Sukses

7 Fitur Tersembunyi di macOS Sequoia yang Wajib Kamu Coba, Apa Saja?

Temukan 7 fitur tersembunyi macOS Sequoia yang akan mengubah cara Anda bekerja dan bermain di Mac. Dari iPhone mirroring hingga Notes dengan transkripsi otomatis, simak ulasan lengkapnya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - macOS Sequoia, versi terbaru dari sistem operasi macOS, membawa berbagai fitur baru yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna.

Namun, di balik fitur-fitur yang diumumkan secara luas, ada beberapa tambahan fitur rahasia macOS Sequoia yang mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna.

Walau memang belum tersedia secara global, berikut adalah beberapa fitur di macOS Sequoia yang   patut kamu coba saat OS tersebut sudah digulirkan secara umum.

1. iPhone Mirroring 

Meskipun iPhone Mirroring tidak sepenuhnya bisa disebut sebagai fitur tersembunyi, ini adalah salah satu fitur paling ditunggu dari macOS Sequoia.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menghubungkan iPhone ke perangkat Mac dan mengendalikan seluruh fungsi aplikasi di iPhone langsung dari Mac dengan mulus.

<p>Fitur iPhone Mirroring di macOS Sequoia. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Fitur iPhone Mirroring akan mengunci ponsel dan tidak digunakan, sehingga menambah lapisan keamanan. Ketika ponsel dibuka, koneksi otomatis terputus, dan akan muncul notifikasi.

Sesuai dengan penjelasan Apple di ajang WWDC 2024, fitur macOS Sequoia ini memungkinkan pengguna iPhone mengoneksikan ponsel tersebut ke perangkat Mac.

Menariknya, kamu dapat mengendalikan seluruh fungsi dan fungsi aplikasi di iPhone secara langsung di perangkat Mac secara seamless.

iPhone Mirroring hanya berfungsi ketika iPhone terkunci dan tidak digunakan--tentunya dengan alasan untuk lebih aman.

Saat ponsel dibuka, maka koneksi iPhone dan Mac pun akan terputus dan pengguna akan mendapatkan pesan menyatakan HP Apple sedang diakses dengan teks bertuliskan “iPhone in Use”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Fitur Tiling untuk Pengelolaan Jendela Lebih Cerdas

<p>Fitur Tiling di macOS Sequoia. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Fitur Tiling di macOS Sequoia menawarkan cara baru untuk menata jendela dengan lebih efisien. Ketika kamu menyeret jendela ke tepi layar, macOS akan memberikan saran posisi paling optimal di desktop.

Dengan ini, kamu dapat menata aplikasi secara berdampingan atau di sudut tertentu. Shortcut keyboard baru dan menu tambahan juga semakin memudahkan pengelolaan tata letak aplikasi di layar.

3. Kalkulator dengan Fitur Konversi dan Backspace

Aplikasi Calculator di macOS Sequoia kini mendukung konversi langsung nilai mata uang, berat, dan lainnya, menjadikan kalkulaotr ini sebagai tool lebih berguna.

Selain itu, Apple juga menyertakan tombol Backspace ke dalam aplikasi sehingga memudahkan pengguna untuk mengoreksi kesalahan tanpa harus mengulang perhitungan dari awal.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Rotate Wi-Fi Address untuk Keamanan Lebih

<p>Rotate Wi-Fi Address di macOS Sequoia. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Salah satu fitur keamanan tersembunyi di macOS baru ini adalah Rootate Wi-Fi Address. Fitur ini memungkinkan Mac secara otomatis mengubah alamat W-Fi.

Dengan begini, akan menambah lapisan perlindungan saat menjelajah internet. Untuk mengaktifkannya, buka System Settings > Wi-Fi dan klik tombol “Details” di samping jaringan Wi-Fi yang sedang terhubung. Pilih “Rotate Wi-Fi Address”.

5. Notes dengan Transkripsi Otomatis dan Math Notes

Aplikasi Notes di macOS Sequoia juga mendapat pembaruan signifikan. Notes sekarang mendukung transkripsi audio secara otomatis, memungkinkan pengguna untuk merekam dan mendapatkan transkripsi secara instan.

Selain itu, ada integrasi Math Notes memungkinkan pengguna menyelesaikan persamaan matematika langsung di dalam catatan. Contoh, cukup dengan mengetikkan 60 x 15  = 900 maka akan langsung muncul hasilnya. 

Menariknya, hasil perhitungan tersebut akan berubah secara langsung setiap kali ada informasi baru yang dimasukkan pengguna.

 

4 dari 4 halaman

6. AirDrop dengan Progress Bar

<p>Game Mode di iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia: Bukti Apple Serius Masuk Pasar Gaming? (Doc: Apple)</p>

Upgrade macOS Sequoia juga memperkenalkan progress bar ketika pengguna menggunakan AirDrop. Saat transfer foto, dokumen, atau file apa pun antara macOS 15 dan iOS 18, maka akan muncul notifikasi di sisi kanan layar.

Ini memang terlihat kecil, tetapi sangat berguna untuk mengetahui sejauh mana proses transfer sedang berlangsung secara real-time.

7. iMessages dan Efek Saat Kirim Pesan di MacOS

Fitur Schedule di iMessages kini hadir di macOS Sequoia, memungkkan kamu mengatur waktu pengiriman pesan. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur efek teks atau pratinjau tautan sebelum mengirim pesan.

Sebelumnya, preview baru akan muncul ketika pengguna mengirim pesan berisikan link.

macOS Sequoia tidak hanya meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna secara keseluruhan, tetapi juga menambahkan tools baru dapat menignkatkan produktivitas. Dengan mengenal dan memanfaatkan fitur-fitur tersembunyi ini, pengguna Mac dapat lebih maksimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini