Sukses

XL Operasikan 12 BTS Mobile di IKN untuk Perkuat Jaringan Jelang Upacara HUT RI ke-79

XL Axiata mengoperasikan total 12 Mobile BTS di kawasan ring 1 IKN Nusantara untuk memperkuat jaringan mereka menjelang Upacara Peringatan HUT RI ke-79.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara. Untuk mempersiapkan kehadiran banyak orang ke kawasan IKN di Kalimantan Timur, perusahaan telekomunikasi XL Axiata turut mengembangkan dan memperkuat infrastruktur jaringannya di kawasan tersebut.

Upaya ini sekaligus merupakan jawaban XL Axiata atas lonjakan trafik layanan di kawasan Kalimantan yang kini mencapai 300 persen, dalam setahun terakhir.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata menjelaskan, pembangunan yang kian intensif di kawasan IKN turut mendorong kebutuhan akan jaringan telekomunikasi yang andal.

"Trafik layanan XL Axiata meningkat signifikan, hingga lebih dari 300 persen dalam setahun terakhir. Oleh karena itu, kami fokus pada peningkatan kualitas jaringan, baik di dalam area inti IKN maupun di lokasi-lokasi strategis seperti infrastruktur jalan tol, bandara, rumah sakit, dan fasilitas pendukung lainnya," kata Gede, sebagaimana dikutip dari siaran pers XL Axiata, Jumat (9/8/2024).

Terkait peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79 yang digelar di IKN pada 17 Agustus mendatang, menurut Gede, XL Axiata telah menambah tiga unit Mobile BTS (MBTS) di sekitar lokasi upacara.

Penambahan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran konektivitas selama acara berlangsung, dengan koordinasi bersama pihak Otorita IKN.

Saat ini, total ada 12 BTS yang telah dioperasikan oleh XL Axiata di area ring 1 IKN Nusantara, termasuk infrastruktur di Swissotel Nusantara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BTS XL di Wilayah Penyangga IKN

Ke depannya, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur jaringannya di IKN seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas di kawasan tersebut.

"Kami berkolaborasi dengan Otoritas IKN untuk memastikan jaringan kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, baik untuk komunikasi maupun kebutuhan lainnya," tambah I Gede Darmayusa.

Di area penyangga IKN, yang mencakup Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, XL Axiata telah menyiapkan sekitar 500 BTS, sebagian besar merupakan BTS 4G. Di wilayah inti IKN, lebih dari 150 BTS telah terpasang dan menjangkau empat kecamatan utama.

Jaringan Fiber Optik

Selain pengembangan jaringan seluler, XL Axiata juga memperkuat jaringan fiber optiknya, yang siap mendukung layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN.

Salah satu proyek penting adalah operasional SKKL Batam-Serawak yang menghubungkan Malaysia dan Indonesia, yang telah berjalan sejak Juni 2022.

Infrastruktur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan koneksi internet, terutama untuk wilayah Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

3 dari 4 halaman

Operasikan SKKL hingga Fiber Optik

Untuk kota Balikpapan, XL Axiata memiliki lebih dari 570 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G, sementara di Kota Samarinda hampir mencapai 600 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Sementara itu, jaringan fiber optik XL Axiata sudah siap mendukung pemerintah untuk menggelar layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN.

XL Axiata juga telah mengoperasikan SKKL Batam - Serawak yang menghubungkan Malaysia - Indonesia melalui Entikong - Pontianak sejauh 120 km.

Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas. Infrastruktur ini sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia.

 

4 dari 4 halaman

Layanan Pelanggan

XL Axiata menganggap infrastruktur ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layananan terbaik kepada pelanggan.

Selain fokus pada jaringan, XL Axiata juga memastikan layanan pelanggan di IKN dapat diakses dengan mudah.

Pelanggan dapat menggunakan XL Center Online dan layanan digital lainnya untuk mendapatkan bantuan kapan saja, termasuk melalui gerai fisik di Balikpapan dan Samarinda. Di area IKN dan sekitarnya, terdapat ratusan mitra retail outlet yang siap melayani kebutuhan pelanggan.

XL Axiata juga menyiapkan tim khusus untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan melalui Call Center dan Digital Care Maya yang tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, serta melalui kanal digital lainnya seperti e-mail dan media sosial.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.