Sukses

iPhone dan iPad Layar Lipat bakal Debut Pada 2026

Apple bocorkan siap meluncurkan iPhone dan iPad/Mac hybrid lipat dengan layar super besar! Siap bersaing dengan tablet dan ponsel lipat lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Rumor iPhone layar lipat memang sudah beredar lama dan semakin kencang terdengar saat ini, di mana kabarnya Apple sedang mempersiapkan dua model perangkat layar lipat.

Salah satunya adalah iPhone dengan kode nama V68. Mengutip Phone Arena, Minggu (4/8/2024), iPhone Flip ini akan memiliki bodi serupa dengan HP Apple pada umumnya saat dibuka.

Sedangkan untuk perangkat layar lipat kedua, iPad atau hybrid Mac ini akan ditenagai dengan chipset M5 dan menggunakan layar di dalamnya berukuran 20.3 inci saat dibuka.

Berdasarkan bocoran beredar saat ini, iPhone Flip akan meluncur di pasaran pada 2026. Sedangkan untuk iPad/Mac layar lipat tersebut akan dirilis setahun kemudian.

Namun laporan baru dari Haitong Securities, Jeff Pu, mengatakan, kedua perangkat dapat dilipat milik Apple tersebut akan hadir bersamaan pada tahun 2026.

Analis terkenal Apple ini juga mengatakan, Apple akan merilis iPad/Mac hybrid dapat dilipat terlebih dahulu pada kuartal kedua tahun 2026. Sedangkan untuk HP iPhone layar lipat akan dirilis menjelang akhir tahun.

Debut iPhone atau iPad layar lipat ini memang lebih telat ketimbang perusahaan lainnya, dengan banyak pihak mengatakan hal ini karena Apple masih belum yakin dengan ketahanan layar saat dipakai.

Pada bulan Mei 2024, Apple dilaporkan telah menandatangani kontrak dengan Samsung untuk layar dapat dilipat. Dan bulan lalu, perusahaan berbasis di Cupertino itu dianugerahi paten bertajuk "Perangkat Elektronik dengan Layar Lipat Tahan Lama".

Panel ini lebih tebal di bagian sudut dan tepinya serta mengecil ke bawah saat layar berinteraksi, dan terlipat dengan layar kedua.

Apple diduga memutuskan untuk memproduksi iPad/Mac hybrid dapat dilipat terlebih dahulu untuk memberi Samsung lebih banyak waktu untuk memproduksi cukup banyak layar iPhone yang dapat dilipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro Max bakal Hadir dengan Warna Paling Dinanti

<p>Apple Bakal Luncurkan iPhone, MacBook Pro, dan Apple Watch dengan Desain Super Tipis! (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Apple disebut-sebut bakal mengumumkan lini ponsel terbaru mereka, yakni iPhone 16 series. Walau belum ada tanggal pasti, bocoran tentang lini penerus iPhone 15 series sudah ramai beredar di internet.

Bocoran terbaru datang dari opsi warna salah satu seri iPhone baru tersebut, yaitu iPhone 16 Pro Max. Kabarnya, model paling tinggi seri iPhone 16 ini akan hadir dengan pilihan warna yang sudah lama dinanti oleh penggunanya.

Hal ini dibeberkan leaker Sonny Dickson lewat unggahan foto dummy iPhone 16 Pro Max di akun X miliknya. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah, ponsel baru Apple ini hadir dengan warna hitam pekat.

Berbeda dari dummy iPhone 16 series sebelumnya, foto kali ini terlihat lebih 'mulus' dan sudah siap dirilis. Bisa jadi, ini adalah desain akhir yang sudah Apple tetapkan untuk ponsel barunya tersebut.

Selain warna hitam, sisi kanan dan kiri iPhone 16 Pro Max ini tampil juga pilihan warna titanium dan putih. Lalu bagaimana dengan opsi warna lainnya?

Apple sendiri biasanya merilis empat warna untuk lini iPhone, dan beberapa waktu lalu tersiar rumor menyebutkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan opsi warna baru, yaitu rose.

Banyak pihak meyakini, tidak munculnya iPhone 16 Pro Max warna "rose" ini untuk memberikan kejutan kepada pengguna setia iPhone saat diluncurkan pada September 2024 mendatang.

3 dari 4 halaman

iPhone 16 Series bakal Hadir dengan Baterai Lepas Pasang?

<p>iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat? (Doc: @SonnyDickson | Phone Arena)</p>

Sebelumnya, analis kenamaan Ming-Chi Kuo menyebutkan Apple berencana pakai wadah stainless steel untuk baterainya.

Dilaporkan, Apple sedang mencari cara agar baterai iPhone mudah diganti untuk mematuhi peraturan Uni Eropa. Kuo mengatakan, "dengan wadah baterai stainless steel ini akan menjadikan pengguna untuk melepas baterai iPhone."

Tak hanya itu, pemakaian casing baterai ini juga memungkinkan Apple untuk meningkatkan kepadatan sel baterai sebesar 5 hingga 10 persen.

Dengan begini, baterai iPhone pun akan memiliki kapasitas lebih besar, awet, dan punya daya tahan lebih baik dari seri iPhone 15 Pro series saat ini.

Kuo berspekulasi, iPhone 16 Pro Max akan menjadi HP Apple pertama yang memanfaatkan casing baterai baru.

Peraturan dari Uni Eropa mengharuskan, baterai smartphone dapat diganti oleh pengguna pada tahun 2027.

Hal ini berarti semua ponsel harus menawarkan cara baru yang lebih mudah untuk mengganti baterai HP Apple.

4 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro dan Pro Max bakal Punya Ukuran Lebih Besar

Ilustrasi iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

iPhone 16 Pro diperkirakan akan jadi iPhone dengan bezel tertipis. Kini, meski peluncurannya masih sekitar September mendatang, sejumlah bocoran tentang iPhone 16 pun beredar. 

 Salah satunya adalah dimensi dan ukurannya. Sebuah laporan baru-baru ini dari IT Home menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, iPhone 15 Series. 

Meski begitu, ketebalannya tetap sama dengan versi sebelumnya. Mengutip Gizmochina, Rabu (19/6/2024), sumber informasi tersebut adalah render tidak resmi dari perangkat iPhone 16 series, yang juga mencakup dimensi.

Model iPhone 15 Pro Max misalnya, memiliki tinggi 159,9 mm, lebar 76,7 mm, dan ketebalan 8,25mm. Sementara iPhone 16 Pro Max memiliki tinggi 163,03 mm, lebar 77,58mm, dan ketebalan 8,25mm. 

Adapun model iPhone 15 Pro memiliki tinggi 146,6 mm, lebar 70,6 mm, dan tebal 8,25 mm. Model iPhone 16 Pro memiliki tinggi 149,61 mm, lebar 71,45 mm dan tebal 8,25 mm. 

Jika dilihat data di atas, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus memiliki ukuran yang sama dengan ukuran pendahulunya. Namun, modul kameranya didesain baru dan memungkinkan ponsel untuk menangkap video spasial, seperti headset Apple Vision Pro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.