Sukses

Microsoft Tutup Aplikasi Windows Paint 3D setelah 8 Tahun

Microsoft mengumumkan akan menutup aplikasi grafis Windows Paint 3D pada akhir 2024, dan mulai dihapus dari Microsoft Store pada November 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft mengumumkan akan menutup aplikasi grafis Windows Paint 3D pada akhir 2024, dan mulai dihapus dari Microsoft Store pada November 2024.

Program grafis 3D ini pertama kali diperkenalkan sebagai pengganti aplikasi Paint delapan tahun lalu, pada November 2016, bersamaan dengan peluncuran Windows 10 Insider Build 14971.

Microsoft menyarankan pengguna untuk beralih ke Paint dan Photos untuk melihat dan mengedit gambar 2D dan 3D Viewer untuk melihat konten 3D.

"Paint 3D tidak berlaku lagi dan akan dihapus dari Microsoft Store pada 4 November 2024. Instalasi Paint 3D yang ada bakal tetap berfungsi, tetapi aplikasi tersebut tidak akan tersedia lagi untuk diunduh dari Microsoft Store," kata Microsoft, dikutip dari Bleeping Computer, Selasa (13/8/2024).

"Jika menghapus aplikasi tersebut, kamu dapat menginstalnya kembali dari Microsoft Store hingga 4 November 2024," sambung Microsoft.

Setelah tanggal tersebut, Paint 3D tidak akan tersedia lagi untuk diunduh. Paint 3D telah diinstal sebelumnya pada beberapa perangkat Windows 10, tetapi tidak diinstal pada perangkat Windows 11.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur AI di Aplikasi Paint

Meskipun diperkenalkan beberapa tahun lalu sebagai aplikasi Paint yang lebih modern dan telah diinstal sebelumnya pada beberapa perangkat Windows 10, penghentian Paint 3D bukanlah hal yang mengejutkan.

Sebab, aplikasi Paint 3D tidak pernah menjadi aplikasi bawaan di sistem operasi Windows 11.

Selain itu, Microsoft telah menambahkan fitur-fitur baru ke Paint selama setahun terakhir.

Antara lain termasuk alat penghapus latar belakang seperti Photoshop, dukungan untuk lapisan dan transparansi gambar, serta fitur pembuatan gambar bertenaga AI yang dikenal sebagai Paint Cocreator.

 

3 dari 4 halaman

Bunuh WordPad dan Cortana

Pengumuman penghentian dukungan Paint 3D muncul setelah Microsoft mengungkapkan pada lima tahun lalu bahwa aplikasi Windows Paint klasik akan dihentikan dan dihapus dengan dirilisnya Windows 10 Fall Creator's Update pada Juli 2017.

Namun, setelah banyak pengguna yang menyukai aplikasi tersebut, perusahaan memutuskan untuk tidak menghentikan sepenuhnya, tetapi membuatnya tersedia untuk diunduh melalui Microsoft Store.

Tahun lalu, perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka menghentikan aplikasi penyuntingan teks WordPad dan mulai menghentikan asisten berbasis suara Cortana di Windows 11 Canary preview build yang dirilis pada awal Agustus 2023.

4 dari 4 halaman

<p>Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)</p>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.