Sukses

XL Axiata Tambah 22 BTS 4G di Nusa Penida Bali

XL Axiata menambah sebanyak 22 BTS 4G di Nusa Penida Bali, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan layanan data yang trafiknya naik lebih dari 90 persen.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan mereka di seluruh Indonesia. Terbaru untuk area Bali, Nusa Penida, dan Nusa Lembongan yang terkenal sebagai kawasan wisata trafik di jaringan XL mengalami kenaikan trafik tinggi dari tahun ke tahun.

XL Axiata pun memperkuat kualitas jaringan di wilayah Kabupaten Klungkung itu dengan menambah 22 unit BTS 4G baru di Nusa Penida dan sekitarnya.

Dengan kehadiran 22 BTS 4G ini XL Axiata menjanjikan kulitas jaringan yang lebih baik. Imbasnya, kualitas jaringan yang baik berdampak pada peningkatan produktivitas melalui digitalisasi di sektor ekonomi, sosial, dan budaya.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyebut, "Nusa Penida dan Nusa Lembongan merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Bali. Selain semakin ramainya wisatawan, aktivitas masyarakat setempat juga terus meningkat, yang antara lain berdampak pada naiknya trafik akses layanan internet XL Axiata."

Menurut data internal XL Axiata, dua tahun terakhir, trafik XL Axiata di kedua pulau ini meningkat hingga 99 persen.

"Dengan penambahan masing-masing 22 unit BTS 4G baru di Nusa Penida dan 2 unit di Nusa Lembongan, kami berharap layanan internet dan telekomunikasi bisa lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan wisatawan," kata Gede.

Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap, menjelaskan saat ini jaringan data XL Axiata sudah menjangkau di semua desa (16 desa) yang ada di Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekspansi Jaringan

Masih dari data XL Axiata, peningkatan trafik dalam satu tahun terakhir yang paling besar berada di Desa Batumadeg, Desa Jungut Batu, dan Desa Tanglad.

"Untuk menjaga kualitas jaringan di kawasan tersebut, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya seperti ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latensi," kata Irwan.

Jumlah BTS XL Axiata di Bali Guna memenuhi kebutuhan komunikasi, khusus di area Nusa Penida terdapat lebih dari 80 BTS dan Nusa Lembongan sekitar 20 BTS.

XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan data yang baik di kawasan wisata, seperti Kelingking Beach dan Diamond Beach. Kawasan Pura seperti Pura Goa Giri Putri dan Pura Dalem Ped yang jadi salah satu pura kahyangan jagat terkemuka di Bali.

3 dari 4 halaman

Ada 5900 BTS di Bali

Untuk mendukung layanan digital di Bali, jaringan XL Axiata ditopang lebih dari 5.900 BTS yang mayoritasnya adalah BTS 4G. BTS ini melayani 716 desa, 57 kecamatan dan 9 kabupaten.

XL Axiata menyebut, pihaknya terus memperluas jaringan 4G. Operator ini juga berinvestasi untuk jaringan fiber fiber, transmisi, backhaul, hingga modernisasi jaringan.

Perusahaan pun akan terus melakukan berbagai upgrade jaringan guna meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

 

4 dari 4 halaman

Paket Bebas Puas

Paket Baru Untuk tetap terkoneksi dengan layanan telekomunikasi dan internet XL Axiata, kini hadirkan paket baru bernama Bebas Puas.

Paket ini memiliki keunggulan berupa keleluasaan pelanggan untuk memilih paket sesuai isi kantong alias dana yang dimiliki. Keunggulan lain berupa akumulasi kuota dan masa aktif paket saat membeli lagi paket baru, kuota yang berlaku 24 jam, serta beragam pilihan bonus kuota.

Paket baru ini bisa diperoleh melalui Aplikasi myXL, toko online, dan toko pulsa sejak 30 Mei 2024.

Adapun paket Bebas Puas bisa didapatkan pelanggan mulai Rp 2.000/hari dengan kuota hingga 12GB sebulan. Selain itu ada pula paket Rp 3.000/hari dengan kuota hingga 30GB sebulan.

Selain itu juga ada paket dengan harga Rp 6.000/hari dengan kuota hingga 90GB sebulan, dan Rp 8.000/hari dengan kuota hingga 150GB sebulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.