Sukses

5 Fitur AI Samsung Galaxy Z Flip6 Paling Digandrungi Pengguna

Samsung Galaxy Z Flip6 hadir dengan 14 fitur AI terbaru. Lima fitur AI teratas yang paling digandrungi pengguna adalah Circle to Search, Photo Assist, Sketch to Image, Generative Edit, dan Portrait Studio.

Liputan6.com, Lampung - Bersama dengan peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6, Samsung turut menghadirkan 14 fitur AI terbaru. Beberapa di antaranya adalah Live Translate di aplikasi pihak ketiga, PDF Overlay, Listening Mode, hingga Voice Recording-Note Assist.

Tidak hanya itu, ada pula beberapa fitur Galaxy AI lain seperti Suggested Replies, Live Effect, Auto Zoom, Energy Score, AI Composer, Portrait Studio, Sketch to Image di Gallery, Sketch to Image di Samsung Notes, Smart Select to QR Code, serta Create Profile Card.

Dari deretan fitur AI terbaru itu, ternyata ada lima fitur favorit para pengguna, terutama di lini Galaxy Z Flip6. Hal itu diungkapkan oleh MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan.

"Jadi, lima fitur Galaxy AI teratas ada Circle to Search, Photo Assist, Sketch to Image, Generative Edit, dan Portrait Studio," tuturnya dalam event Unfold Your Story with Galaxy AI Trip di Lampung.

Menurutnya, data ini dikumpulkan dari pemakaian fitur Galaxy AI di Galaxy Z Flip6 sejak pertama kali meluncur di Indonesia hingga pertengahan Agustus 2024. Adapun data itu disebut berasal dari big data internal Samsung.

Berdasarkan data itu pula, Ilham menuturkan, Circle to Search merupakan fitur Galaxy AI yang menjadi favorit para pengguna HP Samsung, tidak hanya di Galaxy Z Flip6.

"Secara general, dari fitur Galaxy AI yang sudah kami luncurkan di semua device kami, itu Circle to Search selalu nomor satu. Cuma urutan kedua, ketiga, keempat, kelimanya yang berbeda-beda," tutur Ilham.

Ia menuturkan, hal ini tidak lepas dari target user atau segmen yang disasar tiap-tiap produk. Sebagai contoh, di Galaxy Z Flip6, salah satu fitur yang banyak dipakai pengguna adalah Portrait Studio.

"Itu karena memang kami lihat pengguna Galaxy Z Flip6 kebanyakan content creation. Makanya yang keluar adalah Portrait Studio, Generative Edit, kemudian Photo Assist," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Kembali Tunda Rilis One UI 7 Beta

Galaxy S23 Ultra One UI 6. (Sumber: SAMMOBILE)

Awalnya, One UI 7 direncanakan akan diluncurkan pertengahan musim panas, di mana program beta terus mengalami penundaan.

Dijadwalkan pembaruan ini bakal hadir pada akhir Juli 2024, kemudian dirumorkan akan rilis awal Agustus 2024, namun hingga minggu ketiga Agustus pun, versi betanya belum juga tersedia.

Menurut laporan terbaru dari 9to5Google yang dikutip dari SamMobile, Kamis (23/8/2024), One UI 7 Beta kini diperkirakan akan rilis pada September 2024.

Penundaan ini disebabkan oleh pengembangan versi stabil Samsung One UI 6 yang memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Android Police melaporkan banyak pengguna yang kecewa karena kemungkinan besar versi stabil Android 15 dari Googlle akan rilis sebelum Samsung meluncurkan beta pertama dari One UI 7.

Sementara itu, One UI 6.1.1 akan diperluas ke lebih banyak negara dan akan tersedia untuk beberapa perangkat Galaxy terbaru. 

3 dari 4 halaman

Versi Stabil Android 15 dari Google

Panel Quick Settings One UI 6 Samsung. (Sumber: Android Authority)

Beberapa perangkat seperti Galaxy S21, Galaxy Z Fold 3, dan Galaxy Z Flip 3 masih belum dipastikan apakah mendapat pembaruan ini atau tidak, meskipun ada harapan bahwa mereka akan menerima One UI 7 di kemudian hari.

Penundaan ini semakin menambha kekecewaan, terutama karena perubahan visual pada One UI 7 yang meminjam elemen dari IOS Apple, sehingga menimbulkan perdebatan di kalangan pengguna.

Dengan Android 15 yang diperkirakan segera keluar, kita berharap Samsung akan memberikan informasi lebih lanjut tentang rilis resmi One UI 7.

 

4 dari 4 halaman

Samsung Siap Rilis One UI 7 Versi Beta

One UI 5 (Dok. Samsung)

Sebelumnya, One UI 7 sendiri dikabarkan akan membawa perubahan besar. Beberapa rumor bahkan menyebut kalau Samsung akan merombak tampilan UI tersebut di versi terbaru ini.

Sejumlah laporan mengatakan perubahan akan dilakukan pada lock screen, panel notifikasi, hingga ikon aplikasi. Selain itu, perusahaan juga dikabarkan akan memberikan lebih banyak opsi kustomisasi untuk pengguna.

Meski belum diungkap, ada laporan yang menyebut kalau Samsung telah melakukan uji coba internal pada One UI anyar itu. Saat ini, perusahaan sendiri juga masih fokus pada One UI 6.1.1 yang mulai digulirkan ke beberapa perangkat.

Rumor mengenai kehadiran One UI 7 versi beta ini seakan menjawab rumor lain yang sempat mengungkap kalau Samsung akan menunda kehadiran One UI berbasis Android 15 tersebut.

Terlepas dari waktu peluncuran, deretan HP Samsung flagship tentu akan menjadi yang pertama bisa menjajal udpate ini. Baru kemudian, beberapa model lain akan merasakannya secara bertahap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.