Sukses

Jelang Upacara HUT RI ke-79, Menkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi di IKN Stabil

Menkominfo Budi Arie Setiadi memberikan jaminan bahwa jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah siap siaga untuk menyiarkan langsung HUT RI ke-79.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, memberikan jaminan bahwa jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah siap siaga untuk menyiarkan langsung HUT RI ke-79.

"Masyarakat di Kalimantan Timur dan seluruh Indonesia dapat menyaksikan langsung perhelatan akbar ini berkat kesiapan jaringan telekomunikasi yang telah kami pastikan," kata Menkominfo melalui keterangan resminya, Rabu (14/8/2024).

Kerja sama dengan Telkom menjadi kunci kesuksesan penyediaan jaringan di IKN. Telkom, sebagai pemegang hak perlintasan, telah melakukan uji coba menyeluruh terhadap infrastruktur telekomunikasi yang stabil.

Aspek konektivitas, baik melalui fiber optik maupun seluler, serta pasokan listrik telah dipastikan berfungsi dengan baik.

"Kesiapan jaringan ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan IKN sebagai kota pintar yang berkelanjutan," Menkominfo menambahkan.

Sementara itu, operator seluler lainnya juga turut berkontribusi dengan menyediakan layanan telekomunikasi menggunakan infrastruktur sementara.

Namun, Menkominfo berharap ke depannya semua operator dapat beralih ke infrastruktur permanen yang disediakan Telkom Group untuk memastikan kualitas layanan yang lebih baik dan stabil.

"Kami mendorong semua operator untuk bekerja sama dalam membangun jaringan telekomunikasi yang handal di IKN," Menkominfo memungkaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaringan Internet Jadi Pendorong Kemajuan Pembangunan IKN

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berproses. Salah satunya melalui jaringan internet. Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) Kalimantan Timur, Vicky memastikan partisipasinya untuk mendukung tumbuh kembang IKN.

“Kami berkomitmen mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan memastikan hadirnya konektivitas yang handal melalui ketersediaan infrastruktur digital yang berkualitas tinggi,” kata Vicky melalui siaran pers diterima.

Vicky meyakini, internet yang baik akan menjadi pondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan bagi IKN dan berbagai daerah penunjang yang ada di sekitarnya. 

“Kami akan terus melakukan ekspansi perluasan jangkauan jaringan secara masif dan bertahap dalam rangka menopang proses digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi lokal untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai CEO dari PT. Comtelindo ini. 

Vicky pun memastikan, secara bertahap pihaknya akan melalukan akselarasi digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan IKN.

Caranya, dengan memperluas jaringan fiber optik berkecepatan tinggi ke berbagai wilayah di Kalimantan Timur, termasuk area yang akan menjadi bagian dari IKN.

“Kami memastikan bahwa semua instansi pemerintah, bisnis, dan penduduk di wilayah ini dapat menikmati akses internet yang stabil dan cepat anti lelet,” dia menandasi.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini