaman streaming kamu makin maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia ternyata sangat hobi streaming video, baik itu sendirian, bersama teman, atau keluarga. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tren penggunaan internet di Indonesia memperlihatkan bahwa sebanyak 76,31 persen masyarakat Indonesia menonton video online.

Hasil survei yang sama juga menyebut, mereka umumnya menghabiskan waktu sekitar satu hingga dua jam per hari untuk menikmati beragam jenis konten.

Video streaming pun jadi aktivitas penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang, baik untuk mencari informasi, mengakses hiburan, atau menonton bareng bersama teman atau keluarga.

Tapi, untuk streaming yang nyaman kamu perlu memastikan beberapa hal. Yuk simak tips berikut ini:

1. Kapasitas Bandwidth yang Memadahi

Video streaming dengan kualitas tinggi memerlukan bandwidth yang cukup. Untuk itu, kamu bisa memilih paket WiFi dengan bandwidth yang tinggi untuk menghindari kualitas video turun atau adanya gangguan.

Untuk itu, sebelum streaming, pastikan menutup beberapa tab, agar bandwidth internet tidak terbagi.

2. Koneksi yang Stabil dan Cepat

Kamu pasti tahu, koneksi WiFi atau internet yang cepat dan stabil penting untuk menikmati video streaming berkualitas tinggi tanpa buffering.

Highspeedinternet.com merekomendasikan kecepatan minimum untuk streaming video kanal YouTube dengan kualitas 4K adalah 20Mbps.

Dalam hal tersebut, teknologi WiFi CAT 6 dan dual band router dengan teknologi multi user, multiple input, multiple output jadi pilihan yang tepat untuk kecepatan di atas 200Mbps.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Internet dengan Latensi Rendah

Latensi rendah bisa menjamin pengalaman video streaming mulus dengan memberi respon perangkat yang cepat. Ketika sedang menonton streaming, kamu tentu ingin tanpa lag.

Pastikan untuk menutup aplikasi yang tak dipakai sebelum streaming video. Hal ini bisa mengurangi beban sistem dan optimalkan kinerja internet kamu.

3 dari 4 halaman

4. Pilih Paket Internet Unlimited

Kamu perlu ingat, paket internet unlimited bisa membuat kamu streaming tanpa takut kehabisan kuota. Paket unlimited memungkinkan kamu menonton streaming dalam waktu lama atau unduh video dengan ukuran besar.

Kalau kamu mau bepergian, kamu bisa mengunduh film terlebih dahulu tanpa takut kehabisan kuota.

Salah satu yang bisa dicoba adalah layanan First Media dari PT Link Net yang menghadirkan paket unlimited.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Persiapkan Nonton Video Streaming dengan Matang

Rencanakan video streaming dengan memilih acara atau film yang tepat, jadwal yang sesuai, dan siapkan area menonton yang nyaman.

Video streaming bisa membantu menenangkan pikiran. Untuk memaksimalkan manfaatnya, penting untuk menjadwalkan waktu menonton, pastikan untuk memiliki keseimbangan antara waktu layar dan aktivitas lainnya.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.