Sukses

Kamera iPhone 17 Series Dapat Upgrade Besar-besaran, Fans Apple Akan Terkejut

Apple kabarkan akan hapus batas antara iPhone standar dan Pro! Semua model iPhone 17 bakal dapat fitur canggih dan kamera berkualitas tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 16 series belum meluncur resmi di pasaran, namun rumor tentang lini iPhone 17 sudah ramai jadi pembicaraan.

Kali ini, bocoran membahas bagaimana Apple mungkin akan menghilangkan batas antara iPhone model standar dengan Pro.

Selama ini Apple selalu membedakan iPhone standar dengan mode Pro secara terang-terangan. Biasanya, iPhone Pro dan Pro Max hadir dengan kamera lebih baik, layar ProMotion, RAM lebih tinggi, dan pilihan memori lebih besar.

Namun, mulai dari iPhone 16, Apple sepertinya akan 'menghilangkan' perbedaan ini dengan memperkenalkan semua HP Apple dengan RAM 8GB.

Keputusan ini diambil agar iPhone 16 series bisa mendukung fitur Apple Intelligence, yang membutuhkan RAM 8GB untuk beroperasi optimal.

Tahun berikutnya, iPhone 17 Pro dirumorkan akan mengalami peningkatan dengan RAM 12GB. Sementara untuk model non-Pro masih pakai RAM 8GB.

Selain itu, Apple akan menambahkan Action Button ke iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, fitur yang saat ini hanya tersedia di iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Perusahaan berbasis di Cupertino tersebut juga memasang tombol Capture baru di semua model iPhone 16, di mana tombol ini dapat memperbesar atau memperkecil tampilan hanya dengan menggesek tombol.

Selain itu, tombol ini juga berfungsi sebagai cara cepat untuk membuka aplikasi kamera atau merekam video dengan menahan tombol Capture.

Semua iPhone 16 series akan menggunakan chipset sama, yakni A18, yang diproduksi oleh TSMC menggunakan node proses 3nm (N3E) generasi kedua.

Menurut analis Haitong Securities, Jeff Pu, keempat model iPhone 17 series yang dirilis pada tahun 2025 akan mendapatkan peningkatan pada kamera depan.

Sebagai informasi, iPhone 17 tahun depan diperkirakan terdiri dari iPhone 17, iPhone 17 "Slim", iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone dan iPad Layar Lipat bakal Debut Pada 2026

<p>Bocoran warna baru iPhone 16 Pro Max. (Doc: Sonny Dickson | X)</p>

Rumor iPhone layar lipat memang sudah beredar lama dan semakin kencang terdengar saat ini, di mana kabarnya Apple sedang mempersiapkan dua model perangkat layar lipat.

Salah satunya adalah iPhone dengan kode nama V68. Mengutip Phone Arena, Minggu (4/8/2024), iPhone Flip ini akan memiliki bodi serupa dengan HP Apple pada umumnya saat dibuka.

Sedangkan untuk perangkat layar lipat kedua, iPad atau hybrid Mac ini akan ditenagai dengan chipset M5 dan menggunakan layar di dalamnya berukuran 20.3 inci saat dibuka.

Berdasarkan bocoran beredar saat ini, iPhone Flip akan meluncur di pasaran pada 2026. Sedangkan untuk iPad/Mac layar lipat tersebut akan dirilis setahun kemudian.

Namun laporan baru dari Haitong Securities, Jeff Pu, mengatakan, kedua perangkat dapat dilipat milik Apple tersebut akan hadir bersamaan pada tahun 2026.

Analis terkenal Apple ini juga mengatakan, Apple akan merilis iPad/Mac hybrid dapat dilipat terlebih dahulu pada kuartal kedua tahun 2026. Sedangkan untuk HP iPhone layar lipat akan dirilis menjelang akhir tahun.

3 dari 4 halaman

Alasan Apple Belum Rilis iPhone dan iPad Layar Lipat

<p>iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat? (Doc: @SonnyDickson | Phone Arena)</p>

Debut iPhone atau iPad layar lipat ini memang lebih telat ketimbang perusahaan lainnya, dengan banyak pihak mengatakan hal ini karena Apple masih belum yakin dengan ketahanan layar saat dipakai.

Pada bulan Mei 2024, Apple dilaporkan telah menandatangani kontrak dengan Samsung untuk layar dapat dilipat. Dan bulan lalu, perusahaan berbasis di Cupertino itu dianugerahi paten bertajuk "Perangkat Elektronik dengan Layar Lipat Tahan Lama".

Panel ini lebih tebal di bagian sudut dan tepinya serta mengecil ke bawah saat layar berinteraksi, dan terlipat dengan layar kedua.

Apple diduga memutuskan untuk memproduksi iPad/Mac hybrid dapat dilipat terlebih dahulu untuk memberi Samsung lebih banyak waktu untuk memproduksi cukup banyak layar iPhone yang dapat dilipat.

4 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro Max bakal Hadir dengan Warna Paling Dinanti

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)</p>

Apple disebut-sebut bakal mengumumkan lini ponsel terbaru mereka, yakni iPhone 16 series. Walau belum ada tanggal pasti, bocoran tentang lini penerus iPhone 15 series sudah ramai beredar di internet.

Bocoran terbaru datang dari opsi warna salah satu seri iPhone baru tersebut, yaitu iPhone 16 Pro Max. Kabarnya, model paling tinggi seri iPhone 16 ini akan hadir dengan pilihan warna yang sudah lama dinanti oleh penggunanya.

Hal ini dibeberkan leaker Sonny Dickson lewat unggahan foto dummy iPhone 16 Pro Max di akun X miliknya. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah, ponsel baru Apple ini hadir dengan warna hitam pekat.

Berbeda dari dummy iPhone 16 series sebelumnya, foto kali ini terlihat lebih 'mulus' dan sudah siap dirilis. Bisa jadi, ini adalah desain akhir yang sudah Apple tetapkan untuk ponsel barunya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini