Sukses

WhatsApp bakal Rilis Username dan PIN untuk Tambah Privasi Pengguna

WhatsApp akan segera memperkenalkan fitur username unik dan PIN empat digit untuk meningkatkan privasi pengguna, yang memungkinkan mereka berbagi informasi kontak tanpa mengungkapkan nomor telepon.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp bakal memperkenalkan sejumlah fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan privasi pengguna dan pengalaman berkirim pesan secara keseluruhan.

Salah satu fitur yang akan diperkenalkan adalah kehadiran username WhatsApp unik. Dikutip dari Gizchina, Rabu (21/8/2024), fitur ini akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk membagikan informasi kontak mereka tanpa perlu mengungkapkan nomor teleponnya.

Dengan begitu, penggunaan username secara otomatis akan menambah lapisan privasi signifikan di WhatsApp, karena orang tak perlu berbagi nomor telepon untuk bisa chat.

Pendekatan ini bertujuan untuk menyediakan cara yang lebih aman dan fleksibel bagi pengguna untuk terhubung dengan orang lain. Orang lain di sini bisa saja orang yang hanya sesekali me-WhatsApp yang tak membutuhkan nomor kontak kita.

Sekadar informasi, konsep penggunaan username di aplikasi WhatsApp sudah tak asing lagi bagi banyak pengguna. Pasalnya, platform seperti Telegram juga sudah menerapkan fitur ini.

Penggunaan username di Telegram memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa perlu membagikan nomor telepon mereka. Hal ini jadi opsi populer bagi orang-orang yang mengkhawatirkan tentang privasi.

Apalagi, kini nomor telepon merupakan identitas digital, termasuk untuk perbankan atau login ke layanan digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dengar Masukan Pengguna tentang Privasi

Oleh karena itu, keputusan WhatsApp menerapkan fitur serupa memperlihatkan, perusahaan tersebut mendengarkan masukan pengguna dan lebih memprioritaskan perlindungan informasi pribadi.

Sebenarnya, informasi kalau WhatsApp tengah menjajaki ide kehadiran username sudah muncul beberapa bulan lalu. Indikasi awal ini dikonfirmasi dengan dirilisnya WhatsApp Beta untuk Android versi 2.24.18.2.

WhatsApp saat ini sedang menguji username dalam update beta terbarunya. Hal ini berarti pengguna akan segera dapat memakai username sebagai pengganti nomor telepon.

Meski belum langsung tersedia untuk semua orang, hal ini jadi langkah besar WhatsApp menuju privasi yang lebih baik bagi para pengguna WhatsApp.

3 dari 4 halaman

Username Unik, Satu untuk Tiap Pengguna

Cara kerjanya, ketika sudah diterapkan, fitur username memungkinkan pengguna membuat username yang hanya satu untuk tiap pengguna untuk ditautkan ke akun WhatsApp.

Username ini bisa dibagikan ke orang lain sebagai cara memulai percakapan, jadi pengguna tak perlu bertukar nomor telepon.

Buat pengguna yang sudah menyimpan nomor telepon satu sama lain, nomor telepon tersebut akan tetap terlihat. Tetapi bagi kontak baru, username berfungsi sebagai cara utama untuk saling terhubung, sehingga pengguna punya kendali yang besar atas privasi mereka.

 

4 dari 4 halaman

WhatsApp Siapkan Fitur PIN untuk Privasi

Tak hanya username, WhatsApp juga tengah mengembangkan fitur yang akan menambahkan keamanan, yakni dukungan PIN.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengaitkan kode PIN empat digit dengan username mereka.

PIN diperlukan bagi siapa pun yang mencoba menghubungi si pengguna WhatsApp untuk pertama kalinya. Sementara, kontak yang kerap menghubungi di WhatsApp tak perlu memasukkan PIN.

Hal ini memastikan bahwa langkah keamanan tambahan tak menganggu percakapan yang sedang berlangsung, tetapi tetap memberikan pertahanan yang kuat terhadap pesan tak diinginkan seperti spam.

Fitur PIN baru WhatsApp dinilai merupakan perubahan penting yang bisa dipakai untuk memblokir pesan tidak diinginkan.

Dengan menambahkan lapisan keamanan ekstra ini, pengguna memiliki kontrol lebih besar atas siapa yang dapat menghubungi mereka. Ini membantu melindungi dari spam dan gangguan yang tidak diinginkan.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.