Sukses

Samsung Uji Coba One UI 7 di HP Mid-Range: Ada Galaxy A53, Galaxy A54, Galaxy A73

Samsung telah memulai pengujian One UI 7 berbasis Android 15 yang disebut akan menawarkan perubahan besar-besaran di beberapa perangkat Galaxy A Series.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui tengah mempersiapkan kehadiran One UI 7 untuk perangkat besutannya. Laporan terbaru bahkan menyebut kalau perusahaan asal Korea Selatan itu sudah menguji coba One UI 7 yang berbasis Android 15 ke beberapa perangkat kelas menengah sejak Juni 2024.

Mengutip informasi dari Sammobile, Kamis (8/8/2024), berdasarkan informasi dari situs benchmark Geekbench, tiga model perangkat yang tengah diuji coba menggunakan One UI 7 adalah Galaxy A53, Galaxy A54, dan Galaxy A73.

Adanya laporan ini mengindikasikan kalau Samsung sebenarnya telah mengembangkan One UI versi terbaru sejak beberapa bulan terakhir. Hal ini memang masuk akal, mengingat rilis One UI terbaru biasanya dilakukan pada paruh kedua setiap tahunnya.

Terlebih, pengujian seperti ini biasanya dilakukan selama beberapa bulan, sebelum benar-benar siap dirilis. Apalagi, One UI 7 disebut akan membawa pembaruan besar-besaran untuk HP Samsung, sehingga dibutuhkan persiapan lebih matang.

Untuk diketahui, salah satu perubahan yang ditawarkan di One UI 7 adalah dukungan Galaxy AI. Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan di One UI 6.1, tapi seiring berjalannya waktu, kemampuannya pun terus ditambahkan.

Meski besar kemungkinan, Galaxy A53, Galaxy A54, dan Galaxy A73 tidak akan mendapatkan seluruh fitur Galaxy AI. Namun, perubahan yang dihadirkan Samsung dikabarkan masih terbilang besar, termasuk dari sisi tampilan.

Sebagai informasi, sebelumnya, leakster kenamanan Ice Universe mengungkap kalau One UI 7 menawarkan perubahan besar-besaran, bahkan yang terbesar sepanjang sejarah One UI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

One UI 7 Bakal Bawa Perubahan Besar-Besaran di HP Samsung, Cek Bocorannya

Meski tidak mengungkap lebih lanjut, dalam unggahannya, ia mengatakan kalau One UI baru ini akan memiliki ikon UI yang digambar ulang. Selain itu, lewat unggahan di Weibo, ia menambahan kalau bilah notifikasi akan diubah.

Laporan lain juga menyebut kalau Samsung akan merombak tampilan panel Quick Settings. Kendati demikian, informasi mengenai kehadiran One UI 7 saat ini belum diketahui.

Adapun untuk saat ini, beberapa rumor menyebut kalau Samsung sudah melakukan uji coba internal One UI baru tersebut. Perusahaan sendiri juga disebut masih fokus pada pengembangan One UI 6.1.1.

Oleh sebab itu, ada kabar yang menyebut kalau Samsung akan sedikit menunda peluncuran One UI 7 yang berbasis Android 15. Ada kemungkinan informasi soal update ini akan diungkap dalam waktu dekat.

Meski akan sedikit mundur, Samsung kemungkinan besar masih akan merilis One UI 7 setelah meluncurkan One UI 6.1.1. Seperti biasa, deretan HP Samsung flagship akan menjadi yang pertama bisa mencicipi update ini.

3 dari 4 halaman

Sekilas One UI 7

Untuk diketahui, Samsung berkomitmen menyuguhkan update sistem operasi Android yang panjang untuk perangkat-perangkatnya. Misalnya untuk smartphone Galaxy yang rilis dua-tiga tahun terakhir, Samsung menjanjikan update Android hingga empat generasi dan lima tahun update keamanan.

Mengutip Gizchina, Minggu (26/5/2024), mulai kehadiran Galaxy S21 series, strategi update software Samsung jadi mendekati strategi update OS yang dilakukan Google pada ponsel Google Pixelnya.

Tentu kebijakan ini jadi langkah yang signifikan untuk memuaskan hati pengguna Samsung. Apalagi, Samsung juga menyertakan update One UI, software mereka yang berbasis Android dengan berbagai kemampuan baru, termasuk dukungan AI.

Jika di tahun ini, Samsung menggulirkan One UI 6.1 mereka yang berbasis Android 14, selanjutnya Samsung menggulirkan One UI 7.0 dan Android 15.

One UI 7 tampaknya juga akan perkenalkan sejumlah fitur baru dan perubahan tampilan Samsung, yang disesuaikan dengan berbagai fitur dan kemampuan baru dari Android 15.

Saat ini, Android 15 tengah dalam tahap pengembangan di pengujian beta. Belum ada tanggal perilisan resmi untuk One UI 7.0, tapi bisa diasumsikan akan rilis setelah Android 15 dirilis resmi.

Samsung kemungkinan akan memprioritaskan ponsel flagship mereka mendapatkan update ini.

4 dari 4 halaman

Gulirkan Beta Program One UI 7 Bulan Agustus

Sekadar informasi, ponsel Google Pixel mendapatkan Developer Preview untuk Android 15 pada April 2024 lalu. Setidaknya hingga konferensi pengembang Google I/O 2024, sistem operasi terbaru ini hanya terbatas pada ponsel Pixel.

Samsung pun berencana untuk memulai program beta Android 15-nya yang bernama One UI 7 untuk perangkat Galaxy di bulan Agustus mendatang. Adapun One UI 6.1 yang berbasis Android 14 digulirkan ke berbagai perangkat Samsung mulai akhir tahun ini.

Jika berdasarkan usia perangkat, Galaxy S24 series menjadi perangkat pertama yang akan mendapatkan One UI 7 Beta pada Agustus mendatang. Setelah itu, Samsung akan gulirkan program Beta Android mereka sejumlah model yang lebih lama, mulai dari Galaxy S23 series, Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.