Sukses

Tak Hanya iPhone 16, Ini Deretan Produk Apple yang Dirilis 9 September 2024

Apple akan merilis iPhone 16 dan iPhone 16 Pro series dalam acara Apple Event 9 September mendatang. Berikut informasi tentang deretan produk yang akan dirilis.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengonfirmasi bahwa mereka bakal mengadakan acara tahunan khusus untuk memperkenalkan iPhone terbaru. Acara tersebut bakal digelar Senin, 9 September 2024.

Pada acara ini, Apple akan mengumumkan jajaran iPhone 16 dan sederatan produk terbaru mereka. Apa saja? Yuk simak di sini, sebagaimana dikutip dari 9to5Mac, Rabu (28/8/2024).

1. iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kemungkinan akan hadir dengan sejumlah upgrade dibandingkan pendahulunya. Berikut adalah peningkatan yang mungkin akan dibawa pada iPhone 16:

  • Kinerja lebih cepat: Model iPhone 16 akan didukung chipset Bionic A18, RAM 8GB (meningkat dibanding pendahulu, 6GB). Chipset ini memungkinkan dukungan Apple Intelligence.
  • Action Button: Appla akan menyingkirkan tombol saklar mute dan menggantikannya dengan Action Button yang dapat diprogram, seperti pada iPhone 15 Pro.
  • Tombol Capture: Pada sisi kanan iPhone 16, akan ada tombol baru yang didedikasikan untuk kamera. Tombol Capture ini akan menjadi cara cepat untuk membuka aplikasi Kamera. Pengguna juga dimudahkan untuk zoom in dan zoom out serta untuk membuat gambar jadi fokus.
  • Boba Kamera Lebih Kecil: iPhone 16 akan hadirkan boba kamera yang lebih kecil dengan bentuk vertikal. Kamera ini nantinya juga memungkinkan perekaman video spesial, membuat konten imersif yang bisa dilihat melalui Apple Vision Pro.
  • Warna: iPhone 16 akan hadir dalam lima warna mulai dari biru, hijau, merah muda, putih dan hitam.

iPhone 16 diumumkan pada 9 September di Apple Event. Berdasarkan yang lalu, pre-order akan dimulai pada 13 September dan penjualan perdananya pada 20 September 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Apple juga mengumumkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Berikut beberapa peningkatannya:

  • Layar Lebih Besar: iPhone 16 Pro akan didukung layar 6,3 inci yang lebih besar dibandingkan iPhone 15 Pro yang hanya 6,1 inci. Sementara, layar iPhone 16 Pro Max memiliki ukuran 6,9 inci naik dari versi sebelumnya 6,7 inci.
  • Tombol Capture: iPhone 16 Pro akan menambahkan tombol Capture baru. Hal ini memudahkan pengguna membuka aplikasi Kamera dengan cepat, men-zoom in dan zoom out, dan memudahkan pengambilan fokus dengan cepat sebelum menjepret gambar.
  • Kamera Ultra Wide: Untuk penggembar fotografi dengan kamera 0,5x, iPhone 16 Pro akan menawarkan peningkatan kualitas. Sejumlah rumor mengungkap, kamera Ultra-Wide akan didukung kamera 48MP, meningkat signifikan dari lensa 12MP.
  • 5x Optical Zoom: Peningkatan lain di versi Pro, iPhone 16 Pro akan menambahkan lensa Telephoto 5x optical zoom yang sama dengan milik iPhone 15 Pro Max tahun lalu.
  • Spesifikasi meningkat: Antara lain dengan chipset A18 Pro, kapasitas baterai lebih besar, desain termal ditingkatkan, dukungan konektivitas WiFi 7, dan lain-lain.
3 dari 5 halaman

3. Apple Watch Series 10

Selain iPhone 16 Series, Apple juga akan mengumumkan Apple Watch Series 10. Berikut sederetan peningkatannya:

  • Form Factor Lebih Besar: Menurut beberapa rumor, Apple Watch akan memiliki bentuk dan ukuran lebih besar. Apple Watch yang mulanya 41mm meningkat menjadi 45mm. Adapun model 45mm akan menjadi 49mm.
  • Layar Lebih besar: Dengan form factor lebih besar, Apple Watch Series 10 akan hadir dengan layar lebih besar. Bocoran menyebut, layar Apple Watch Series 10 memiliki layar 1,93 inci, naik dari 1,77 inci.
  • Desain Lebih Tipis: Apple Watch Series 10 akan hadir dengan fitur kesehatan yang lebih komprehensif, termasuk deteksi sleep apnea dan deteksi hipertensi.
4 dari 5 halaman

4. Apple Watch Ultra 3

Apple Watch Ultra 3 jadi pengumuman paling tidak menarik selama acara Apple di bulan September ini. Hingga kini, ada sedikit rumor tentang peningkatan Apple Watch Ultra.

Model baru dari versi Ultra ini diperkirakan hadir dengan chip baru untuk meningkatkan performa. Meski begitu, analis Ming Chi Kuo menyebut, hampir tak ada fitur hardware yang baru.

 

5 dari 5 halaman

5. AirPods 4

Apple dikabarkan menghadirkan perombakan besar di jajaran AirPods-nya. Laporan Mark Gurman dari Bloomberg menyebut, Apple kemungkinan akan menghentikan AirPods 2 dan AirPods 3 dan menggantinya dengan dua varian AirPods 4.

Model AirPods 4 ini kemungkinan akan hadir dengan desain paduan AirPods 3 dan AirPods Pro, termasuk batang yang lebih pendek. Namun tak seperti AirPods Pro, tak ada varian yang memiliki fitur eartips yang bisa diganti.

Dalam hal fitur, Apple akan menghadirkan dua model berbeda AirPods 4. Versi flagship akan didukung noise cancelation. Adapun versi biasa tak akan memiliki fitur noise cancelation.

Kedua model akan didukung charging case yang bisa diisi daya dengan port USB Type C. Adapun untuk casing model flagship speaker bawaan untuk meningkatan integrasi Find My.

iOS 18 dan Lebih

Apple juga akan mengumumkan rincian tentang tanggal rilis update software Apple berikutnya, meliputi:

  • iOS 18
  • iPadOS 18
  • WatchOS 11
  • tvOS 18
  • visionOS 2

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.