Sukses

Apple bakal Perbarui Semua Mac dengan Chip M4 mulai Akhir 2024

Menurut laporan terbaru, Apple akan melakukan perubahan pada semua produk Mac besutannya melalui dukungan chip M4.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan memperbarui seluruh lini Mac besutan mereka dengan chip M4 yang lebih baru. Informasi ini diungkapkan oleh analis Bloomberg Mark Gurman.

Mengutip Mashable, Jumat (9/8/2024), menurut Gurman, Apple berencana meluncurkan deretan perangkat Mac terbaru dengan chip M4 di akhir 2024. Beberapa model yang disebut akan mendapat pembaruan tersebut adalah MacBook Pro, Mac mini, dan iMac.

Sementara jadwal perilisan untuk model MacBook Air, Mac Studio, dan Mac Pro dikabarkan sedikit berbeda. Rencananya, model-model tersebut akan mendapatkan upgrade ke M4 pada 2025.

Langkah ini disebut masuk akal, mengingat beberapa model seperti Mac Mini dan Mac Studio tidak mendapatkan update chip M3. Selain itu, Apple memang tengah gencar mempromosikan keunggulan M4.

Salah satu yang menjadi adalah adalah dukungan kecerdasan buatan (AI). Chip ini diklaim sebagai Neural Engine paling bertenaga yang pernah dibuat oleh Apple, serta mampu mendukung fitur-fitur AI terbaru.

Namun, tidak hanya pembaruan tersebut, Gurman melaporkan, Apple juga akan menyiapkan kejutan lain. Ada indikasi kalau setidaknya satu model Mac akan mendapatkan upgrade signifikan, tidak sekadar pembaruan chip M4.

Kendati demikian, perlu diingat, laporan ini masih sebatas prediksi. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuan resmi Apple mengenai lini produk Mac yang akan dirilis di masa depan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Perkenalkan Chip M4, Hadirkan Kekuatan AI dan Performa ala Konsol Game di iPad Pro 2024

Sebagai informasi, Apple baru saja memperkenalkan M4, yang dibenamkan di iPad Pro generasi paling anyar pada Mei 2024. Prosesor ini menjanjikan kenaikan signifikan pada performa dan efisiensi daya berkat fabrikasi 3nm terbaru.

Chip Apple M4 memiliki konfigurasi 10 inti CPU, dengan empat core performa dan enam core efisiensi data. Kombinasi core CPU itu menjanjikan peningkatan performa hingga 1.5 kali lebih kencang dari iPad Pro seri terdahulu yang dipersenjatai chip Apple M2.

Kendati demikian, mengutip dari Android Authority, Kamis (9/5/2024), konfigurasi 10-core di iPad Pro 2024 ini hanya ditemukan pada iPad Pro varian 1TB dan 2TB.

Sementara, varian standar 256GB dan 512GB ditenagai Apple M4 dengan 9-core CPU dengan tiga core performa dan enam core efisiensi.

Apple M4 juga ditenagai 10-core GPU dengan arsitektur sama dengan chip M3. Adapun perbedaan GPU ini dari generasi sebelumnya adalah penggunaan teknologi Dynamic Caching terbaru yang diklaim Apple dapat meningkatkan kinerja grafis untuk bermain game layaknya konsol game. 

3 dari 3 halaman

Dukungan AI

Selain kemampuan hardware, Apple juga menyorot kemampuan AI di chip M4 terbarunya. Kemampuan AI ini ditemani Neural Engine tercanggih Apple saat ini, yang mampu melakukan triliunan operasi per detik.

Oleh sebab itu, dengan kemampuan AI terbaru, iPad Pro dapat menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Tak hanya meningkatkan kinerja, chip M4 juga memiliki efisiensi daya yang ditingkatkan untuk memberikan daya tahan baterai yang lebih lama.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh Apple M4 di iPad Pro versi 2024 pun disebut membantu pengguna profesional untuk meningkatkan produktivitasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini