Sukses

4 Cara Agar Masa Pakai Baterai Samsung Galaxy Watch 7 Lebih Panjang dan Awet

Agar masa pakai baterai Samsung Galaxy Watch 7 bisa lebih panjang dan awet, berikut sejumlah pengaturan yang bisa kamu ubah atau sesuaikan dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Watch 7 dirancang untuk membantu pengguna memahami diri secara holistik dan menciptakan gaya hidup lebih sehat dengan beragam fitur di dalamnya.

Smartwatch ini menghadirkan pelacakan kesehatan yang lebih canggih, di mana memiliki Galaxy AI dan fitur Sleep Apnea yang telah mendapat otorisasi Food and Drug Administration (FDA) dari De Novo yang hanya tersedia di jajaran jam tangan pintar premium Samsung.

Galaxy Watch 7 juga menghadirkan fitur Energy Score yang memberikan rekomendasi kesehatan berdasarkan skor numerik yang mencerminkan tingkat energi pengguna secara keseluruhan.

Jam tangan ini dilengkapi dengan perangkat keras yang tangguh dengan prosesor Exynos W1000 yang dibangun dengan arsitektur 3nm.

CPU yang ditawarkan memiliki kinerja tiga kali lebih cepat dan 30 persen meningkatkan efisiensi daya proses aplikasi.

Dengan chipset yang tangguh, masa pakai baterai Galaxy Watch 7 bisa bertahan satu hingga tiga hari dalam sekali charge, tergantung pada penggunaan dan pengaturan.

Agar masa pakai baterai Samsung Galaxy Watch 7 bisa lebih panjang dan awet, di bawah ini adalah sejumlah pengaturan yang bisa kamu ubah atau sesuaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Power Saving Mode

Power saving mode atau mode hemat daya adalah opsi terbaik untuk memperpanjang masa pakai baterai Galaxy Watch 7 selama beberapa jam lebih lama dalam sehari.

Mengaktifkan mode ini akan menurunkan kecerahan layar, menonaktifkan Always On Display (AOD), membatasi penggunaan latar belakang, membatasi layanan lokasi, serta menonaktifkan layanan dan fitur.

Cara mengaktifkan power saving mode: Buka Setelan > Baterai > Aktifkan Mode Hemat Daya

Kamu juga bisa mengaktifkan mode ini dengan mengakses Quick Panel, caranya cukup mengusap layar ke bawah

Usai mengaktifkan power saving mode, daya tahan baterai Galaxy Watch diperkirakan bisa bertahan hingga 5 hari, 11 jam pada kondisi baterai 100% dan terkoneksi ke smartphone via Bluetooth.

3 dari 6 halaman

2. Aktifkan Watch Only Mode

Fitur yang masuk dalam kategori mode hemat daya ini mampu meningkatkan masa pakai baterai dengan menonaktifkan sebagian besar fitur dan mengubah smartwatch menjadi jam analog biasa (hanya mampu menunjukkan waktu).

Bergantung pada pengisian awal, menggunakan mode Watch Only dapat menghemat daya baterai hingga seminggu atau sebulan lebih.

Caranya buka Setelan > Baterai > pilih Watch Only > tekan Aktifkan.

Untuk kembali ke mode normal, kamu cukup menekan tombol power beberapa detik hingga muncul logo Samsung di layar atau dengan melakukan isi daya perangkat.

4 dari 6 halaman

3. Atur Kecerahan Layar

Tips lainnya, kamu bisa mengubah pengaturan kecerahan layar. Caranya dengan menonaktifkan Adaptive Brightness (kecerahan adaptif) dan menggunakan brightness slider untuk memilih pengaturan kecerahan yang nyaman.

Kamu dapat menyesuaikan ulang kecerahan layar dari Quick Panel Galaxy Watch.

Buka Setelan > Display > matikan Adaptive Brightness

4. Matikan Always On Display

Kamu juga dapat menonaktifkan fitur Always On Display pada Galaxy Watch 7. Meski tidak terlalu signifikan, tapi cukup berkontribusi karena Always On Display memerlukan pencahayaan yang menguras daya.

<p>Samsung Galaxy Watch 7. Liputan6.com/Iskandar</p>

Jika Always On Display dirasa tidak diperlukan, nonaktifkan fitur ini untuk memperpanjang daya baterai dengan cara buka Setelan > Display > matikan Always On Display.

5 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy Watch 7

Smartwatch samsung ini tersedia dalam dua pilihan ukuran yakni 40mm dan 44mm.

Galaxy Watch 7 40mm akan tersedia dalam warna green dan cream, sedangkan varian 44m akan hadir dalam warna green dan silver.

 

Nah, berikut ini adalah harga Galaxy Watch 7 Series untuk masing-masing model. 

  • Galaxy Watch 7 40mm: Rp 4.999.000
  • Galaxy Watch 7 44mm: Rp 5.499.000
6 dari 6 halaman

Infografis Jam Malam di Jakarta, Perlukah? (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.