Sukses

Mantan CEO YouTube Susan Wojcicki Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun, Apa Penyebabnya?

Mantan CEO YouTube dan eksekutif Google, Susan Wojcicki, meninggal dunia pada Sabtu di usia 56 tahun. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO YouTube dan eksekutif Google, Susan Wojcicki, meninggal dunia pada Sabtu di usia 56 tahun setelah berjuang melawan kanker paru-paru selama dua tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam, saya sampaikan berita meninggalnya Susan Wojcicki," ungkap Dennis Troper, suami Wojcicki, dalam sebuah posting Facebook, dikutip dari Reuters, Sabtu (10/8/2024).

"Istri saya tercinta, yang telah mendampingi saya selama 26 tahun dan ibu dari lima anak kami meninggalkan kami hari ini, setelah 2 tahun hidup dengan kanker paru-paru non-sel kecil," Troper menuturkan.

CEO Google Sundar Pichai dalam sebuah posting blog, menyampaikan penghormatannya terkait Susan Wojcicki meninggal dunia.

"Selama dua tahun terakhir, meski ia menghadapi kesulitan pribadi yang besar, Susan mengabdikan dirinya untuk membuat dunia menjadi lebih baik melalui kegiatan filantropinya, termasuk mendukung penelitian untuk penyakit yang akhirnya merenggut nyawanya," kata Sundar Pichai.

Sebagai salah satu wanita paling terkemuka di bidang teknologi, Wojcicki bergabung dengan Google pada tahun 1999 untuk menjadi salah satu dari beberapa karyawan pertama pemimpin pencarian web tersebut, beberapa tahun sebelum perusahaan tersebut mengakuisisi YouTube.

Google diketahui membeli YouTube pada tahun 2006 seharga USD 1,65 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepak Terjang Susan Wojcicki

Sebelum menjadi CEO YouTube pada 2014, Wojcicki adalah wakil presiden senior untuk produk iklan di Google.

Setelah sembilan tahun memimpin, Wojcicki mengundurkan diri dari jabatannya di YouTube pada tahun 2023 untuk fokus pada "keluarga, kesehatan, dan proyek pribadi".

Ia digantikan oleh wakilnya, Neal Mohan, seorang eksekutif senior periklanan dan produk yang bergabung dengan Google pada tahun 2008.

Wojcicki saat itu berencana untuk mengambil peran penasihat di Alphabet, perusahaan induk Google.

 

3 dari 4 halaman

Cerita Susan Wojcicki soal Google

"25 tahun yang lalu saya membuat keputusan untuk bergabung dengan beberapa mahasiswa pascasarjana Stanford yang sedang membangun mesin pencari baru. Nama mereka adalah Larry dan Sergey .... Itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya," tulis Wojcicki dalam sebuah posting blog, pada hari ia meninggalkan YouTube, merujuk pada pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

“Hari ini kami di YouTube kehilangan rekan setim, mentor, dan teman, Susan Wojcicki,” kata Mohan dalam sebuah postingan di platform X.

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini