Sukses

iPhone 16 Pro Series Cetak Sejarah, Jadi iPhone Flagship Pertama yang Dibuat di India

iPhone 16 Pro Series jadi flagship pertama dari iPhone yang diproduksi di India. Apa alasan Apple memproduksi produk iPhone Pro mereka di India?

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 16 Pro Series akan mencetak sejarah bagi Apple. Pasalnya, iPhone 16 Pro Series akan jadi iPhone pertama yang diproduksi di India.

Ini akan menandai pertama kalinya seri iPhone Pro diproduksi di luar Tiongkok. Mengutip laporan Gizchina, Rabu (21/8/2024), Foxconn India akan mulai memproduksi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di fasilitas produksinya di India, hanya beberapa minggu setelah produk ini diluncurkan.

Keputusan Apple untuk mulai memperluas produksi di India merupakan bagian dari strateginya mendiversifikasi lokasi manufakturnya.

Perlu diketahui, Apple produksi iPhone di India selama tujuh tahun terakhir dan jumlah yang diproduksi di sana terus meningkat.

Pada awal tahun ini, manufaktur Foxconn India menyumbang 14 persen dari total produksi iPhone Apple.

Persentase iPhone yang diproduksi di India diperkirakan akan terus meningkat. Bahkan diperkirakan India bisa menyumbang seperempat (25 persen) dari total produksi iPhone global setidaknya tahun depan (2025).

 

Pergeseran lokasi produksi iPhone 16 Pro Series ini bukan hanya masalah geografis, melainkan merupakan rencana jangka panjang Apple mengurangi ketergantungannya pada satu basis manufaktur, dalam hal ini Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biar Tak Bergantung dengan Produksi di Satu Lokasi: Tiongkok

Pasalnya, gangguan rantai pasokan global (global supply chain) baru-baru ini menyoroti risiko pemusatan produksi di satu area. Dengan memperluas operasi di India, Apple bermaksud untuk menciptakan rantai pasokan yang lebih stabil dan tangguh.

Bukan hanya iPhone 16 Pro Series, Apple juga sempat dikabarkan akan memproduksi seri iPhone 17 secara ekslusif di India.

Jika ini benar terjadi, akan menjadi perubahan signifikan dalam strategi produksi Apple. Sekaligus juga memperlihatkan seberapa pentingnya India bagi operasi global perusahaan.

Perlu diketahui, Foxconn sebagai mitra produksi Apple memang telah memperluas kapasitas produksinya di India guna memenuhi kebutuhan Apple. Kolaborasi keduanya menggarisbawahi semakin besarnya peran India dalam industri manufaktur global.

3 dari 4 halaman

Misterius, iPhone 16 Pro bakal Usung Warna Desert Titanium

iPhone berhasil mencuri perhatian lagi dengan bocoran produk yang akan datang, iPhone 16 Pro, dengan warna unik. Warna baru ini digambarkan sebagai 'jenis emas gelap' yang memberikan kesan elegan dan misterius.

Disebut-sebut menggantikan warna "Blue Titan" dari iPhone 15 Pro, "Desert Titanium" akan melengkapi pilihan warna lain seperti White Titan, Black Titan, dan Natural Titan.

Bocoran ini berasal dari akun Majin Bu di X, yang dikenal dengan rekam jejaknya dalam membocorkan informasi seputar produk Apple.

Selain "Desert Titanium," ada juga informasi bahwa iPhone 16 Pro akan kembali menggunakan finishing yang dipoles, mirip dengan seri iPhone X hingga iPhone 14 Pro.

 

4 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro Warna Rose Gold Batal Hadir?

Mengutip laman 9to5mac, Selasa (20/8/2024), hal itu semakin diperkuat dengan tampilan cincin lensa kamera yang tampaknya mendukung prediksi tersebut.

Meski sebelumnya sempat beredar kabar bahwa iPhone 16 Pro akan hadir dengan varian warna "Rose Gold," namun bocoran terbaru menunjukkan bahwa warna perunggu seperti "Desert Titanium" ini lebih mungkin menjadi pilihan final.

Apakah ini berarti era "Rose Gold" akan berakhir? Mari kita lihat dalam beberapa waktu ke depan.

Bagi kamu yang penasaran, kita tunggu saja pengumuman resmi dari Apple bulan depan. Bagaimana pendapat kamu tentang pilihan warna baru ini? Apa kamu tertarik untuk membelinya? 

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.