Sukses

Telkomsel Mau Geber 5G di Dalam dan Luar Jabodetabek, Dirut Nugroho: Jangan Kalah sama Thailand!

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan perusahaan tak hanya fokus memperluas jaringan 5G di dalam wilayah Jabodetabek, tetapi juga kota sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Telkomsel akan terus memperluas cakupan jaringan 5G di Indonesia, salah satunya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan perusahaan tak hanya fokus memperluas jaringan 5G di dalam wilayah Jabodetabek, tetapi juga kota sekitarnya. 

“Kami mau geber 5G di seluruh wilayah Jabodetabek, baik di dalam kota maupun kota sekitarnya,” kata pria yang akrab disapa Nugi itu di acara Media Gathering Nasional 2024, Rabu (7/8/2024) di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

Ia menuturkan, Telkomsel ingin jaringan 5G yang dibangun bisa benar-benar dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat Indonesia. Nugi pun membandingkannya dengan penetrasi 5G di Thailand.

“Kami ingin supaya experience 5G itu benar-benar dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Kita jangan sampai kalah sama Thailand yang 86% negaranya itu sudah di-cover 5G. Jadi, jangan heran kalau kemudian pertumbuhan ekonominya lebih baik dibandingkan Indonesia,” Nugi memaparkan. 

Menurut laporan Ericsson pada 2022, Thailand adalah salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan 5G, di mana cakupannya telah melebihi 80 persen populasi.

Sementara di Indonesia, jaringan 5G baru digelar pada 2021. Telkomsel adalah operator seluler pertama di Tanah Air yang meluncurkan layanan 5G komersial menggunakan spektrum 1.800 MHz, 2.100 MHz, dan 2.300 MHz. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telkomsel Punya Cakupan 5G Terluas di Indonesia

Jangkauan 5G Telkomsel saat ini diklaim menjadi yang terbesar di Indonesia dan mencakup seluruh pulau, di mana telah membangun lebih dari 716 BTS 5G di 53 kota maupun kabupaten. 

VP Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, Ronald Limoa, menguraikan jangkauan 5G Telkomsel di Jabodetabek sudah mencakup 15 kota. Kemudian di Pulau Jawa sebanyak 11 kota dan di Sumatera ada di 11 kota.

“Jaringan 5G Telkomsel juga sudah ada di lima kota di Kalimantan, enam kota di Sulawesi serta tujuh kota di Bali dan Nusa Tenggara. Di Papua sendiri berada di satu kota,” papar Ronald. 

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini