Sukses

Apple Hapus Fitur Carousel di Aplikasi Photos iOS 18 Usai Dikritik Pengguna

Apple menghapus fitur Carousel dari aplikasi Photos di iOS 18. Hal ini disebabkan karena kritik pengguna yang menganggap fitur Carousel justru menyulitkan dan tidak simpel.

Liputan6.com, Jakarta - Apple menanggapi masukan pengguna dengan mengembalikan perubahan signifikan pada aplikasi Photos atau galeri foto mereka. Perubahan pada aplikasi Photos ini diperkenalkan pada iOS 18.

Perubahan ini sebenarnya juga belum dihadirkan ke pengguna luas, melainkan versi developer Beta iOS 18, yang menyederhanakan Photos. Pasalnya menurut pengguna, perubahan yang ada di aplikasi Photos membuatnya jadi terlalu rumit untuk digunakan.

Mengutip 9to5Mac, Kamis (8/8/2024), respon Apple adalah dengan membuat perubahan pada antarmuka Photos, salah satunya dengan menghapus tampilan Carousel yang baru, mengubah lokasi album, dan banyak lainnya.

Sebelumnya memang Apple menggembar-gemborkan aplikasi Photos yang serba baru sebagai salah satu fitur andalan iOS 18 dan menggambarkannya sebagai "desain ulang terbesar yang pernah ada, guna membantu pengguna menemukan dan menghidupkan kembali momen-momen spesial dengan mudah."

Sayangnya desain baru itu justru tak disenangi oleh pengguna dan jadi masukan tersendiri buat Apple.

Sekadar informasi, salah satu perubahan besar pada aplikasi Photos iOS 18 adalah penambahan tampilan Carousel yang baru. Tampilan ini memungkinkan pengguna menggeser ke kiri dan kanan untuk melihat sorotan yang diperbarui setiap hari, dengan menampilkan orang, hewan peliharaan, tempat favorit, dan banyak lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Carousel Dihapus Sepenuhnya dari Photos iOS 18

Namun dengan iOS 18 beta 5, fitur ini dihapus sepenuhnya dari aplikasi Photos.

Menurut Apple, iOS 18 beta juga mengubah tampilan "All Photos" untuk menampilkan lebih banyak kisi foto tanpa pengguna harus menggeser ke bawah. Fitur "Recent Days" yang baru juga menyertakan konten "Recently Saved" yang sebelumnya hadir dalam album terpisah.

Apple juga menyebutkan kalau iOS 18 beta 5 menyesuaikan lokasi album bagi pengguna yang punya beberapa album. Jadi, aplikasi Photos tetap dapat disesuaikan sepenuhnya dan pengguna bisa mengatur ulang bagian dan kategori sesuai keingan mereka.

Aplikasi Photos yang ada di iOS 18 beta sebelumnya juga diubah, sehingga pengguna bisa lebih mudah ketika sedang memilih foto. Apple juga mengembalikan gerakan cubit untuk memperbesar atau memperkecil foto.

 

3 dari 4 halaman

Apple Bakal Gulirkan iOS 17.6 Sebelum iOS 18

Sementara itu, Apple dikabarkan belum benar-benar sepenuhnya meninggalkan iOS 17. Sebab, berdasarkan informasi terbaru, perusahaan tersebut masih akan menyiapkan update kecil melalui iOS 17.6.1.

Mengutip MacRumors, Kamis (8/8/2024), berdasarkan bocoran terbaru, Apple dilaporkan tengah mempersiapkan update iOS 17.6.1 untuk para pengguna iPhone, meski informasi kehadirannya belum diketahui.

 Bocoran ini disebut sedikit mengagetkan. Sebab, laporan sebelumnya menyebut kalau iOS 17.6 yang baru saja digulirkan akan menjadi update terakhir sebelum pengguna iPhone mendapatkan iOS 18.

Mengingat ini bukan update besar, laporan menyebut iOS 17.6.1 hanya akan membawa perbaikan bug dan peningkatan. Kendati demikian, update ini tetap penting dimiliki pengguna iPhone.

Saat ini, informasi resmi soal kehadirannya memang belum diketahui. Namun, ada kemungkinan update iOS ini akan digulirkan dalam beberapa pekan ke depan.

4 dari 4 halaman

Update Keenam dalam iOS 17

Sebelumnya, Apple juga telah  merilis update iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 untuk para pengguna. Ini merupakan update keenam untuk sistem operasi iOS 17 dan iPadOS 17 yang diluncurkan tahun lalu.

Mengutip informasi dari MacRumors, update iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 ini hadir setelah iOS 17.5 serta iPadOS 17.5 digulirkan sekitar dua bulan lalu. Pengguna pun bisa langsung mengunduhnya.

Meski hadir sebagai update baru, pembaruan ini tidak membawa fitur baru yang signifikan. Apple lebih fokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan.

Kendati demikian, Apple tetap merekomendasikan semua pengguna untuk langsung mengunduhnya. Sebab, update ini disebut membawa pembaruan keamanan penting bagi pengguna.

Diperkirakan, iOS 17.6 dan iPadOS 17.6 ini akan menjadi update terakhir yang dihadirkan untuk iOS 17 dan iPadOS 17. Sebab, Apple akan mulai menghadirkan iOS 18 dan iPadOS 18 pada September 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.