Sukses

Google Tunda Peluncuran Android 15 hingga Oktober 2024, Ada Apa?

Google Pixel 9 series hadir dengan Android 14, bukan Android 15 diharapkan. Peluncuran Android 15 ditunda hingga Oktober karena masalah stabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja merilis jajaran terbaru dari seri Pixel, yakni Pixel 9, Pixel 9 Pro, dan Pixel 9 Pro XL di pasaran.

Namun, ada satu hal yang mungkin mengejutkan para penggemar: ketiga ponsel ini tidak dilengkapi dengan Android 15.

Meski tampil sebagai ponsel terbaru, Google masih menggunakan Android 14, OS pertama kali diluncurkan bersamaan dengan Pixel 8 pada 3 tahun lalu.

Kabar ini mungkin mengecewakan bagi mereka yang menantikan untuk bisa langsung mencicipi giru baru di Android 15 saat membeli Pixel 9 series.

Sebelumnya, sempat beredar rumor Google akan meluncurkan update Android 15 pada bulan depan. Namun, recana tersebut harus ditunda karena OS baru ini masih belum sepenuhnya stabil.

Lalu, kapan Android 15 dirilis ke perangkat Pixel? Mengutip Android Authority, Selasa (27/8/2024), perusahaan berencana untuk mengulirkan update Android 15 pada Oktober 2024.

Perusahaan berbasis di Mountain View ini biasanya merilis pembaruan Android bersamaan dengan tersedianya source code OS ke publik.

Namun, perlu diingat jadwal peluncuran ini bisa saja berubah sewaktu-waktu jika Google menemukan bug yang signifikan atau jika OS Android tersebut masih dianggap belum stabil untuk digunakan secara luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Deretan Perbaikan Bug Penting di Android 15 Beta 4.2

Logo Android 15 (Dok.Google)

Sejak pertama kali diperkenalkan pada April 2024, sejumlah versi beta Android 15 telah dirilis.

Meskipun banyak yang berharap Android 15 sudah siap diluncurkan secara resmi, Google masih melakukan beberapa perbaikan untuk memastikan kualitas terbaik.

Pembaruan ini menunjukkan bahwa raksasa Google serius dalam menghadirkan sistem operasi yang mulus dan menjamin tidak ada masalah.

Terkait dengan hal tersebut tim pengembang Android mengumumkan melalui bahwa versi terbaru Android 15 Beta 4.2, untuk memperbaiki berbagai bug.

Versi ini diberi kode AP31.240617.015, di mana menunjukkan pembaruan kecil yang berisi sejumlah perbaikan bug penting, seperti:

  • Memperbaiki masalah beberapa perangkat yang perlu dihidupkan.Memperbaiki masalah bilah abu-abu transparan saat menggunakan kamera.
  • Memperbaiki masalah kamera yang menyebabkan frekuensi gambar rendah.
  • Memperbaiki masalah kamera yang menyebabkan kerusakan saat mengubah besaran zoom.
  • Mengatasi masalah saturasi kamera.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan kedip pada antarmuka layar.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan aplikasi YouTube tidak berjalan dengan lancar.
3 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Update Android 15 Beta 4.2

Kantor Google Indonesia di SCBD. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Selain memperbaiki bug, Android 15 Beta 4.2 juga memperbarui keamanan hingga Agustus 2024, memastikan bahwa perangkat tetap terlindungi dari ancaman terbaru.

Pembaruan Android 15 Beta 4.2 dengan ukuran agak kecil, akan dikirim secara otomatis melalui update Over-the-air (OTA) jika kamu menggunakan perangkat Pixel 6 atau lebih baru yang terdaftar dalam program beta Android.

Ukuran pembaruan hanya 61,8MB pada Pixel 8 Pro, dan dapat diunduh dengan mengakses Pengaturan -> Sistem -> Pembaruan perangkat lunak -> Pembaruan sistem -> dan Periksa pembaruan perangkat Pixel.

Meskipun beta public Android 15 hampir selesai, Google masih menyelesaikan beberapa masalah.

Banyak pengguna dan pengembang melaporkan bug pada Android 15 melalui Google Issue Tracker, dan meskipun sejumlah masalah telah diperbaiki, tak sedikit bug yang masih belum terselesaikan hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini