Sukses

Apple Geber Produksi Layar OLED Jelang Peluncuran iPhone 16

Apple meningkatkan jumlah produksi layar OLED untuk iPhone 16 series jelang peluncuran smartphone ini pada September mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemasok Apple meningkatkan produksi massal panel layar OLED iPhone 16, jelang peluncuran smartphone terbaru Apple ini pada September mendatang.

Adapun kedua pemasok layar OLED untuk iPhone 16 adalah Samsung Display dan LG Display. Keduanya memulai produksi awal panel OLED untuk iPhone 16 pada Juni lalu.

Kini jelang peluncurannya pada bulan depan, kedua pemasok meningkatkannya jumlah produksi secara signifikan.

Mengutip MacRumors, Jumat (9/8/2024), prakiraan pengiriman iPhone 16 untuk tahun ini adalah 90 juta unit. Sementara, jumlah panel OLED yang diproduksi 30 persen lebih tinggi dari jumlah target perangkat. Jadi, keseluruhan jumlah panel OLED yang diperlukan adalah 120 juta unit panel OLED.

Untuk pembagian antara kedua vendor pemasok layar, akhir tahun lalu Samsung Display ditargetkan akan memasok sekitar 80 juta layar OLED. Sementara, LG Display diproyeksikan memasok sekitar 43 juta panel OLED untuk iPhone 16.

Kedua perusahaan tersebut kini dalam jalur yang tepat dan sesuai jadwal produksi mereka untuk memenuhi target tersebut.

Sekadar informasi, panel-panel OLED ini nantinya akan dikirimkan ke pabrik-pabrik dalam rantai pasokan Apple. Pabrik inilah yang akan bertugas merakit model-model iPhone 16, sehingga diharapkan semuanya berjalan tepat waktu untuk pengiriman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran iPhone 16 Pro dan Pro Max Lebih Besar dari Versi Sebelumnya

Menurut rencana tahun sebelumnya, Apple akan merilis deretan model iPhone 16 tersebut sekitar pertengahan September 2024. Tanggal pengumumannya kemungkinan adalah 10 September.

iPhone 16 series diharapkan akan hadir dalam empat model yakni iPhone 16 standar, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Meski begitu, Apple dikabarkan akan meningkatkan ukuran iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

iPhone 16 Pro akan hadir dalam layar lebih besar yakni 6,3 inci (sebelumnya 6,1 inci pada iPhone 15 Pro). Kemudian, iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar 6,9 inci (naik dari 6,7 inci pada iPhone 15 Pro Max).

Ukuran untuk model standar iPhone 16 tidak akan berubah, di mana iPhone 16 akan memiliki ukuran layar 6,1 inci dan iPhone 16 Plus hadir dalam layar 6,7 inci.

Kabarnya, iPhone 16 series akan hadir dengan tombol Capture baru untuk mengambil gambar dan video dalam mode lanskap.

Perangkat ini akan ditenagai chip seri A yang memiliki kekuatan dan kecepatan lebih. Ada pula update kemampuan kamera, dukungan konektivitas WiFi 7 dan modem 5G yang lebih cepat untuk beberapa model iPhone 16.

 

 

3 dari 4 halaman

Bakal Rilis Tanpa Apple Intelligence?

Apple Intelligence dipastikan tidak akan tersedia langsung di iPhone 16 series saat debut pada September 2024. Hal ini dikonfirmasi lewat laporan Mark Gurman di Bloomberg.

Analis itu mengatakan, iPhone 16 series tetap akan diumumkan sesuai jadwal pada September mendatang walau keempat iPhone 16 tidak akan dilengkapi fitur AI.

Mengutip Bloomberg via GSM Arena, Rabu (7/8/2024), Apple Intelligence baru akan tersedia di lini iPhone 16 dkk satu bulan kemudian lewat iOS 18.1.

iOS 18 sendiri saat ini sudah masuk fase Public Beta, di mana banyak pengguna iPhone 15 series ke bawah dapat mencoba langsung sejumlah fitur baru di OS besutan Apple tersebut.

Akan tetapi, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut belum memunculkan fitur Apple Intelligence ke dalam iOS 18 Public Beta. Fitur AI tersebut saat ini masih tersedia untuk para developer.

 

4 dari 4 halaman

Eksklusif! Ini Deretan Fitur Baru iOS 18

Tim Liputan6.com pun berkesempatan mencicipi sejumlah fitur baru di iOS 18 Public Beta, di mana salah satu paling menarik adalah kemampuan untuk kustomisasi tampilan, ikon, dan widget di iPhone.

Kustomisasi adalah salah satu fitur yang digadang-gadang Apple paling menarik bagi pengguna iPhone, mengingat saat ini tampilan di seluruh ponsel perusahaan terlihat sama.

Kini dengan fitur kostumisasi, pengguna bisa mengubah ukuran dan warna ikon aplikasi di iPhone. Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan opsi “Tinted” di mana pengguna iPhone dapat warna yang dinginkan untuk ikon dan tampilan di layar.

Selain itu, pengguna iPhone kini juga bisa menghapus, menambah, atau mengubah ukuran shortcut di Control Center sehingga sesuai dengan keinginan.

Kamu dapat membaca lebih lengkap tentang fitur baru apa saja yang akan Apple tunjukkan di iOS 18 nanti lewat tautan di sini.

Informasi, Apple Intelligence hanya akan tersedia untuk perangkat iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan seluruh iPhone 16. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba Apple Intelligence?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.