Sukses

Rizki Juniansyah Trending di Medsos Usai Pecahkan Rekor Dunia dan Raih Emas di Olimpiade 2024

Rizki Juniansyah menjadi trending di media sosial setelah sukses menyumbangkan medali emas dan memecahkan rekor dunia angkat besi di Olimpiade Paris 2024. Prestasi gemilangnya ini menuai pujian dari warganet dan membawa kebanggaan besar bagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Rizki Juniansyah langsung menjadi trending topic di lini masa media sosial (medsos) X/Twitter, setelah dirinya menyumbang medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2024.

Selain medali, Rizki Juniansyah juga berhasil memecahkan rekor di ajang olahraga bergengsi tersebut dan membuat banyak warganet terkesima.

Adapun atlet angkat besi ini berhasil mempersembahkan emas kedua untuk Indonesia setelah menjadi yang terbaik di nomor 73 kg pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Pada pertandingan di Paris Expo Porte de Versailles, Rizki sempat memulai dengan gugup. Lifter Indonesia ini gagal pada angkatan pertamanya di snatch, sebagaimana dilansir kanal Sports Liputan6.com, Jumat (9/8/2024).

Baru pada angkatan keduanya Rizki sukses mengangkat beban 155 kg. Pemuda 21 tahun itu langsung melewati catatan atlet Bulgaria, Dimitrov Bozhidar.

Posisi atlet asal Serang ini sempat terancam ketika lifter Kolombia, Luis Mosquera, menyamakan catatan Rizki. Lifter China Shi Zhiyong kemudian sukses melewati angkatan Rizki setelah mampu mengangkat beban seberat 161 kg di percobaan pertama.

Angin kemenangan berhembus ke Rizki setelah Zhiyong gagal pada tiga percobaan untuk mengangkat beban seberat 191 kg.

Dia lalu meningkatkan beban menjadi 199 kg di percobaan kedua dan sukses. Total angkatan Rizki menjadi 354 kg sehingga memecahkan rekor angkatan kelas 73 kg di Olimpiade.

"Bangga banget Ya Allah mental Indonesia tuh gini ketinggalan kejar ampe limit dan bisa menang gold liat perjuanganmu doa ibu mu doa bangsa Indonesia di sepertiga malam," cuit @Nickkysandiego di medsos.

"Secara fasilitas udah jelas kalah tapi bisa bertanding lawan negara maju dan MENANG... GOKILLLLL," kata @ootd_racunmu di X.

"Masih muda udah gold 🥇 di olimpiade Paris. sumpah ini keren banget 😭😭😭," ucap @winteryz_coming di medsos X.

"Rizki Juniansyah, selamat atas pencapaian luar biasa ini! 🎉 Emas pertama dalam sejarah untuk Indonesia di Olimpiade sangat membanggakan! Semoga ini menjadi awal dari kesuksesan lebih banyak lagi untuk atlet-atlet kita di Paris 2024. Terus berjuang dan inspirasi bagi generasi mendatang!," unggah @AnkitPal84095.

Akun @minu_meena1 di X menulis, "RIZKI JUNIANSYAH, EMASSSSSSSSS!!!!!. Lifter Indonesia pertama dalam sejarah yang meraih EMAS di Olimpiade. Emas kedua Indonesia di #Paris2024 ."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Susul Veddriq Leonardo

<p>Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo merayakan kemenangan pada babak final cabang olahraga pajat tebing nomor speed Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (08/08/2024). (AFP/Fabrice Coffriri)</p>

Keberhasilan Rizki membuat Indonesia sudah mengemas dua medali emas di Olimpiade 2024. Beberapa jam sebelumnya Indonesia mendapat emas pertama lewat cabang olahraga panjat tebing.

Atlet asal Pontianak Veddriq Leonardo berhasil menjadi yang terbaik di nomor speed putra lewat pertarungan dramatis dengan atlet asal China, Wu Peng.

Raihan emas pertama sekaligus medali kedua Indonesia di Olimpiade 2024 Paris ini ikut dirayakan oleh masyarakat Indonesia. Nama Veddriq dielu-elukan di media sosial, termasuk di X alias Twitter.

Topik tentang Veddriq jadi trending topic pertama di linimasa X. Topik tersebut diikuti dengan sport climbing, Indonesia Raya, dan Olympic, dan tagar Paris 2024.

Warganet turut bersyukur dengan raihan emas Veddriq Leonardo. "Alhamdulillah, Veddriq Leonardo, emas!!" kata seorang warganet.

Warganet lain mengunggah cuitan "Well done Veddriq!"

Adapula yang mengucapkan selamat sekaligus berterima kasih atas emas pertama Indonesia yang disumbangkan oleh Veddriq Leonardo di Olimpiade 2024 Paris. 

"Selamat dan terima kasih, Veddriq Leonardo, pemegang medali emas dan pemenang Olimpiade," kata seorang warganet.

"Terima kasih Veddriq, terima kasih," tulis seorang warganet.

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Raya Berkumandang di Paris 2024 Bikin Merinding

<p>Ekspresi bahagia atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo saat berhasil meraih medali emas cabang olahraga panjat tebing nomor speed Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (08/08/2024). (AFP/Jonathan Nackstrand)</p>

Bergemanya lagu Indonesia Raya di Paris saat Veddriq Leonardo naik podium tertinggi ternyata membuat warganet ikut terharu.

"Terima kasih untuk kerja kerasnya selama ini. Terima kasih sudah berhasil mengumandangkan Indonesia Raya di Paris, semoga sehat selalu," tulis seorang warganet.

"Indonesia Raya berkumandang di Paris (emoji menangis), Veddriq Leonardo, matur suwun," kicau seorang warganet.

"Selamat bang Veddriq, Selamat Indonesia, Nangis Indonesia Raya berkumandang di Paris, tadi terharu nontonnya," ujar seorang netizen.

"Akhirnya kesampaian juga mendengar instrumen Indonesia Raya versi Paris 2024," tulis seorang warganet lainnya.

Ada juga yang mengaku merinding bisa mendengarkan Indonesia Raya di Paris. "Indonesia Raya berkumandang di Paris, merinding banget," tulis seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Sumbang Emas Pertama Buat Indonesia

<p>Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo menggigit medali emas saat di atas podium cabang olahraga panjat tebing nomor speed Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (08/08/2024). (AFP/Jonathan Nackstrand)</p>

Pemanjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berhasil menyumbangkan medali emas pertama buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Kepastian ini didapat setelah dia menaklukkan wakil China Wu Peng dalam laga final nomor speed putra yang digelar di Le Bourget Sport Climbing Venue pada Kamis (8/8/2024) sore WIB.

Veddriq finis dengan catatan waktu 4,75 detik, sedang lawannya terpaut tipis dengan torehan 4,77 detik. Adapun medali perunggu menjadi milik Sam Watson asal Amerika Serikat berkat catatan waktu pemecah rekornya 4,74 detik saat melawan Reza Alipour asal Iran di laga perebutan juara 3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.