Sukses

Jaringan Indosat Error, Warganet Keluhkan Tak Bisa Akses Google Chrome, Instagram hingga Safari

Sejumlah warganet mengeluhkan jaringan Indosat bermasalah, akibatnya mereka tak bisa mengakses layanan Google Chrome, Instagram, hingga browser Safari. Pantauan Downdetector memperlihatkan keluhan terhadap jaringan Indosat meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Indosat Ooredoo Hutchinson (Indosat) saat ini disinyalir sedang mengalami gangguan. Hal ini berdasarkan laporan keluhan warganet di media sosial, termasuk X alias Twitter. 

Imbas dugaan gangguan jaringan ini, para pengguna layanan Indosat Ooredoo Hutchison tak bisa mengakses sejumlah layanan.

Misalnya mereka mengeluhkan layanan seperti Gooogle Chrome, Gmail, Safari dkk pun tidak dapat diakses di berbagai perangkat akibat Indosat error.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com di situs Downdetector, Selasa (13/8/2024), terlihat laporan pengguna terkait Indosat error mencapai puncaknya di 06.30 WIB pagi ini.

Hingga saat ini, sudah ada 152 laporan terkait Indosat gangguan sinyal ini. Adapun masalah yang banyak dikeluhkan mulai dari koneksi di perangkat mobile sebanyak 54 persen, tidak asa sinyal (39 persen), dan tidak bisa mengakses situs web sebanyak 7 persen.

Belum diketahui secara pasti alasan kenapa jaringan Indosat gangguan hari ini sejak pagi. Namun tim Tekno Liputan6.com saat ini sudah menghubungi pihak Indosat Ooredoo Hutchison untuk meminta informasi dan pernyataan terkait masalah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai AI untuk Deteksi Gangguan

Sebelumnya, Indosat memanfaatkan AI untuk membantu perusahaan mengenali masalah-masalah pada jaringannya agar bisa menyelesaikannya lebih cepat. 

Hal ini lewat diresmikannya Digital Intelligence Operations Center alias DIOC beberapa waktu lalu. Fasilitas ini menandai komitmen perusahaan menggunakan kecerdasan buatan alias AI dalam memberikan layanan lebih baik kepada lebih dari 100 juta pelanggannya di Indonesia.

Pusat operasi berbasis AI ini merupakan hasil kerja sama antara Indosat dengan Huawei. DIOC diresmikan oleh Presdir sekaligus CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha bersama jajaran dan Presiden Huawei Asia Pasific Region Simon Lim beserta jajaran pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Dengan pusat operasi yang berbasis AI ini, Indosat berupaya menyediakan wawasan real-time dan manajemen layanan yang proaktif, dengan menggabungkan keandalan fungsi Network Operation Center dan Service Operations Center.

3 dari 4 halaman

Jadi Perusahaan Telko Berbasis AI

Presiden Direktur dan CEO IOH Vikram Sinha mengatakan, hadirnya Digital Intelligence Operations Center menandai babak baru Indosat mewujudkan ambisi untuk jadi perusahaan tekno berbasis AI.

"Melalui DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan, tetapi juga merevolusi pelayanan pelanggan. Selain itu, integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan," kata Vikram.

Ia melanjutkan, kolaborasi ini menjadi kunci mewujudkan misi dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital.

4 dari 4 halaman

Penyelesaian Masalah Jaringan Bisa Lebih Cepat

Dengan adanya real-time network insight yang dihasilkan DIOC, Indosat bisa beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata. Pada gilirannya hal ini akan mengoptimalkan kinerja jaringan.

Selain memberi insight real-time, DIOC juga menghasilkan end-to-end service manajemen, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi dan kualitas layanan yang bisa mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

DIOC juga mampu mengintegrasikan analisis data dan teknologi untuk mendukung data-driven innovation berkelanjutan. Hal ini memungkinkan Indosat untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.