Sukses

Google Turut Rayakan HUT RI ke-79 dengan Parade di Google Doodle

Google ikut merayakan Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke-79 dengan Google Doodle yang menggambarkan parade budaya Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tengah memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 tahun. Google pun turut memeriahkan HUT RI 2024 dengan Google Doodle.

Ketika pengguna membuka laman muka pencarian Google pada Sabtu (17/8/2024), akan langsung muncul animasi lucu berwarna warni yang membentuk tulisan Google, lengkap dengan bendera Indonesia di animasi tersebut.

Rupanya, animasi itu menggambarkan parade dengan berbagai pakaian adat dan aksesoris yang kaya akan unsur budaya Indonesia.

Google Doodle yang merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia atau HUT RI ke-79 ini diilustrasikan oleh seniman tamu asal Bali, Monez.

Ilustrasi tersebut bertujuan untuk menghormati kekayaan warisan budaya bangsa dan visinya untuk masa depan yang cerah dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Baru.

Mengutip keterangan di Google Doodle itu, Monez menangkap esensi era baru bagi Indonesia, menyoroti perjalanan bangsa yang sedang berlangsung menuju persatuan, kemajuan, dan pembangunan.

Lebih lanjut, disebutkan pula kalau Doodle tersebut terinspirasi dari lanskap budaya Indonesia yang kaya, memadukan unsur-unsur dari seluruh nusantara. Mulai dari pola batik yang rumit, gerakan tari tradisional yang anggun, dan nuansa parade.

Monez menggunakan warna-warna cerah dan detail dalam Doodle HUT RI itu, untuk mencerminkan perjalanan Indonesia, dan mewujudkan semangat kemerdekaan dan dorongan pantang menyerah menuju masa depan yang sejahtera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Link Twibbon HUT RI ke-79

Untuk memeriahkan HUT RI biasanya masyarakat menggelar upacara bendera tepat pada 17 Agustus dan berbagai perlombaan menarik khas Kemerdekaan RI. 

Namun, tidak lengkap rasanya jika tak mempersiapkan ucapan HUT ke-79 RI untuk dibagikan ke media sosial. Untuk itu, Anda bisa memeriahkan momen Kemerdekaan RI 2023 dengan menggunakan Twibbon atau bingkai menggunakan tema tertentu untuk foto profil media sosial maupun aplikasi chatting.

Berikut link twibbon HUT ke-79 RI 2024 untuk semarakkan 17 Agustus 2024 dan cara mudah untuk mengaplikasikannya.

Link Twibbon HUT ke-79 RI:

1. https://www.twibbonize.com/17agustuss2024

2. https://www.twibbonize.com/17-agustus-2024-hutri79

3. https://www.twibbonize.com/79thnindonesia

4. https://www.twibbonize.com/hutrike792024m

5. https://www.twibbonize.com/hutri79ila2

6. https://www.twibbonize.com/hutri79tahun2024

7. https://www.twibbonize.com/pgrihutke79ri

8. https://www.twibbonize.com/hut79bersamapegadaian

9. https://www.twibbonize.com/gphutri79

10. https://www.twibbonize.com/hutrepublikindonesia79

3 dari 4 halaman

Telkomsel Gelar 5G untuk Dukung Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Sementara itu, Telkomsel menghadirkan jaringan terkini 5G dengan teknologi 5G Standalone pertama di Indonesia. Kehadiran 5G Standalone pertama di Indonesia ini digulirkan di Ibu Kota Nusantara, Bali, dan Maluku Utara.

Mengutip keterangan Telkomsel, Jumat (16/8/2024), adapun pemanfaatan dalam mendukung transformasi digital lintas sektor industri. Mulai dari 5G Live Broadcast, Fixed Wireless Access, dan Smart Glasses untuk meliput rangkaian upacara kemerdekaan RI di IKN.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan konektivitas 5G untuk IKN Smart City Command Center, Wearable Glasses Camera di Rumah Teknologi Nusantara IKN, solusi pelabuhan pintar di Benoa Bali, hingga 5G Smart Helmet di Maluku Utara.

Dalam menghadirkan jaringan 5G mandiri atau 5G Standalone pertama di Indonesia, Telkomsel berkolaborasi sejumlah mitra. Mulai dari Ericsson, Huawei, hingga ZTE.

 

4 dari 4 halaman

Tentang 5G Standalone

5G SA merupakan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang beroperasi mandiri tanpa bergantung pada jaringan 4G yang ada.

Adopsi 5G Standalone memungkinkan koneksi internet yang jauh lebih cepat, stabil, dan memiliki latensi sangat rendah.

Dengan penerapan teknologi ini, Telkomsel bisa membagi jaringan 5G menjadi beberapa lapisan yang dioptimalkan untuk berbagai kebutuhan. Selain itu juga memungkinkan pengiriman layanan dengan kualitas tertentu, misalnya latensi rendah atau bandwidth tinggi, sesuai kebutuhan.

Penerapan Teknologi 5G Standalone

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyebut, "Telkomsel berharap perluasan jaringan 5G dan pemanfaatan 5G SA dapat menjadi katalisator inovasi dan transformasi digital di Indonesia."

Perusahaan pun memiliki komitmen terus berinovasi dan menghadirkan layanan telekomunikasi berkualitas.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.