Sukses

5 Cara Bikin HP Kamu Awet sampai 7-8 Tahun, Emang Bisa?

Tips supaya kamu tidak terus gonta ganti Handphone karena cepat rusak dan jangka waktu pemakaian terlalu singkat, simak baik-baik ya.

Liputan6.com, Jakarta - HP kelas atas, seperti iPhone 16 Pro Max atau Samsung Galaxy S24 Ultra, harganya bisa bikin dompet sebagian orang jebol. Bahkan HP yang lebih terjangkau seperti Galaxy A55 5G atau Google Pixel 8A masih terbilang cukup mahal.

Makanya, supaya duit yang kamu keluarin enggak sia-sia, mending kamu jaga HP yang saat ini kamu punya bisa dipakai lebih lama.

Selain hemat, juga lebih baik buat lingkungan karena kamu tidak buru-buru ganti HP dan bisa mengurangi sampah elektronik.

Dikutip dari Cnet, Jumat (13/9/2024), kabar baiknya banyak perusahaan kayak Apple, Google, dan Samsung sekarang memberi dukungan lebih lama buat perangkat mereka. Jadi, kamu bisa pakai HP selama beberapa tahun tanpa khawatir soal update software.

Nah, sisanya tergantung kamu. Biar HP awet selama 7-8 tahun ke depan, perlu sedikit usaha, perawatan, dan beberapa strategi penting. Simak berikut ini ya.

1. Rajin Install Update Terbaru 

Penting banget buat selalu pasang update keamanan terbaru di HP. Kalau enggak, HP kamu bisa jadi tidak aman lagi buat dipakai. Dulu banyak HP Android yang cuma dikasih update 2-3 tahun, tapi sekarang kayak seri Google Pixel 8 udah mulai dikasih 7 tahun dukungan software.

Jadi kalau kamu mau beli HP baru, pastikan kamu cek berapa lama HP itu bakal didukung update-nya.

Jika kamu ingin mengecek HP kamu yang sekarang, coba cek di menu Settings, terus cari Software update buat lihat ada update terbaru atau tidak.

Hal yang sama juga harus dilakukan pada aplikasi di ponsel kamu, jadi pastikan kalau aplikasi yang kamu gunakan sudah versi terbaru ya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan casing dan Pelindung Layar 

Kalau baru beli HP, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pasang casing. Ini bakal melindungi HP dari jatuh atau goresan kecil dari benda-benda seperti kunci atau koin di saku kamu.

Setidaknya ini bakal bikin HP kamu tetap mulus kayak baru selama bertahun-tahun.

3. Ganti Baterai yang Udah Lemah

Baterai HP emang pasti bakal menurun kinerjanya seiring waktu. Bisa jadi, baterai HP yang udah tua cuma bisa bertahan setengah dari kapasitas aslinya. Kadang, kamu bahkan bisa dapat notifikasi dari HP bakal diturunkan kecepatannya buat menghemat daya.

Jangan khawatir, ganti baterai enggak susah kok. Banyak kit dan baterai pengganti yang bisa kamu beli buat berbagai jenis HP.

Jadi, kalau baterai kamu udah lemah, cek dulu apakah bisa diganti sendiri. Atau kamu bisa bawa ke tempat service yang terpercaya buat ganti baterai atau komponen lain seperti layar yang pecah.

 

3 dari 4 halaman

4. Bersihkan Aplikasi dan Foto yang Udah Tidak Diperlukan

Kalau kamu udah pakai HP selama beberapa tahun, kemungkinan besar HP kamu penuh dengan ribuan foto teman, hewan peliharaan, atau makanan yang pernah kamu makan. Belum lagi aplikasi yang kamu download terus lupa kamu uninstall.

Ruang penyimpanan yang penuh bisa bikin HP kamu jadi lemot, bahkan bisa bikin nggak cukup ruang buat update software penting.

Jadi kalau kamu punya waktu luang, coba dipakai buat bersih-bersih, backup foto dan video penting, dan hapus yang nggak perlu.

5. Bersihkan Port dan Speaker HP Kamu

Terakhir, jangan lupa buat rutin bersihin HP kamu. Fluff di saku bisa jadi masalah buat port charger HP, yang sering kali tersumbat sama debu. Hasilnya, ketika kamu colokin charger, mungkin nggak akan tersambung dengan baik dan HP nggak akan nge-charge.

Kadang, orang pikir ada komponen yang rusak, padahal cuma masalah kotoran yang nyangkut di port. Gunakan tusuk gigi kayu buat bersihin kotoran yang ada di dalamnya secara berkala.

Selain itu, pakai sikat gigi bekas yang bersih dan kering buat sikat lembut sekitar speaker dan mikrofon biar suara panggilan tetap jernih.

Dengan sedikit usaha dan perhatian, kamu bisa bikin HP kamu tetap awet bertahun-tahun, tanpa harus buru-buru ganti yang baru!

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini