Sukses

WhatsApp Business Makin Canggih, Ada Fitur Baru Bikin Bisnis Makin Laris

Dalam WhatsApp Business Summit, WhatsApp mengumumkan kehadiran tiga fitur baru bagi para bisnis untuk meningkatkan performa mereka.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja menggelar WhatsApp Business Summit kedua di Indonesia. Event ini disebut sekaligus meneguhkan posisi Indonesia sebagai pemimpin dalam tren perpesanan bisnis di dunia.

Acara ini dihadiri oleh pelaku UMKM, perusahaan besar, serta pengembang. Dalam WhatsApp Business Summit kali ini, WhatsApp menyorot soal pentingnya perpesanan dalam mendorong pertumbuhan bisnis di era digital.

"Mengingat 87 persen konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern," tutur Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydian dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (25/8/2024).

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, WhatsApp pun terus berinovasi dengan meluncurkan fitur baru untuk pengguna bisnis.

Fitur baru ini dirancang untuk membantu bisnis membangun kehadiran online yang kuat, meningkatkan kepercayaan pelanggan, serta meningkatkan efisiensi dalam melayani pelanggan.

Kali ini, ada tiga fitur baru yang diperkenalkan untuk para pengguna WhatsApp Business. Untuk mengetahui apa saja fitur baru tersebut, simak informasi lengkapnya berikut ini.

  • Verifikasi Meta

Fitur ini memungkinkan bisnis memverifikasi akun mereka dan mendapatkan lencana terverifikasi. Jadi, pelanggan lebih mudah mengenali akun bisnis yang resmi.

Verifikasi ini sekarang telah tersedia melalui aplikasi WhatsApp Business bagi UKM yang memenuhi syarat. Bisnis yang mendapatkan Meta Verified akan menerima dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-device untuk karyawan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Baru WhatsApp Business Lainnya

  • Panggilan dalam Chat

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pelanggan melakukan panggilan WhatsApp langsung ke bisnis. Namun, fitur ini memang masih sedang dalam tahap uji coba.

Fitur yang diaktifkan melalui WhatsApp Business Platform ini akan mempermudah pelanggan terhubung dengan bisnis secara lebih cepat dan nyaman. Rencananya, fitur ini akan menjangkau lebih banyak bisnis dalam waktu dekat.

  • Meta AI untuk WhatsApp Business

Fitur berbasis AI ini akan membantu bisnis meningkatkan kualitas layanan pelanggan, serta membuat iklan secara otomatis.

Untuk sekarang, fitur ini memang dalam tahap awal dan WhatsApp akan menyempurnakannya sebelum rilis ke banyak bisnis.

3 dari 3 halaman

90% Pelaku Bisnis di Indonesia Andalkan Layanan Chatting untuk Gaet Pelanggan

Untuk diketahui, WhatsApp kembali menggelar WhatsApp Business Summit di Indonesia. Event ini sekaligus kian mengukuhkan posisi Indonesia pemimpin dalam tren perpesanan bisnis di dunia.

Dalam event tersebut, Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydian menuturkan, perpesanan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Ia menuturkan, hampir 90 persen orang dewasa pengguna internet di Indonesia mengirimkan pesan ke bisnis setidaknya sekali minggu. Jumlah ini melampaui rata-rata global yakni 79,4 persen.

"Mengingat 87% konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern," tutur Pieter seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (24/8/2024).

Meta juga berkerja sama dengan Boston Consulting Group melakukan survei membahas pentingnya perpesanan dalam bisnis Indonesia. Survei ini melibatkan 400 bisnis dan 30 wawancara mendalam dengan bisnis dari berbagai industri.

Hasilnya, lebih dari 90 persen pelaku bisnis di Indonesia telah memanfaatkan layanan ini. Disebutkan, banyak pelaku bisnis telah mengintegrasikan perpesanan ke dalam seluruh proses bisnis mereka, mulai dari tahap pra-penjualan hingga layanan pelanggan.

Temuan ini menunjukkan kalau perpesanan tidak hanya sekadar alat komunikasi, tapi juga menjadi saluran utama bagi pelaku bisnis membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini