Sukses

Indosat Manfaatkan AI untuk Maksimalkan Layanan Telko via Digital Intelligence Operations Center

Indosat membawa AI ke level selanjutnya di industri telekomunikasi dengan kehadiran Digital Intelligence Operations Center, membantu meningkatkan layanan dan jaringan telekomunikasi berbasis AI dan data driven.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison memanfaatkan kecerdasan buatan alias AI ke tingkat lanjut melalui diresmikannya Digital Intelligence Operations Center alias DIOC.

Fasilitas ini menandai komitmen perusahaan menggunakan kecerdasan buatan alias AI dalam memberikan layanan lebih baik kepada lebih dari 100 juta pelanggannya di Indonesia.

Pusat operasi berbasis AI ini merupakan hasil kerja sama antara Indosat dengan Huawei. DIOC diresmikan oleh Presdir sekaligus CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha bersama jajaran dan Presiden Huawei Asia Pasific Region Simon Lim beserta jajaran pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Dengan pusat operasi yang berbasis AI ini, Indosat berupaya menyediakan wawasan real-time dan manajemen layanan yang proaktif, dengan menggabungkan keandalan fungsi Network Operation Center dan Service Operations Center.

Presiden Direktur dan CEO IOH Vikram Sinha mengatakan, hadirnya Digital Intelligence Operations Center menandai babak baru Indosat mewujudkan ambisi untuk jadi perusahaan tekno berbasis AI.

"Melalui DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan, tetapi juga merevolusi pelayanan pelanggan. Selain itu, integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan," kata Vikram.

Ia melanjutkan, kolaborasi ini menjadi kunci mewujudkan misi dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Real-Time Insight untuk Dukung Kinerja Jaringan

Dengan adanya real-time network insight yang dihasilkan DIOC, Indosat bisa beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata. Pada gilirannya hal ini akan mengoptimalkan kinerja jaringan.

Selain memberi insight real-time, DIOC juga menghasilkan end-to-end service manajemen, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi dan kualitas layanan yang bisa mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

DIOC juga mampu mengintegrasikan analisis data dan teknologi untuk mendukung data-driven innovation berkelanjutan. Hal ini memungkinkan Indosat untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi dengan Huawei

Dengan kolaborasi bersama Huawei melalui pusat layanan dan operasi terkelola, Indosat melakukan konsolidasi jaringan berfokus pada pengalaman dan secara signifikan meningkatkan kualitas jaringan serta pengalaman pengguna.

Berdasarkan pengujian independen pihak ketiga, terjadi peningkatan substansial Indosat di daerah perdesaan, perkotaan, dan pinggiran kota.

Adapun kecepatan unduh meningkat signifikan, sebesar 44,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu di perdesaan. Sementara, di perkotaan meningkat 43,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, serta 43,9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini berkontribusi pada kepuasan pelanggan dan kinerja jaringan lebih tinggi. Cakupan populasinya juga meningkat hingga 12,7 juta penduduk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.