Sukses

Oppo Reno 12 Series 5G Boyong AI Generatif dan Bodi Tahan Banting, Harga Mulai Rp 6,9 Jutaan

Oppo Reno12 Series dirilis di Indonesia, perangkat ini memboyong fitur kecerdasan buatan yang mampu mendukung pengguna lebih produktif dan kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia akhirnya merilis Reno12 Series 5G di Indonesia. Smartphone yang mengunggulkan bodi dan layar tahan banting ini dibanderol mulai harga Rp 6,9 jutaan.  Ada dua smartphone yang dirilis dalam seri ini, yakni Oppo Reno12 Pro 5G dan Oppo Reno12 5G. 

Oppo Reno12 5G hadir dalam dua pilihan memori yakni RAM 12GB + 12GB dengan memori internal 256GB dijual Rp 6.999.000 dan versi RAM 12GB + 12GB dengan memori internal 512GB dengan harga Rp 7.999.000. 

Sementara versi paling premium di antara ketiganya yakni Reno12 Pro 5G hadir hanya dalam satu opsi penyimpanan RAM 12GB + 12GB dengan memori internal 512GB yang dijual Rp 8.999.000. 

Hadir menyasar gen Z hingga pengguna profesional, Oppo Reno12 Series 5G mengunggulkan fitur kecerdasan buatan AI Generatif. 

PR Manager Oppo Indonesia Arga Bima Jaksana Putra mengatakan, Oppo berkomitmen untuk membawa AI ke lebih banyak orang, yang tak hanya tersedia di smartphone flagship. 

"Reno12 Series memperkenalkan serangkaian terobosan fitur AI generatif yang mempermudah penggunaan sehari-hari," kata Arga dalam peluncuran Reno12 Series 5G di Jakarta, Rabu (31/7/2024). 

Keunggulan performa dan kemampuan AI perangkat ini salah satunya berkat penggunaan chipset MediaTek 7300 Energy. 

Beberapa kemampuan AI yang dibawa, di antaranya adalah fitur terkait dengan upaya meningkatkan kualitas foto. Misalnya, AI Eraser 2.0 yang memungkinkan pengguna menghapus orang lain yang tampil di foto. 

"AI Eraser 2.0 ini ditingkatkan dari versi yang lalu, di mana sebelumnya untuk menghapus objek lain harus melingkari objek yang ingin dihapus. Pada AI Eraser 2.0, menghapus objek bisa dilakukan dengan sekali sentuh," tutur Arga dalam peluncuran Oppo Reno12.

Hal ini dimungkinkan berkat kemampuan mengidentifikasi orang dan objek yang tidak diinginkan secara otomatis. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Deretan AI di Oppo Reno12 Series

Lalu ada pula fitur AI Clear Face, memastikan setiap orang dalam foto grup (grup selfie) tertangkap dengan kejernihan dengan mengembalikan detail kontur wajah, rambut, dan alis. 

Ada juga AI Best Face yang secara otomatis mengidentifikasi orang di foto dengan mata berkedip. Ini dimungkinkan berkat teknologi AI generatif untuk memperbaikinya. 

Oppo Reno12 Series juga dibekali AI Studio yang bisa membuat avatar digital dari satu foto pengguna, dengan tema koboi, cyberpunk, dan lainnya. Ini juga dimungkinkan berkat AI generatif. 

Bukan cuma untuk kreativitas, Reno12 Series juga mendukung produktivitas pengguna berkat kerja samanya dengan model Google Gemini (LLM) untuk AI Toolbox. 

AI Toolbox ini memanfaatkan kemampuan pengenalan yang kuat untuk memahami konten yang ditampilkan di layar dan merekomendasi fitur AI yang sesuai. 

Penerapannya adalah membantu pengguna membuat caption yang sesuai untuk diunggah di media sosial atau ringkasan konten untuk artikel panjang. 

Pengguna juga bisa menggunakan AI recording summary yang cerdas dengan menghasilkan ringkasan teks dari rekaman suara dan mengorganisasikannya menjadi catatan dengan informasi seperti daftar tugas, waktu, lokasi, dan detail lainnya. 

 

3 dari 5 halaman

Usung Desain Terkini

Reno12 Pro hadir dengan desain eksterior silver futuristik. Perangkat ini didukung panel kaca yang dibuat dengan Oppo Fluid Ripple Texture untuk menciptakan nuansa 3D seperti air yang beriak. 

Efek paralaks yang dipakai menghadirkan visual indah dengan tekstur halus seperti cermin, ciri khas seri Reno. 

Perangkat ini hadir dengan pilihan warna lain. Misalnya Sunset Pink pada Reno 125G. Lalu ada pula opsi warna Matte Brown. 

Adapun untuk Reno12 Pro 5G memiliki pilihan warna Space Brown. Untuk warna ini, terdapat desain dua warna matte dan gloss dengan dua bagian yang dipisahkan oleh pita logam horizontal di cover belakang. 

4 dari 5 halaman

Layar Kuat 

 

Reno 12 Series hadir dengan layar 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz yang kuat berkat inovasi Infinite View Screen. Layar ini memiliki sisi melengkung dengan pengalaman genggaman layar datar. 

Arga mengatakan, layar Reno12 Series ini didukung teknologi Splash Touch yang memungkinkan layar tetap responsif terhadap sentuhan ketika tangan pengguna basah. 

Layar HP ini didukung Corning Gorilla Glass 7i dengan perlindungan jatuh yang luar biasa. Sementara, Reno12 Pro 5G didukung Corning Gorilla Glass Victus 2 yang kini jadi pelindung terkuat Reno Series. 

Ini memungkinkan perangkat Oppo Reno12 Series begitu kokoh terhadap benturan, jatuh, bengkok, atau tergores. 

Perangkat ini juga dibekali rating IP65 yang memberikan ketahanan debu dan air. Komponen penting seperti lubang, speaker, port USB Type C, dan slot kartu SIM diperkuat untuk membuat smartphone makin tahan air. 

 

5 dari 5 halaman

Kamera

Dari segi fotografi, Oppo Reno 12 membawa sensor kamera utama 50MP, lensa wide 8MP dan makro 2MP. Sedangkan, kamera selfienya 32MP. 

Beda dengan Oppo Reno 12 Pro 5G yang membawa sensor kamera utama 50MP, kamera telefoto 50MP dan kamera ultra wide 50MP. Ketiga sensor tersebut ditemani dengan kamera selfie 50MP. 

Masing-masing Oppo Reno12 Series membawa kapasitas baterai 5000mAh dengan teknologi SuperVOOC flash charging 80W. Dengan baterai sebesar ini, perangkat diklaim dapat mengisi daya hingga 100 persen hanya dalam waktu 47 menit. 

Oppo Reno 12 Series menjalankan sistem operasi ColorOS 14 berbasis Android 14. Adapun fitur-fitur pelengkap lainnya seperti NFC, seritifikasi IP65 dan deretan fiur AI lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.