Sukses

Jurus Rahasia Atasi Banyaknya Notifikasi Pesan WhatsApp yang Belum Dibaca

Sering terganggu karena ada banyak notifikasi pesan WhatsApp yang mengganggu? Mungkin kamu bisa mencoba jurus rahasia berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola notifikasi yang begitu banyak di smartphone bisa jadi kesulitan tersendiri buat orang yang sangat sibuk. Mungkin ada banyak notifikasi pesan masuk di WhatsApp dan hal ini kerap menambah keribetan pengguna ponsel.

Misalnya, kamu ada di beberapa grup obrolan dan ada begitu banyak anggota yang mengirimkan chat di grup itu. Notifikasi yang tertera jadi begitu banyak, padahal kamu sedang tak sempat membuka notifikasi.

Untuk mengatasi banyaknya notifikasi pesan WhatsApp, sebenarnya aplikasi milik dari grup Facebook ini memiliki sebuah fitur untuk membantu menghapus pesan yang belum terbaca dengan cepat.

Kami tahu, menghapus notifikasi pesan WhatsApp yang masuk satu per satu sangat membosankan. Pasalnya, pengguna harus menandai tiap obrolan sebagai "telah dibaca" secara manual.

Asal kamu tahu, aplikasi WhatsApp memiliki menu alias fitur tersembunyi untuk memudahkan hal ini.

Mengutip Gizchina, Jumat (9/8/2024), berikut adalah cara untuk menggunakan fitur rahasia ini di Android:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Pakai Fitur Rahasia untuk Menghapus Notifikasi Pesan WhatsApp Belum Dibaca

  • Pertama, pastikan tombol filter - Semua - Belum Dibaca - Favorit dan Grup - terlihat di bagian atas daftar obrolan kamu
  • Tekan dan tahan filter aktif yang biasanya disorot dengan warna hijau untuk menampilkan menu tersembunyi.
  • Menu ini memiliki satu opsi yakni "Tandai sebagai Telah Dibaca."
  • Kalau kamu memilih opsi ini, akan menghapus status notifikasi pesan yang belum terbaca dari semua obrolan yang ditampilkan di layar.

Jika kamu sedang menyorot tab "Semua" atau "Belum dibaca", tindakan ini akan menandai semua pesan sebagai telah dibaca. Sementara, filter "Favorit" memiliki item menu tambahan untuk mengelola kontak favorit.

 

3 dari 4 halaman

Membantu Pengguna yang Punya Banyak Grup Chat

Fitur tersembunyi dari WhatsApp ini sangat membantu bagi mereka yang tergabung dalam banyak grup, yakni saat pesan yang belum terbaca menupuk begitu cepat.

Fitur ini menghemat waktu dan membantu menjaga kehidupan digital kamu agar tetap teratur dan tidak terlalu membuat stres.

Alih-alih menghapus pesan WhatsApp atau menandai pesan dengan "sudah dibaca", menu tersembunyi ini lebih cepat dan praktis. Meski waktu yang dihemat tampak kecil bagi pengguna, hal ini cukup signifikan seiring bertambahnya daftar obrolan grup.

Dengan menggunakan trik sederhana ini, pengguna aplikasi dapat mengelola notifikasi mereka dengan lebih baik dan menikmati pengalaman digital yang lebih terfokus.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Tambah Fitur Baru, Kini Bisa Beri Reaksi dengan Double Tap

Sementara itu, WhatsApp dikabarkan tengah bersiap untuk memperkenalkan fitur baru. Aplikasi chatting milik Meta tersebut dilaporkan akan memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna memberikan reaction dengan double tap (ketuk dua kali).

Fitur ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan di DM Instagram, dan kini WhatsApp mengikuti jejaknya. Mengutip informasi dari GSM Arena, Rabu (30/7/2024), fitur tersebut masih dalam tahap pengujian versi beta untuk Android.

Untuk bisa mencoba fitur ini, pengguna tentu harus bergabung dalam program beta WhatsApp melalui Google Play Store. Namun, perlu diingat slot uji coba ini terbatas, sehingga tidak semua pengguan bisa menjajalnya.

Seperti namanya, fitur baru ini memungkinkan pengguna menambahkan reaksi ke pesan apa pun dengan lebih cepat, hanya dengan double tap. Fitur baru WhatsApp ini juga digunakan untuk memberikan reaksi langsung pada foto, video, hingga GIF.

Meski terdengar sederhana, fitur ini bisa sangat membantu pengguna untuk lebih cepat memberikan reaksi. Alasannya, fitur ini sekarang hanya bisa diakses dengan menekan lama pada pesan yang dituju, baru memilih reaksi.

Secara bawaan, ketika pengguna melakukan double tap, pengguna akan memberikan reaksi dengan emoji hati, sama seperti Instagram. Jika ingin memakai emoji lain, pengguna harus memilih secara manual. 

Kendati demikian, laporan menyebut, WhatsApp belum menyediakan opsi menonaktifkan fitur ini. Hal ini bisa menajdi masalah bagi pengguna yang mungkin tidak sengaja menekan layar terlalu lama ketika melihat sebuah pesan.

Untuk sekarang, fitur baru ini memang sudah dalam tahap beta, tapi belum diketahui kapan akan dirilis ke pengguna. Hanya, ada kemungkinan fitur ini akan digulirkan dalam waktu dekat untuk aplikasi WhatsApp.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.