Sukses

Hadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Veddriq Leonardo dan Rizky Juniansyah Bikin Warganet Salfok

Dua atlet peraih medali emas Olimpiade 2024 Paris, Veddriq Leonardo dan Rizky Juniansyah menghadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Kedua atlet ini pun langsung menjadi sorotan netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Dua atlet peraih medali emas Olimpiade 2024 Paris, yakni Veddriq Leonardo dari cabor panjat tebing speed dan Rizky Juniansyah dari cabor angkat besi, turut menghadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

Keduanya tampak duduk bersebelahan mengenakan seragam kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

Veddriq Leonardo dan Rizky Juniansyah tampak tersorot kamera ketika keduanya sedang berbincang. Sadar menjadi sorotan kamera, Rizky Juniansyah lalu mengeluarkan medali emas yang ia peroleh dari pertandingan angkat besi nomor 73kg yang ia ikuti.

Ia pun tampak memamerkan medali emas tersebut ke arah kamera. Kedua atlet ini lalu tersenyum ke kamera.

Rupanya, kedua atlet peraih medali emas di Olimpiade 2024 ini lalu menjadi sorotan netizen di media sosial.

Bahkan, warganet yang menyaksikan live streaming upacara HUT RI ke-79 mengaku langsung men-screenshot momen ketika atlet yang dihadiahi masing-masing Rp 6 miliar oleh Presiden Jokowi ini tersorot kamera.

Pengguna X alias Twitter dengan akun @hanabots bahkan mencuitkan hasil foto Veddriq Leonardo dan Rizky Juniansyah yang ia screenshot tersebut.

"Our gold medalists lookin so fine and cool in Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79," kicau netizen tersebut sembari menunjukkan empat foto hasil screenshot dari live streaming.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Veddriq Leonardo dan Rizky Juniansyah Dipuji Ganteng

Unggahan itu pun mendapatkan banyak komentar dari warganet. Kebanyakan dari mereka senang karena atlet asal Pontianak dan Banten itu mendapat sorotan.

"Ganteng kaliii," kata seorang warganet.

"Tampan dan rupawan," kicau netizen lainnya memberi pujian.

"Aduduuu gold nyaa dan senyumnya," kata warganet lainnya.

"Brighter smiles from our heroes," tulis netizen yang lainnya.

Ada pula warganet lainnya yang menyebut kedua atlet inilah yang membuat peringkat Indonesia di Olimpiade 2024 melesat dari posisi ke-70 menjadi 39.

"Berkat mereka, peringkat Indonesia di Olimpik melesat dari 70-an ke 39," kata seorang warganet.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Hadiahi Rp 6 Miliar untuk Peraih Medali Emas Olimpiade 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para atlet peraih medali serta atlet yang berlaga pada Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/8/2024). Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet dan pelatih sebagai apresiasi atas prestasi yang diraih.

Indonesia sendiri berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu perunggu di ajang Olimpiade Paris 2024. Untuk peraih medali emas, Jokowi memberikan bonus sebesar Rp6 miliar kepada masing-masing atlet, sedangkan peraih medali perunggu mendapat Rp1,65 miliar.

"Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang membanggakan ini, pemerintah telah menyiapkan bonus sebesar Rp6 miliar untuk meraih medali emas. Rp1,65 miliar untuk peraih medali perunggu," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Selain itu, dia memberikan bonus sebesar Rp2,750 miliar untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas. Sementara untuk pelatih yang atletnya meraih medali perunggu, mendapatkan bonus Rp675 juta.

 

4 dari 4 halaman

Atlet yang Berlaga di Olimpiade Dapat Bonus Rp 250 Juta

Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024, meski tidak membawa pulang medali. Masing-masing atlet akan mendapatkan bonus senilai Rp250 juta.

"Rp250 juta untuk atlet yang tidak mendapatkan medali sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah," ujar Jokowi.

Dia meminta para atlet dan pelatih memanfaatkan bonus tersebut dengan sebaik mungkin. Jokowi juga berharap para atlet dan pelatih semakin termotivasi untuk mengharumkan nama Indonesia di event dunia.

"Bonus ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi, meningkatkan prestasi, dan kemudian kembali mengharumkan nama bangsa dan negara di gelanggang dunia," pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, medali emas diraih oleh Veddriq Leonardo di cabang panjat tebing nomor Speed putra dan Rizky Juniansyah di cabang angkat besi nomor 73 kilogram. Sementara itu, medali perunggu diraih Gregoria Mariska Tunjung di cabang olahraga bulutangkis tunggal putri.

Jokowi lalu menghampiri para atlet dan menyerahkan bonus kepada para atlet peraih medali, pelatih, dan perwakilan atlet Olimpiade. Kemudian, mereka melakukan sesi foto bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.