Sukses

Punya iPad? Wajib Coba Math Notes dan Smart Script di iPadOS 18

iPadOS 18 hadir dengan fitur Math Notes dan Smart Script yang revolusioner! Belajar matematika jadi lebih mudah dan tulisan tanganmu makin pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan dua fitur baru yang revolusioner di iPadOS 18 pada ajang WWDC 2024 dua bulan lalu, yakni Math Notes dan Smart Script di dalam aplikasi Calculator.

Fitur baru di aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna iPad, terutama di kalangan pelajar dan profesional.

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana Math Notes dan Smart Script yang akan tersedia di iPadOs 18 Public Beta dirancang untuk memberikan pengalaman belajar dan berkreativitas lebih interaktif dan efisien.

Math Notes

Math Notes adalah fitur terbaik di iPadOS 18 yang memungkinkan pengguna menulis perhitungan matematika, dan melihat hasilnya secara real-time.

Fitur baru Calculator ini sangat berguna bagi pelajar yang memerlukan alat bantu untuk menyelesaikan tugas matematika dengan cepat dan akurat.

Tak berhenti disitu saja, fitur baru di aplikasi Calculator ini juga mampu mengerjakan fungsi variabel dan grafik. fitur Math Notes memberikan cara baru untuk memahami hubungan matematis dan konsep variabel secara visual.

Menariknya, fitur ini juga sudah mendukung penggunaan grafik interaktif, yang memungkinkan pengguna untuk menggambar grafik dan menganalisisnya secara mendetail.

Grafik ini dapat diperbesar, diperkecil, dan dipindahkan sesuai keinginan pengguna iPad. Grafik juga akan memperbarui secara live jika ada perubahan pada variabel.

Fitur Math Note juga bisa menjadi alat sangat berguna bagi pelajar dan guru, menawarkan pengalaman belajar lebih interaktif.

Dengan fitur baru iPadOS ni, pengguna dapat menyelesaikan perhitungan matematika kompleks dengan lebih mudah, menjadikannya alat ideal untuk pendidikan dan pekerjaan memerlukan analisis matematika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Apa Kemampuan Math Notes di iPadOS 18?

<p>Fitur andalan di iPadOS 18, Math Notes dan Smart Script. (Doc: Apple)</p>

Aplikasi Calkulator di iPad menghormati urutan operasi dalam matematika, termasuk penggunaan tanda kurung, dan memiliki fungsi sama dengan kalkulator ilmiah dan dasar.

Saat mencoba secara langsung di iPadOS 18 Public Beta, Math Notes mampu mendeteksi bila ada variabel yang tidak terdefinisi atau tidak mungkin dihitung.

Karena itu, kamu sebagai pengguna harus mendeklarasikan variabel sehingga Calculator dapat mengenali dan melakukan perhitungan dengan lebih baik.

Calkulator ini mampu menangani perhitungan yang kompleks, mendukung berbagai fungsi yang biasanya digunakan di tingkat sekolah menengah atas hingga universitas.

Tak hanya itu, penggunaan Math Notes juga cukup beragam dan untuk berbagai proyek. Misalnya, pengguna bisa menggunakannya untuk menghitung biaya renovasi rumah dengan mudah.

Variabel-variabel dan rumus bisa ditulis langsung di Math Notes, dan hasilnya akan diperbarui secara otomatis jika ada perubahan pada salah satu variabel.

 

3 dari 4 halaman

Smart Script

Smart Script iPadOS 18 (Dok: Apple)

Satu lagi fitur di iPadOS 18 yang akan membuat banyak pengguna iPad terpukau, yakni Smart Script. Menggunakan teknologi pembelajaran mesin (machine learning), fitur ini dapat mempelajari gaya tulisan tangan pengguna dari waktu ke waktu.

Fitur ini bisa memperbaiki tulisan tangan pengguna agar lebih rapi dan mudah dibaca tanpa mengubah karakteristik asli tulisan tangan tersebut.

Smart Script memungkinkan teks tulisan tangan memiliki kekuatan sama dengan teks diketik. Misalnya, pengguna bisa dengan mudah menghapus atau mengganti kata dalam teks tulisan tangan mereka dengan cara yang sama seperti mengedit teks yang diketik.

Selain itu, Smart Script juga bisa mengidentifikasi kesalahan ejaan dan memberikan saran koreksi. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang sering menggunakan tulisan tangan dalam catatan mereka, membuat proses pengeditan menjadi lebih cepat dan efisien.

Teks ditulis tangan juga dapat diubah menjadi teks diketik, sehingga memudahkan untuk digunakan di aplikasi lain seperti email atau Microsoft Word.

Fitur ini memberikan fleksibilitas tambahan bagi pengguna yang sering bekerja dengan dokumen tulisan tangan. Dengan kemampuan teks yang dapat diedit, pengguna dapat dengan mudah mengubah catatan tulisan tangan menjadi dokumen digital yang dapat diedit dan dibagikan dengan mudah.

 Smart Script mendukung karakter Latin, sehingga tulisan tangan dalam bahasa Indonesia yang menggunakan karakter Latin dapat dikenali. Namun, deteksi bahasa mungkin tidak didukung sepenuhnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Convert Mata Uang

Lalu bagaimana bila ada pengguna lain memakai iPad dan menulis menggunakan fitur ini? Smart Script hanya mempelajari gaya tulisan tangan pengguna setelah satu hingga dua paragraf penggunaan dan sangat kontekstual, menyesuaikan dengan gaya tulisan pada paragraf tempat teks ditempelkan.

Tulisan tangan yang diterima dari orang lain tidak akan dipelajari oleh perangkat, menjaga privasi dan keamanan pengguna. Selain itu, dalam kolaborasi catatan, perangkat tidak akan mempelajari tulisan tangan pengguna lain, memastikan pengalaman konsisten dan aman.

Satu lagi fitur tersembunyi di aplikasi Calculator adalah Convert atau konversi. Lewat fitur ini, kamu dapat mengonversi sudut, mata uang, panjang, tekanan, hingga temperatur.

Menariknya, konversi mata uang ini dilakukan secara realtime dengan menarik informasi langsung dari Yahoo! Finance. Gimana, menarik bukan?

Math Notes dan Smart Script di iPadOS 18 hanya salah satu inovasi dalam cara kita belajar dan bekerja. Dengan kemampuan untuk menulis perhitungan matematis dan mengonversi tulisan tangan menjadi teks yang dapat diedit, pengguna mendapatkan alat yang kuat untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.