Sukses

Realme Bakal Pasang Fast Charging 320 W di Smartphone Ini

Realme memamerkan teknologi pengisian daya cepat smartphone di dunia melalui 320W Supersonic Charge saat 828 Fan Festival.

Liputan6.com, Jakarta - Realme resmi memperkenalkan teknologi pengisian daya cepat terbarunya pada acara 828 Fan Festival yang digelar di Shenzhen, Tiongkok, 14 Agustus 2024.

Pada 828 Fan Festival, Realme memamerkan teknologi fast charging smartphone 320W Supersonic Charge di Realme Headquarter, Shenzhen. Media hingga Realme Fans turut menghadiri event tersebut. 

Vice President and CMO Realme Chase Xu mendemokan langsung teknologi pengisian daya cepat Super Flash Charge 320 W. 

Pada demo tersebut, kemampuan Super Flash Charge 320W mampu mengisi daya smartphone hingga 100 persen hanya dalam waktu sekitar 4 menit 22 detik.

Kehadiran teknologi ini pun kian mengukuhkan komitmen Realme agar pengguna tak perlu mengisi daya smartphone mereka dalam waktu lama.  

Vice President and CMO Realme Chase Xu membeberkan smartphone Realme mana yang akan kebagian teknologi pengisian daya super cepat 320W ini. Chase Xu menyebut, Realme GT Series akan mengusung teknologi pengisian daya cepat ini.

Meski begitu, kini pihak Realme masih terus mengembangkan teknologi pengisian daya cepat untuk menekan biaya dan mengoptimalkan keamanan.

"Kami masih hadapi sejumlah isu yang masih terus dikerjakan terutama mengenai biaya, perlu menekan biaya ke depan dan kapasitas baterai,” ujar Chase saat wawancara bersama media, ditulis Kamis (15/8/2024).

Lalu kapan Realme akan menerapkan teknologi 320W Supersonic Charge tersebut? Chase menuturkan, penerapan teknologi Super Flash Charge 320 W ini dilakukan pada 2025.

"Kemungkinan tidak tahun ini. Tahun depan, tim R&D kami masih terus mengembangkan dan merencanakannya,” tutur dia.

Selain itu, Chase menegaskan, pihaknya sedang mengoptimalkan keseimbangan antara kecepatan dan kapasitas baterai. Pasalnya untuk mendapatkan dua hal tersebut, perlu upaya yang begitu kompleks. Chase mengatakan, pihaknya berupaya seimbangkan dua hal itu.

"Kami mengembangkan kapasitas baterai lebih besar dan tipis. Di sisi lain, isi daya lebih cepat tetapi juga lebih aman. Kami berupaya seimbangkan itu dengan apa yang pengguna butuhkan,” ujar Chase.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Strategi AI

Chase melihat, kebiasaan dan kebutuhan pengguna di setiap negara juga berbeda-beda. Ia mencontohkan, salah satunya di Indonesia, pengguna membutuhkan pengisian daya lebih cepat terutama bagi mereka yang suka bermain game. Hal itu juga menjadi pertimbangan Realme untuk fokus mengembangkan hal itu.

"Kami menemukan pengguna di Indonesia butuh pengisian daya cepat setelah kerja karena mereka suka bermain game. Jadi mereka mengisi baterai HP dulu kemudian bermain game. Kami fokus pada bagian itu,” tutur dia.

Penerapan AI di Smartphone

Selain itu, Chase juga menyampaikan pandangannya mengenai penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di smartphone. Ia menuturkan, pengembangan AI sangat penting bagi Realme dan juga produsen smartphone lainnya. Pihaknya terus mengembangkan fitur AI terutama yang dibutuhkan pengguna.

“Ke depan kami akan membawa lebih banyak kejutan terkait AI untuk model Realme number series dan GT. Kami fokus AI pada empat aspek pada imaging (pencitraan-red), personalisasi, gaming dan efisiensi,” ujar dia.

Senior Product Marketing Specialist Clutch Wu juga menegaskan, strategi AI ke depan pada area imaging, personalisasi, efisensi dan gaming. Dengan strategi AI itu, Clutch menuturkan, pihaknya ingin membawa fitur AI lebih mudah diakses.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Teknologi

Mengutip keterangan resmi Realme, tidak hanya menghadirkan pengisian daya dengan kecepatan tertinggi di industri, realme juga melengkapi inovasi ini dengan menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna.

Melalui riset dan pengembangan yang dikembangkan selama dua tahun ke belakang, realme menjawab tantangan di industri dengan menciptakan keseimbangan antara kecepatan pengisian daya yang tinggi, ukuran baterai smartphone yang ringkas, dan jaminan keamanan yang teruji melalui rangkaian teknologi berikut:

Inovasi Baterai Lipat Pertama di Dunia

Selain menghadirkan pengisian daya dengan kecepatan tertinggi di industri, Realme juga melengkapi inovasi ini dengan menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna.

Melalui riset dan pengembangan yang dikembangkan selama dua tahun ke belakang, Realme menjawab tantangan di industri dengan menciptakan keseimbangan antara kecepatan pengisian daya yang tinggi. 

Salah satunya dilakukan Realme dengan memperkenalkan kehadiran baterai lipat yang memiliki kapasitas hingga 4420mAh.

Mengambil inspirasi dari smartphone lipat, baterai dengan empat sel ini dipadukan dengan empat sel individu yang dapat diisi daya secara bersamaan.

Setiap sel memiliki ketebalan kurang dari 3 mm, tapi memberikan peningkatan kapasitas sebesar 10 persen dibandingkan baterai tradisional. Baterai ini juga menjadi baterai smartphone quad-cell pertama di dunia.

Dengan desain itu, kecepatan pengisian lebih tinggi sembari tetap mempertahankan bentuk ramping pada sebuah smartphone, menghadirkan perpaduan terbaik antara performa baterai yang mengesankan dengan desain smartphone yang stylish.

 

4 dari 4 halaman

Keamanan Terbaik dengan Transformator Tegangan AirGap

Menjawab kekhawatiran pengguna akan pengisian daya berdaya tinggi, Realme juga memperkenalkan Transformator Tegangan AirGap pertama di industri untuk memberikan keamanan dan kenyamanan lebih.

Teknologi inovatif ini menghadirkan konversi elektromagnetik bebas kontak yang canggih pada smartphone.

Dalam skenario malfungsi yang serius seperti kerusakan sirkuit, teknologi ini memastikan tegangan tinggi tetap terisolasi dari baterai. Jadi, menciptakan sistem pengisian daya yang hampir bebas risiko.

Didukung serangkaian inovasi yang dipatenkan, transformator ini memiliki ukuran sangat ringkas dan mampu mengurangi tegangan menjadi hanya 20V untuk melindungi baterai. 

Tidak hanya itu, transformator ini mampu mempertahankan efisiensi konversi dan manajemen termal yang tinggi, sehingga memungkinkan 320W Supersonic Charge mencapai efisiensi daya yang mengesankan sekitar 98 persen.

Kepadatan Daya Maksimum dan Dukung Banyak Perangkat

Pengisian daya 320W Supersonic Charge yang juga dijuluki sebagai Pocket Cannon ini menawarkan kepadatan daya tinggi sebesar 3,3W per sentimeter kubik.

Hal ini melampaui pengisian daya 240W yang ditetapkan oleh Realme sebelumnya. Namun, tetap mempertahankan ukuran yang serupa.

Pengisian daya ini juga mendukung sebagian besar protokol pengisian daya canggih, termasuk UFCS (hingga 320W), PD, dan SUPERVOOC. Dengan demikian, menawarkan kompatibilitas untuk banyak perangkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini