Sukses

Mundur dari Dirjen IKP, Usman Kansong Berharap Kominfo Segera Cari Pengganti

Usman Kansong mengaku tak tahu siapa yang nantinya akan ditunjuk sebagai pengganti dirinya menjabat sebagai Dirjen IKP Kominfo.

Liputan6.com, Jakarta - Usman Kansong mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Rabu (14/8/2024). 

Sampai saat ini belum ada informasi tentang penggantinya sebagai Dirjen IKP Kominfo. Namun Usman berharap agar pemerintah secepatnya mengumumkan pengganti dirinya. Usman mengaku tak tahu siapa yang nantinya akan ditunjuk sebagai pengganti dirinya menjabat sebagai Dirjen IKP Kominfo. 

"Kalau saya secara pribadi berharap (pengganti ditunjuk) lebih cepat, karena kami memiliki banyak pekerjaan ya. Tapi kan pengganti urusan yang lain bukan urusan saya. Saya sebagai mantan, penginnya cepat, karena ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan agar segera selesai," kata Usman dalam pernyataan persnya di Kantor Kominfo Jakarta. 

Usman Kansong berharap pemerintah segera memilih pengganti dirinya dalam waktu dekat. Hal ini mengingat banyaknya pekerjaan di sektor kehumasan pemerintah yang perlu digaungkan ke publik. 

Usman juga meminta maaf karena dirinya mengundurkan diri di tengah pekerjaan komunikasi publik yang masih berlangsung. Misalnya, di tengah Peringatan HUT RI di IKN dan Jakarta, dan yang akan datang antara lain High Level Forum Indonesia, Afrika Forum, kemudian kedatangan Paus Franciscus, PON Medan dan Aceh, Pilkada 2024, dan lain-lainnya. 

"Semoga dalam waktu dekat akan ada pejabat baru definitif yang akan menyelesaikan semua pekerjaan itu bersama-sama Ibu Bapak Direktur dan SES Ditjen IKP dalam waktu 2,5 bulan ke depan," tuturnya. 

Ia meyakini, nantinya pejabat baru yang terpilih dapat menyelesaikan dengan baik seluruh pekerjaan tersebut. Apalagi dirinya dan pejabat lain di lingkungan Kominfo telah meletakkan dasar-dasarnya sebelumnya. 

Usman Kansong sendiri menyebut setelah mengundurkan diri sebagai Dirjen IKP ia akan kembali ke dunia jurnalistik yang telah membesarkan namanya. Tak hanya itu, Usman juga mengaku akan menerbitkan buku yang kini sedang dalam proses pencetakan. Lalu ia juga akan mengeluarkan novel fiksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usman Kansong Bantah Mundur dari Dirjen IKP Kominfo karena Tekanan

Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya setelah tiga tahun bertugas. Usman menyebut alasan pengunduran dirinya karena telah tiga tahun menjabat sebagai Dirjen IKP.

Menurutnya, organisasi membutuhkan penyegaran. Selain itu, Usman Kansong juga menyebut kalau tugas pengabdian kepada Indonesia bisa tetap dilakukannya meski tanpa jabatan di pemerintahan.

Usman juga membantah isu yang berkembang bahwa pengunduran dirinya karena adanya tekanan dan intervensi dari pihak lain.

"Tidak ada tekanan dari luar, ini keinginan saya sendiri dan saya sudah membicarakan dengan Bu Sekjen Kominfo (Mira Tayyiba) dan Pak Wamenkominfo (Nezar Patria), juga sebelumnya juga dengan Pak Menteri (Menkominfo Budi Arie Setiadi)," kata Usman Kansong, di Kantor Kominfo Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Usman menyebut, pengunduran dirinya sebagai Dirjen IKP karena alasan pribadi yang tak bisa dijelaskan kepada publik. "Ini ada hal yang sifatnya privat dari dalam diri saya sendiri," katanya.

Usman mengatakan, usulan pengunduran dirinya dari jabatan Dirjen IKP Kominfo sudah diungkapkan ke Menkominfo Budi Arie Setiadi sejak minggu lalu.

Adapun surat pengunduran dirinya ia berikan ke Menkominfo pada 13 Agustus 2024 atau sehari sebelum pengumuman pengunduran diri dari jabatan di Kementerian Kominfo.

"Ya tentu saya mengajukan surat pengunduran diri, dan Pak Menteri membacanya.'Kalau itu sudah maunya Pak Usman mau gimana lagi' dan kemudian menyetujui untuk saya mengundurkan diri," kata Usman Kansong. 

3 dari 4 halaman

Usman Kansong Mundur jadi Dirjen IKP Kominfo, Ini Alasannya

Dirjen IKP (Direktur Jenderal Informasi dan Keterbukaan Publik) Kementerian Kominfo Usman Kansong memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya. Usman mundur tiga tahun setelah menjabat sebagai Dirjen IKP Kominfo.

Dalam konferensi pers Rabu (14/8/2024), Usman Kansong menyebut dirinya sudah dilantik sejak 10 Agustus 2021. Usman menyebut, alasan mundur dirinya karena sudah tiga tahun lamanya mengampu jabatan sebagai Dirjen IKP di Kominfo dan memerlukan penyegaran diri.

Meski menganggap kalau waktu 3 tahun tak cukup untuk mengabdi kepada Indonesia, dalam pengunduran dirinya Usman berkata, pengabdian kepada Indonesia bisa dilakukan dari mana saja, tanpa mengampu jabatan di pemerintahan.

“Saya dilantik sebagai Irjen IKP Kominfo pada tanggal 10 Agustus 2021. Jadi hari ini, tepat 3 tahun 4 hari saya melaksanakan kerja-kerja komunikasi publik. Mengabdi dan mencintai Indonesia itu bisa dari mana saja. Oleh karena itu, saya mundurkan diri dari posisi Irjen IKP Kominfo per 13 Agustus 2024,” kata Usman dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut Usman Kansong mengatakan, dirinya akan tetap melaksanakan kerja-kerja komunikasi publik dari luar pemerintahan.

Bicara soal pengunduran dirinya, Usman menyebut, di dalam organisasi perlu ada penyegaran.

4 dari 4 halaman

Infografis 34 Juta Data Paspor Indonesia Diduga Bocor, Ini Respons Kominfo dan Imigrasi. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.