Sukses

Tahun Depan bakal Ada iPhone 17 Air, Usung Desain Ekstra Tipis?

Tahun depan Apple dikabarkan akan menghadirkan iPhone 17 Air dengan desain yang ekstra tipis dan akan menjadi pengganti iPhone versi Plus?

Liputan6.com, Jakarta - Industri smartphone mulai ramai dengan perbincangan seputar iPhone baru yang akan datang sekitar September nanti. Tokoh yang biasa mengungkap berbagai bocoran tentang teknologi, Mark Gurman dari Bloomberg, membagikan sejumlah tinjauannya tentang lini iPhone yang akan datang.

Dalam newsletter bertajuk "Power On", Gurman menggarisbawahi adanya pergeseran desain dan strategi brand Apple.

Bukannya iPhone 16, laporan Mark Gurman itu mengungkapkan soal iPhone 17 yang akan hadir dengan sejumlah perubahan. Kabarnya, iPhone 17 sendiri dikabarkan akan hadir dengan desain ramping dan sangat tipis, bahkan disebut-sebut akan ada iPhone "Air".

iPhone 16 Hadir dengan Peningkatan Kecil

Sebelum membahas tentang iPhone 17, insight Gurman menunjukkan bahwa seri iPhone 16 tidak akan mengalami perubahan drastis dibandingkan model iPhone saat ini.

Baik dari desain, fitur, dan kesan keseluruhannya kemungkinan akan tetap konsisten dengan yang dirilis beberapa tahun terakhir.

Meski mungkin update iPhone 16 mengecewakan, Apple tampaknya tengah mempersiapkan panggung untuk update besar-besaran yang lebih substansial di iPhone 17.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 17 dengan Perubahan Besar

Melihat ke depan pada iPhone 17, insight dari Gurman menunjukkan bahwa seri ini akan menandai titik balik bagi Apple.

iPhone 17 kemungkinan akan hadirkan desain yang benar-benar baru yang berbeda dari tampilan milik pendahulunya. Perubahan ini kemungkinan meliputi Dynamic Island yang berukuran lebih kecil dan fitur kamera depan yang lebih baik.

Update ini dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menghadirkan kehidupan baru di seri iPhone.

3 dari 4 halaman

iPhone 17 Ultra Tipis (iPhone 17 Air)

Salah satu aspek paling menarik dari laporan Gurman adalah penyebutan model iPhone 17 yang sangat tipis. Perangkat ini digambarkan sebagai iPhone Air yang diposisikan antara iPhone 17 standar dan iPhone 17 Pro.

Ide dibalik model ini adalah untuk menawarkan desain ramping yang menarik bagi pengguna yang mencari smartphone lebih ringkas tetapi bertenaga.

Gurman meyakini, iPhone sangat tipis ini bisa menjadi lebih populer dibanding model iPhone mini atau model iPhone Plus yang lebih besar dari beberapa tahun terakhir.

Peluncuran iPhone 17 Air atau mungkin iPhone 17 Slim cukup penting. Gurman menyebut, Apple berencana menyetop model Plus demi kehadiran versi Slim ini.

iPhone 17 Air kabarnya tak akan menjadi penerus langsung bagi iPhone 12 atau 13 Mini, namun akan menawarkan desain dan pengalaman yang unik.

Model ini kemungkinan bakal menarik bagi pengguna yang menghargai form factor yang lebih tipis, tanpa mengorbankan terlalu banyak ukuran layar atau kinerja.

Selain desain yang ramping, ada juga pembicaraan tentang model yang lebih canggih yakni iPhone Ultra.

Gurman mengisyaratkan, iPhone Ultra dapat menawarkan fitur yang lebih unggul dari model Pro saat ini. Meski detail tentang perangkat ini masih minim, iPhone Ultra bisa menggabungkan spesifikasi performa tinggi dari seri Pro ke bodi yang lebih ramping dan smooth.

 

4 dari 4 halaman

Tantangan iPhone 17

Meski hal ini jadi prospek yang menarik, Gurman mencatat, Apple mungkin menghadapi tantangan dalam mencapai tujuan tersebut ketika iPhone 17 Series diluncurkan.

Misalnya, Apple ingin menghadirkan kinerja tingkat Pro ke model yang lebih kecil, tetapi mungkin hal ini tak bisa dilakukan setidaknya hingga tahun 2027.

Upaya Apple hadirkan desain yang sangat ramping juga punya tantangan, terutama dalam masa pakai baterai dan manajemen panasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.