Sukses

Komunikasi Beda Bahasa Tanpa Kendala Pakai AI on Device di Samsung Galaxy Z Flip6

Samsung Galaxy Z Flip6 hadir dengan fitur Galaxy AI terbaru yang memungkinkan terjemahan bahasa secara real-time, transkripsi suara menjadi teks, dan beberapa fitur lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip6 yang baru saja diperkenalkan telah dibekali dengan sejumlah fitur baru Galaxy AI. Di antaranya, ada tiga fitur Galaxy AI baru ini dirancang dengan mengadopsi konsep hybrid AI untuk mempermudah aktivitas pengguna.

Adapun konsep hybrid AI di Galaxy Z Flip6 ini diwujudkan dengan menghadirkan fitur AI on device yang dapat digunakan koneksi internet. Jadi, respons yang dihasilkan bisa lebih cepat dapat digunakan di segala kondisi serta waktu.

"Samsung Galaxy Z Flip6 terbaru hadir dengan sejumlah inovasi dan peningkatan pada fitur AI, termasuk AI on device, yang dirancang untuk mempermudah keseharian dan cara berkomunikasi para pengguna dengan mengedepankan keamanan serta privasi," tutur MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (13/8/2024).

Deretan fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna HP Samsung terbaru ini di antaranya adalah Live Translate yang kini sudah tersedia di aplikasi pihak ketiga. Lalu, ada Listening Mode serta Note Assist yang dilengkapi Voice Recorder Transcript agar bisa langsung memberikan rangkuman percakapan.

"Semua fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang semakin efisien dan mudah," tutur Ilham melanjutkan. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari deretan fitur baru di Samsung Z Flip6 tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

Jago Bahasa Asing dengan Fitur Listening Mode

Kemampuan memahami dan menerjemahkan percakapan ke berbagai bahasa tidak dimungkiri merupakan hal penting di era globalisasi ini. Karenanya, Samsung memperkenalkan fitur Listening Mode dari AI Interpreter di Galaxy Z Flip6 untuk membantu pengguna di berbagai kegiatan.

Sebagai contoh, pengguna bisa memanfaatkan fitur ini ketika sedang menghadiri presentasi. Fitur ini nantinya akan bisa langsung menampilkan kalimat yang terdengar, lengkap dengan terjemahan, seperti subtitle saat menonton film.

Kemampuan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mengikuti seminar, kuliah, serta mendengarkan podcast atau event berbahasa asing. Cara mengaktifkan fitur ini pun terbilang mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Tarik bagian atas layar Samsung Galaxy Z Flip6 kamu ke bawah untuk membuka panel
  • Lalu, tarik lagi ke bawah
  • Usap ke kiri, lalu klik 'Interpreter'
  • Geser ke kanan, dan pilih 'Listening Mode'
  • Pilih bahasa yang diinginkan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Live Translate untuk Ngobrol Antar Bahasa Lebih Lancar

Di Galaxy AI terbaru, Samsung juga meningkatkan kemampuan Live Translate. Jika sebelumnya hanya bisa digunakan di panggilan telepon biasa, pengguna sekarang bisa langsung memanfaatkan fitur ini di aplikasi lain, seperti WhatsApp dan Instagram.

  • Untuk mengaktifkan fitur ini di aplikasi WhatsApp, simak langkahnya berikut ini:
  • Buka aplikasi WhatsApp dan lakukan panggilan
  • Ketuk opsi 'Live Translate' yang akan otomatis muncul di layar
  • Pilih bahasa asal lawan bicara, lalu pilih bahasa yang diinginkan

 

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Fitur Voice Transcript di Note Assist

Melalui Galaxy AI di Galaxy Z Flip6, Samsung juga menghadirkan fitur Voice Transcript yang bisa diakses melalui Notes. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah rekaman menjadi teks secara langsung di Notes.

Fitur ini membantu pengguna yang mengalami kesulitan mengetik atau lebih memilih berbicara. Sebab, pencatatan infromasi bisa menjadi lebih inklusif dan mudah diakses. Untuk memanfaatkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka aplikasi Notes di Galaxy Z Flip6
  • Buat dokumen baru
  • Pilih ikon '+', kemudiah pilih Rekaman Suara
  • Usai merekam, tekan ikon '+', lalu pilih ikon 'T' untuk memulai transkripsi
  • Sesuaikan bahasa suara asal serta bahasa yang diinginkan
  • Setelah rekaman selesai ditranskripsi, pengguna bisa langsung menyalin hasilnya ke notes yang diinginkan

Untuk diketahui, Galaxy Z Flip6 tersedia dalam varian RAM 12GB/ROM 256GB dengan harga Rp 17.499.000. Sementara varian RAM 12GB/ROM 512GB dibanderol Rp 19.499.000. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.