Sukses

Cara Menggunakan Group Chat TikTok yang Bisa Tampung 32 Orang

Pengguna TikTok kini bisa membuat group chat hingga beranggotakan 32 orang. Begini caranya...

Liputan6.com, Jakarta - TikTok kembali memanjakan penggunanya dengan fitur terbaru. Kali ini, platform berbagi video pendek tersebut resmi meluncurkan fitur obrolan grup (group chat) yang memungkinkan pengguna melakukan obrolan seru bersama teman-teman dalam satu grup.

Sebelumnya, fitur ini masih dalam tahap uji coba dan hanya dapat diakses oleh sebagian pengguna.

Namun kini, ByteDance selaku induk perusahaan TikTok telah membuka akses fitur group chat secara lebih luas. Pengguna TikTok kini dapat menciptakan grup obrolan hingga beranggotakan 32 orang.

Untuk menikmati fitur baru ini, pengguna bisa mengaksesnya melalui beberapa cara.

Salah satunya adalah dengan membuka kotak masuk, lalu klik tombol "Chat" yang terletak di bagian atas layar. Setelah itu, pilih kontak yang ingin kamu ajak ngobrol dan klik opsi "Mulai obrolan grup".

Cara lain yang tak kalah mudah adalah dengan memanfaatkan fitur berbagi video.

Ketika kamu menemukan video menarik dan ingin mengajak teman-teman untuk berdiskusi, cukup klik tombol "Bagikan" lalu pilih opsi "Buat obrolan grup".

Selanjutnya, pilih teman-teman yang ingin kamu ajak sertakan dan mulai obrolan seru.

Kehadiran fitur obrolan grup ini tentunya disambut antusias oleh para pengguna TikTok. Sebab, fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berinteraksi dan membangun komunitas yang lebih erat.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan TikTok dapat semakin memantapkan posisinya sebagai platform video pendek yang paling digemari generasi muda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tren Marriage Is Scary yang Viral di TikTok

Di sisi lain, tren media sosial acap kali berganti dari waktu ke waktu, dan "Marriage Is Scary" tengah mengambil alih FYP TikTok sejak beberapa waktu lalu.

Tren yang terjemahan secara harfiahnya berarti "Pernikahan Itu Menakutkan" tersebut mengungkap alasan sejumlah pengguna perempuan enggan mengikat diri dalam janji sehidup semati dengan pasangan.

Unggahan biasanya dimulai dengan "Marriage Is Scary," disambung, "What If (bagaimana jika)," sebelum membeberkan alasan pribadi seseorang takut menikah.

Ada yang khawatir pasangannya tidak bisa jadi pembela abadi di depan keluarga, sementara tidak sedikit pula yang takut punya suami dengan preferensi berbeda.

 Preferensi di sini kebanyakan terkait hal keseharian, seperti menganggap skincare dan makeup tidak penting, sampai tanggung jawab mengurus anak yang tidak seimbang.

"Denger dari sebelum-sebelumnya, cowok red flags keliatan setelah nikah karena sebelum nikah dia pinter nutup-nutupin," sebut seorang pengguna TikTok.

Sebagai tandingan, sebenarnya tidak sedikit pula warganet yang berbagi kesenangan setelah menikah.

"Menikah itu emang menakutkan, tapi kalo dijalanin sama orang yang tepat, pasti tetep bisa dilewatin. Penting buat skrining di awal dan ga buru-buru nikah karena umur atau tuntutan dari luar," menurut seorang TikToker.

Nyatanya, pernyataan takut menikah tidak semata jadi narasi media sosial yang terlupa dalam beberapa waktu. Isu tersebut telah diulas banyak publikasi dunia, terutama di negara-negara dengan tingkat kelahiran bayi yang menurun, karena kian sedikit orang memutuskan menikah, seperti China, Jepang, dan Korea Selatan.

3 dari 6 halaman

Anak Muda Enggan Menikah

Tahun lalu, New York Times menerbitkan artikel yang mengulas alasan anak-anak muda di China enggan menikah. Melansir situs webnya, Rabu (14/8/2024), disebutkan bahwa tiga tahun terakhir merupakan "waktu yang brutal" bagi kalangan dewasa muda di Tiongkok.

"Angka pengangguran melonjak di tengah gelombang PHK perusahaan. Pembatasan ketat akibat virus corona telah berakhir, tapi tidak dengan rasa ketidakpastian tentang masa depan yang ditimbulkan. Bagi banyak orang, kekacauan baru-baru ini jadi alasan lain untuk menunda keputusan penting dalam hidup (menikah), yang berkontribusi pada rekor terendah angka pernikahan dan mempersulit upaya pemerintah mencegah krisis demografi," tulis outlet tersebut.

Melihat meningkatnya PHK, Grace Zhang, seorang pekerja teknologi yang telah lama bersikap ambivalen tentang pernikahan,  bertanya-tanya apakah pekerjaannya cukup aman untuk menghidupi keluarga di masa depan. Ia punya pacar, tapi tidak berencana menikah, meski ayahnya sering menasihatinya bahwa sudah waktunya untuk ia berumah tangga.

"Ketidakstabilan seperti ini dalam hidup akan membuat orang semakin takut membuat perubahan besar dalam hidupnya," katanya.

4 dari 6 halaman

Jumlah Pernikahan Turun dari Tahun ke Tahun

Jumlah pernikahan di China menurun selama sembilan tahun berturut-turut, turun hingga setengahnya dalam waktu kurang dari satu dekade. Pada 2022, sekitar 6,8 juta pasangan mendaftarkan diri untuk menikah, jumlah terendah sejak pencatatan dimulai pada 1986, turun dari 13,5 juta pada 2013, menurut data pemerintah China yang dirilis Juni 2023.

Meski jumlahnya telah meningkat pada 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, lebih banyak pernikahan yang berakhir juga. Pada kuartal pertama tahun lalu, 40 ribu pasangan lebih banyak menikah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, sementara perceraian meningkat sebesar 127 ribu.

Tendensi serupa telah dikabarkan dari Jepang selama bertahun-tahun. Menurut survei oleh Recruit pada September 2023, persentase warga Jepang berusia 20 hingga 49 tahun yang belum menikah, namun "saat ini menjalin hubungan" adalah 29,7 persen, lapor Nippon.

Sebaliknya, responden yang belum pernah menjalin hubungan mencapai 34,1 persen, angka tertinggi sejak survei ini dimulai. Persentase mereka yang "ingin menikah (pada suatu saat)," masing-masing adalah 49,3 persen untuk perempuan dan pria 43,5 persen.

Alasan paling umum yang dikemukakan 40,5 persen wanita mengenai alasan mereka tidak ingin menikah adalah hal itu "membatasi aktivitas dan gaya hidup saya." Sementara, alasan utama yang dikemukakan 42,5 persen pria adalah "kehilangan kebebasan finansial."

5 dari 6 halaman

Bagaimana dengan Indonesia?

Dari dalam negeri, angka pernikahan mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, hal ini dipicu adanya perubahan persepsi tentang menikah.

"Dulu pernikahan setahun 2 juta lebih, sekarang meski jumlah usia nikahnya masih cukup besar, tapi hanya sekitar 1,5 sampai 1,7 juta," kata dokter Hasto dalam saat menyambangi Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Rabu, 26 Juni 2024, rangkum kanal Health Liputan6.com.

Ia memaparkan, tujuan pernikahan di Indonesia mayoritas untuk prokreasi, yang artinya mendapatkan keturunan. "Ada juga yang rekreasi, supaya hubungan suami-istri sah. Ada yang security, yaitu supaya bisa mendapat perlindungan,” paparnya.

Saat ini, menurut dia, terdapat perubahan persepsi tentang pernikahan. Pernikahan kini dianggap sebagai tradisi yang tidak harus dilakukan. Ada beberapa penelitian menemukan bahwa keinginan menikah mengalami penurunan sehingga Total Fertility Rate (TFR) ada di angka 2,18.

Hasto turut menghimbau remaja agar jangan menikah terlalu muda. Pasalnya, ada berbagai potensi masalah yang dapat terjadi pada kehamilan usia dini.

6 dari 6 halaman

Infografis Larangan Aplikasi TikTok di 10 Negara Plus Uni Eropa. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini