Sukses

Gemini Live Hadir, Obrolan AI Jadi Lebih Seru dan Personal

Google resmi meluncurkan Gemini Live, asisten AI terbaru yang menawarkan pengalaman percakapan yang lebih natural dan personal.

Liputan6.com, Jakarta - Google resmi mengumumkan kehadiran layanan AI terbaru besutannya. Kali ini, perusahaan tersebut memperkenalkan Gemini Live bersamaan dengan peluncuran lini Pixel 9.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (15/8/2024), Google menggulirkan Gemini Live untuk para pelanggan Gemini Advanced dalam bahasa Inggris di perangkat Android.

Meski baru hadir di Android, Google menuturkan, baru dalam beberapa minggu ke depan, layanan ini diperluas ke iOS dan lebih banyak bahasa.

"Gemini Live menawarkan pengalaman percakapan mobile yang memungkinkan Anda berbincang dengan Gemini," tulis Google. Secara garis besar, aplikasi ini mirip dengan Gemini tapi dengan percakapan yang lebih interaktif.

Fungsinya pun tidak berbeda dari Gemini. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk berdiskusi mengenai berbagai hal, termasuk membicarakan ide-ide baru.

Fitur ini juga mendukung kemampuan handsfree. Jadi, pengguna dapat terus berbincang dengan aplikasi Gemini yang berjalan di latar belakang atau saat perangkat terkunci.

Tidak hanya itu, untuk menghadirkan pengalaman yang lebih natural, Google menghadirkan 10 pilihan suara yang bisa dipilih pengguna. Jadi, pengguna bisa memilih suara dan gaya yang paling sesuai dengan mereka.

Selain fitur ini, Google juga diketahui akan merilis ekstensi Gemini baru dalam beberapa minggu mendatang. Dengan demikian, fitur tersebut dapat mendukung aplikasi lain seperti Keep, Tasks, dan Utilities.

Disebutkan pula, rangkaian fitur Google Gemini juga akan diperluas di YouTube Music. Lalu, ekstensi serupa turut diboyong ke aplikasi Calendar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Gulirkan Update 1.5 Flash ke Gemini, Tawarkan Respons Lebih Baik dan Pintar

Sebelumnyaa, Google tengah meningkatkan kemampuan chatbot AI besutannya, Gemini. Dengan upgrade ke model Gemini 1.5 Flash, pengguna dapat berharap respons lebih cepat, pemahaman gambar lebih baik, dan peningkatan kualitas secara keseluruhan.

Mengutip informasi dari The Verge, Jumat (26/7/20240, salah satu perubahan signifikan yang dihadirkan Google adalah peningkatkan kapasitas pemrosesan teks. Lewat update ini, Gemini 1.5 Flash mampu menangani empat kali lipat jumlah teks dibandingkan sebelumnya.

Berbekal update itu, Gemini mampu memahami konteks yang lebih luas dalam setiap pemerintaan. Yang berarti, chatbot dapat memberikan jawaban yang lebih relevan dan informatif.

Selain itu, Google juga menambahkan fitur baru untuk membantu pengguna memverifikasi informasi. Saat mencari fakta, chatbot ini akan menampilkan tautan ke sumber terkait, termasuk memberikan pengguna akses langsung ke informasi yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Hadir untuk Semua Pengguna

Update ini akan tersedia secara gratis untuk semua pengguna Gemini, baik di situs web dan aplikasi mobile. Menurut VP Engineering Gemini Experience Amar Subramanya, update ini hadir ke lebih dari 40 bahasa dan lebih dari 230 negara maupun wilayah.

Tidak hanya itu, Google juga akan menghadirkan Gemini secara bertahap di Google Messages untuk pengguna di wilayah Eropa. Lalu, ada pula Gemini untuk remaja yang akan tersedia dalam lebih dari 40 bahasa dalam minggu mendatang.

Sebelumnya, Google juga Google meluncurkan side bar (panel sisi) Gemini baru yang dapat melakukan hal-hal, seperti meringkas utas email dan menyusun email baru.  

4 dari 4 halaman

Google Tambahkan Fitur AI Gemini di Gmail

Menurut unggahan di blognya, Google menyebut, tool ini akan menawarkan 'prompt proaktif', tetapi pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan 'bentuk bebas'. 

Mengutip The Verge, Selasa (25/6/2024), Sidebar AI ini dikembangkan untuk memanfaatkan model yang Google yang paling mumpuni, misalnya Gemini 1.5 Pro. 

Pada aplikasi mobile Gmail, Google akan memberikan kemampuan Gemini yang mampu meringkas thread. Peningkatan AI yang diberikan ini bisa sangat membantu, sayangnya saat ini hanya tersedia untuk pengguna Gemini berbayar. 

Kalau kamu ingin mencoba fitur ini, pengguna perlu menjadi konsumen Google Workspace dengan Gemini Business atau add-on Enterprise, Gemini Education atau Education Premium, atau Google One AI Premium. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.