Sukses

Playlist di Apple Music bisa Ditransfer ke YouTube Music, Begini Caranya

Berikut cara mentransfer playlist favorit kamu di Apple Music ke YouTube Music, simak di sini ya.

Liputan6.com, Jakarta - Buat kamu yang masih suka merasa ribet kalau mau memindahkan playlist dari Apple Music ke YouTube Music atau sebaliknya, sekarang ada kabar gembira!

Apple baru saja merilis cara resmi buat transfer playlist favorit kamu dari satu layanan ke layanan lain.

Dikuti dari GSM Arena, Jumat (30/08/2024), Apple bahkan sudah merilis dua dokumen panduan yang lengkap tentang cara transfer playlist ini. Jadi kalau kamu beralih dari Apple Music ke YouTube Music atau sebaliknya, tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Bagi kamu yang bertanya-tanya apakah playlist di Apple Music bisa ditransfer ke platform lain kayak Spotify, sayangnya belum ada cara resmi buat itu. Mungkin harus bersabar dulu ya kalau kamu menggunakan Spotify.

Yang perlu diingat, hanya musik yang kamu bikin sendiri yang bisa ditransfer. Jadi, playlist hasil kolaborasi yang kamu punya juga bisa ikut pindah.

Namun, playslist yang bukan kolaborasi atau yang sudah dikurasi oleh Apple dan folder yang kamu buat untuk mengatur playlist Apple Music, enggak bisa ikut ditransfer. 

Kalau di playlist Apple Music kamu ada podcast, audiobook, atau file audio yang di-upload sendiri, sayang banget konten-konten itu juga enggak bisa ikut pindah. Jadi hanya lagu-lagu saja yang bisa ditransfer.

Proses transfer ini biasanya cuma butuh beberapa menit, tapi kalau yang mau kamu pindahkan lumayan banyak, mungkin butuh waktu beberapa jam. Simak untuk panduan lengkapnya di bawah ini ya... 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Transfer Playlist Apple Music ke YouTube Music

Dikutip dari laman Data dan Privasi Apple, kamu bisa minta untuk transfer playlist yang sudah kamu bikin di Apple Music langsung ke YouTube Music.

Apa yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Transfer Playlist :

  • Playlist tetap Aman: Saat kamu transfer playlist ke YouTube Music, playlist di Apple Music enggak akan hilang. Jadi kamu bisa tetap akses playlist di kedua layanan.
  • Waktu Transfer: Proses ini biasanya cuma butuh waktu beberapa menit, tergantung banyaknya playlist yang kamu punya untuk dipindahkan.
  • Syarat Transfer: Layanan ini tersedia buat pemilik akun Apple di negara yang mendukung Apple Music. Sayangnya fitur ini enggak tersedia buat akun anak-anak atau akun Managed Apple ID.

Sebelum Mulai Transfer 

Ada beberapaa hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai transfer:

  1. Langganan Aktif: Kamu Perlu punya langganan Apple Music iTunes Match yang aktif. 
  2. Akun YouTube Music: Pastikan kamu juga punya akun YouTube Music yang aktif.

 

Cara Transfer Playlist dari Apple Music ke YouTube Music 

  1. Kunjungi halaman Data dan Privasi Apple: masuk ke akun Apple ID kamu. 
  2. Pilih "Transfer a Copy of Your Data": Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan permintaan transfer. Masuk ke akun YouTube Music untuk memulai Transfer.
  3. Notifikasi Email: Setelah mulai transfer, Apple akan mengirim notifikasi ke email yang terkait dengan akun Apple kamu.

Setelah melakukan transfer, kamu akan menerima email konfirmasi dari Apple, playlist kamu akan muncul di tab Library YouTube Music.

Kalau ada yang hilang dari playlist, berarti lagu itu belum atau tidak tersedia di YouTube Music, dan kalau kamu update playlist, perubahan itu enggak akan ada di layanan lain.

Lalu, jika membatalkan transfer, playlist yang berhasil di transfer duluan akan tetap pindah ke YouTube Music.

3 dari 4 halaman

Transfer Playlist dari YouTube Music ke Apple Music

Setelah bisa transfer playlist dari Apple Music ke YouTube Music, sekarang kamu bisa melakukan sebaliknya. Berikut panduan lengkapnya: 

Cara Transfer Playlist YouTube Music ke Apple Music

  1. Kunjungi Google Takeout: Pertama, buka Google Takeout dan ikuti instruksi untuk memulai ekspor dari YouTube Music.
  2. Pilih Apple Music sebagai Tujuan Transfer: Setelah itu, pilih "Apple Music" sebagai tujuan transfer dan masuk dengan Apple ID kamu.
  3. Izinkan Akses: Ketuk "Allow" untuk memberi izin kepada Google untuk menambahkan playlist ke Apple Music.
  4. Notifikasi Email: Saat kamu mulai transfer, Apple akan mengirim notifikasi email ke alamat email yang terkait dengan akun Apple ID kamu.

Sama seperti sebelumnya, setelah melakukan transfer, kamu akan menerima email konfirmasi dari Apple.

Playlist kamu akan muncul di "Recently Add" di Apple Music. Kalau ada yang hilang dari playlist, berarti lagu itu belum atau tidak tersedia di Apple Music, dan kalau kamu update playlist.

Perubahan itu enggak akan ada di layanan lain. Lalu, jika membatalkan transfer, playlist yang berhasil di transfer duluan akan tetap pindah ke Apple Music.

4 dari 4 halaman

Infografis 10 Venue Konser Musik Berstandar Internasional di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini