Sukses

Threads Hadirkan Fitur Baru, Kreator Kini Bisa Jadwalkan Unggahan

Threads kian mempermudah para kreatornya dengan sejumlah fitur baru seperti yang siap digulirkan.

Liputan6.com, Jakarta - Threads terus meningkatkan aplikasinya dengan melakukan sejumlah pembaruan. Kali ini, Meta memperkenalkan sejumlah fitur baru yang sangat berguna bagi kretaor dan bisnis.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (21/08/2024), update terbesar ini fokus pada Threads versi web. 

Dengan update ini, pengguna Threads bisa menyimpan draf unggahan, menjadwalkan unggahan, serta melihat wawasan lebih mendalam tentang kinerja konten yang diunggah. 

Melalui fitur Threads yang menampilkan wawasan baru, pengguna bisa terbantu karena dapat memahami audiens dengan lebih baik.

Nantinya, pengguna dapat melihat metrik sejumlah informasi, seperti jumlah views, reply, repost, termasuk quote di tiap unggahan.

Tidak hanya itu, pengguna aplikasi Threads juga bisa melihat perkembangan jumlah follower serta demografi mereka. Beberapa info yang ditampilkan meliputi usia, jenis kelamin, dan lokasi. 

Sementara untuk fitur penyimpanan draf, pengguna Threads bisa menyimpan hingga 100 draf unggahan yang bisa dipublikasikan kapan saja. 

Fitur ini juga membantu para kreator melakukan perencanaan konten. Jadi, pengguna dimungkinkan membuat dan menjadwalkan unggahan untuk mempermudah perencanaan konten di aplikasi milik Meta tersebut. 

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menjadwalkan unggahan untuk diterbitkan di tanggal dan waktu tertentu, bahkan beberapa hari sebelumnya. 

Dilaporkan, fitur-fitur ini sudah tersedia untuk Threads versi web. Sementara untuk pengguna di perangkat mobile, Meta disebut berencana untuk menghadirkannya dalam waktu dekat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meta Ungkap Aplikasi Threads Sentuh 200 Juta Pengguna

Sebelumnya, Meta mengumumkan capaian baru untuk jumlah pengguna Threads mencapailebih dari 200 juta pengguna aktif.

Mengutip informasi dari Engadget, Senin (8/5/2024), pengumuman ini disampaikan langsung oleh bos Instagram, Adam Mosseri, melalui akun Threads-nya. Capaian ini terbilang cepat, mengingat platform ini baru diluncurkan beberapa bulan lalu.

Jumlah ini pun terbilang tidak terlalu jauh dari pengumuman yang dilakukan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada awal Juli 2024. Ketika itu, ia mengungkap kalau jumlah pengguna aplkasi ini sudah mencapai 175 juta.

Meski masih jauh dari aplikasi Meta lainnya, pertumbuhan aplikasi Threads terbilang pesat. Untuk perbandingan, capaian 175 juta pengguna itu sekaligus menandai satu tahun platform tersebut.

3 dari 3 halaman

Target 1 Miliar Pengguna

Dalam beberapa kesempatan, Mark Zuckerberg pun menyebut kalau Threads akan menjadi aplikasi dengan 1 miliar pengguna dari Meta selanjutnya.

"Kami telah membangun perusahaan ini selama 20 tahun, dan tidak banyak peluang muncul untuk mengembangkan aplikasi yang mampu menampung miliaran orang," tutur Mark.

Jumlah pengguna sendiri disebut masih menjadi fokus bagi Meta saat ini. Sebab, aplikasi ini hingga sekarang belum memiliki iklan atau model bisnis.

Selain itu, Threads juga masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk menentukan posisi di tengah persaingan ketat dengan platform serupa, serta kecepatan algoritma dalam menampilkan konten terkini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini