Sukses

Apple Percayakan Produksi Panel OLED iPhone 16 pada Samsung: Ini Alasannya!

Apple memilih Samsung Display sebagai pemasok utama panel OLED untuk iPhone 16 dan iPad Air 2026, mengalahkan LG Display. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah membuat keputusan besar dengan memilih Samsung Display sebagai pemasok utama panel OLED untuk iPhone 16 dan iPad Air 2026.

Adapun keputusan ini ambil berdasarkan kemampuan Samsung untuk memenuhi permintaan kapasitas produksi lebih tinggi ketimbang pesaingnya, LG Display.

Menurut laporan ETNews pada Minggu (11/8/2024), Samsung Display telah memulai produksi awal panel OLED untuk iPhone 16 series sejak Juni 2024.

Apple berharap, angka produksi ini akan meningkat dalam beberapa bulan ke depan untuk memenuhi target pengiriman tinggi iPhone 16 series.

Kenapa Apple Memilih Samsung?

Perusahaan berbasis di Cupertino tersebut memang terkenal memiliki standar tinggi dalam memilih pemasok komponen iPhone dan lainnya, dan kali ini Samsung Display terpilih.

Disebutkan, pemilihan ini didasari Samsung Display dianggkap mampu membuktikan diri dalam produksi massal panel OLED berkualitas tinggi.

Meskipun LG Display tetap menjadi salah satu pemasok Apple, Samsung diperkirakan akan menjadi pemasok terbesar dengan mengirim sekitar 80 juta panel OLED pada akhir tahun ini.

Prediksi Pengiriman iPhone 16

Apple diprediksi akan mengirimkan 90 juta unit iPhone 16 tahun ini, dengan target pengiriman ambisius. Samsung dan LG diprediksi akan memproduksi panel 30 persen lebih banyak dari kebutuhan.

Saat ini, kedua perusahaan sudah mulai mengirimkan panel OLED ke pabrik perakitan iPhone di berbagai negara di dunia. Seri iPhone 16 kabarnya memiliki empat model: iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diharapkan memiliki ukuran layar sama dengan pendahulunya, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan layar sedikit lebih besar.

iPhone 16 Pro dikabarkan memiliki layar 6,3 inci, sedangkan iPhone 16 Pro Max bisa memiliki layar 6,8 inci.

Jajaran iPhone 16 diharapkan menampilkan prosesor lebih cepat, modem 5G lebih cepat, kamera lebih baik, 'Capture Button' untuk pengambilan gambar dan video lebih cepat dalam mode lanskap, dan Wi-Fi 7.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 16 Rilis Tanpa Apple Intelligence

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Lebih lanjut, Apple Intelligence dipastikan tidak akan tersedia langsung di iPhone 16 series saat debut pada September 2024. Hal ini dikonfirmasi lewat laporan Mark Gurman di Bloomberg.

Analis itu mengatakan, iPhone 16 series tetap akan diumumkan sesuai jadwal pada September mendatang walau keempat iPhone 16 tidak akan dilengkapi fitur AI.

Mengutip Bloomberg via GSM Arena, Rabu (7/8/2024), Apple Intelligence baru akan tersedia di lini iPhone 16 dkk satu bulan kemudian lewat iOS 18.1.

iOS 18 sendiri saat ini sudah masuk fase Public Beta, di mana banyak pengguna iPhone 15 series ke bawah dapat mencoba langsung sejumlah fitur baru di OS besutan Apple tersebut.

Akan tetapi, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut belum memunculkan fitur Apple Intelligence ke dalam iOS 18 Public Beta. Fitur AI tersebut saat ini masih tersedia untuk para developer.

3 dari 4 halaman

iOS 18 Public Beta

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)</p>

Tim Liputan6.com pun berkesempatan mencicipi sejumlah fitur baru di iOS 18 Public Beta, di mana salah satu paling menarik adalah kemampuan untuk kustomisasi tampilan, ikon, dan widget di iPhone.

Kustomisasi adalah salah satu fitur yang digadang-gadang Apple paling menarik bagi pengguna iPhone, mengingat saat ini tampilan di seluruh ponsel perusahaan terlihat sama.

Kini dengan fitur kostumisasi, pengguna bisa mengubah ukuran dan warna ikon aplikasi di iPhone. Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan opsi “Tinted” di mana pengguna iPhone dapat warna yang dinginkan untuk ikon dan tampilan di layar.

Selain itu, pengguna iPhone kini juga bisa menghapus, menambah, atau mengubah ukuran shortcut di Control Center sehingga sesuai dengan keinginan.

Kamu dapat membaca lebih lengkap tentang fitur baru apa saja yang akan Apple tunjukkan di iOS 18 nanti lewat tautan di sini.

Informasi, Apple Intelligence hanya akan tersedia untuk perangkat iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan seluruh iPhone 16. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba Apple Intelligence? 

4 dari 4 halaman

Apple Watch SE bakal Hadir dari Material Plastik Ramah untuk Anak

Tampilan Apple Watch SE yang baru saja diluncurkan. (Dok. Apple)

Apple selalu mencoba untuk mengesankan para pelanggan dengan menjual produk yang secara desain hampir sama dari tahun ke tahun tetapi dengan peningkatan fitur. Namun, ada hal yang baru yang mungkin akan berubah.

Pasalnya, sebagaimana dikutip dari The Verge, Senin (5/8/2024), Apple disebut akan menghadirkan Apple Watch SE yang terbuat dari plastik.

Rumor ini berdasarkan informasi dari Mark Gurman dari Bloomberg, yang menyebut Apple akan menggunakan material plastik untuk Apple Watch SE. Hal ini dilakukan untuk membuat jam tangan tersebut jadi lebih ramah anak.

Selain itu, lebih ramah anak juga agar jam tangan ini memiliki opsi warna yang lebih baik. Ada kemungkinan, penggunaan material plastik ini menghadirkan update Apple Watch yang paling menarik dalam beberapa tahun sejak kehadirannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini