Sukses

Indosat Gandeng Microsoft untuk Tingkatkan Produktivitas Lewat Kecerdasan Buatan

Indosat Ooredoo Hutchison dan Microsoft bekerja sama memanfaatkan AI generatif pada Copilot for Microsoft 365 untuk mendukung karyawan Indosat lebih produktif sehingga bisa meningkatkan konektivitas lebih maksimal ke seluruh negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk bertransformasi dari perusahaan telko menjadi AI Native TechCo, dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan atau AI.

Indosat berupaya memanfaatkan AI di seluruh operasional. Bila sebelumnya AI dipakai untuk meningkatkan layanan jaringan ke pelanggan, kini lewat kemitraan dengan Microsoft, Indosat memakai Copilot for Microsoft 365 untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat di seluruh Indonesia.

Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison Sanjeev Rawat menyebut, Indosat bermitra dengan Microsoft tak hanya untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke strategi perusahaan, tetapi juga membudayakan inovasi.

"Kami memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu melalui solusi yang diperkaya oleh kecerdasan buatan dan memastikan teknologi dapat memberi dampak positif bagi masyarakat," kata Sanjeev.

Adapun pendekatan Indosat ini sejalan dengan studi Microsoft, di mana 92 persen profesional Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja.

92 persen pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing. Tingginya angka adopsi ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan AI di berbagai lapisan tenaga kerja.

Sanjeev mengungkap, sebagai tim yang terlibat dalam teknologi dan operasi digital, pihaknya kerap terjebak dalam aspek teknis sehingga hanya sisa sedikit waktu untuk tugas rutin. Misalnya untuk membuat dokumen dan manajemen konten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Produktivitas

"Copilot for Microsoft 365 menjadi mitra kami, seolah memiliki asisten cerdas, tool ini menyederhanakan tugas kami," katanya.

Selain meningkatkan produktivitas, AI juga memungkinkan tenaga kerja untuk fokus pada hal strategis untuk pelayanan pelanggan.

"Dengan pengelolaan sumber daya efisien, Indosat bisa meningkatkan kualitas layanan terhadap lebih dari 100 juta pelanggan sembari mendorong pertumbuhan perusahaan," katanya.

Adapun Copilot for Microsoft 360 diklaim mampu menyederhanakan berbagai pekerjaan. Misalnya untuk seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi.

 

3 dari 3 halaman

Berbagai Divisi di Indosat Mulai Kerja dengan AI

Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan.

Dalam transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft dalam memanfaatkan Copilot untuk meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, mengatakan, Integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan, tetapi juga menciptakan dampak yang luas di luar Indosat.

"Kekuatan teknologi bisa mendorong dampak sosial dalam hal ini mendorong konektivitas digital ke seluruh Indonesia," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.