Sukses

Chatbot Google Gemini AI di Gmail Kini Hadir Buat Pengguna Android

Chatbot Google AI dari Gemini kini bakal dihadirkan di aplikasi Gmail pada Android. Dengan fitur ini pengguna bisa bertanya berbagai hal terkait email mereka ke asisten AI.

 

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Google mengizinkan pengguna memakai chatbot Gemini AI untuk bertanya tentang inbox Gmail versi web. Kini, fitur tersebut sudah hadir untuk pengguna Android.

Perusahaan menyebut, fitur Q&A Gmail mulai digulirkan ke Android dan fitur ini bakal segera hadir juga ke Gmail versi iOS.

Mengutip The Verge, Jumat (30/8/2024), dengan Gmail Q&A, pengguna bisa bertanya ke Gemini tentang berbagai hal di email mereka.

Berdasarkan unggahan blog Google, pengguna bisa meminta Gemini untuk menunjukkan pesan-pesan yang belum dibaca, memerintahkan untuk melihat pesan dari pengirim tertentu, atau meringkas email tentang topik tertentu di inbox.

Sekadar informasi, Gmail Q&A ini bisa sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menemukan pesan yang mungkin sudah terkubur lama di kotak masuk mereka.

Sayangnya, fitur ini tak serta merta hadir secara gratisan untuk semua pengguna Gmail. The Verge menyebut, pengguna perlu berlangganan Google One AI Premium atau plan Google Workspace dengan dukungan Gemini Business, Enterprise, Education, atau add on Education Premium agar bisa mengaksesnya.

Google Q&A sudah mulai digulirkan sejak Kamis kemarin. Google menyebut, mungkin perlu setidaknya 15 hari hingga fitur ini muncul di pesan Gmail pengguna.

Kini, dengan berbagai tool AI generatif yang ada, pengguna juga harus selalu mengecek ulang hasil kerja Gemini untuk memastikan AI ini bekerja sesuai fakta, bukan terkesan mengada-adakan sesuatu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Hadirkan Gemini ke Google Workspace

Sebelumnya, Google menghadirkan perluasan akses Gemini ke Google Workspace. Nantinya, pengguna akan bisa langsung mengakses AI generatif itu di Gmail, Google Drive, Docs, dan layanan Workspace lainnya.

Berdasarkan unggahan blog Google Workspace, sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Minggu (30/6/2024), perusahaan mengumumkan ketersediaan umum Gemini di aplikasi kerja Google, seperti Google Docs, Spreadsheet, Slide, dan Drive.

Nantinya, Gemini di aplikasi tersebut akan muncul di panel bilah samping. Penempatan tersebut akan memudahkan pengguna mengakses Gemini tanpa perlu membuka situs web.

Fitur tersebut dapat dimunculkan ketika pengguna mengklik tombol "Ask Gemini" di sudut kanan atas logo Docs, Sheets, Slides, dan Drive.

Gemini yang dihadirkan juga tak main-main, Google menggunakan Gemini 1.5 Pro, ini adalah model AI multimodal terbaru yang bisa berikan akses terhadap kecerdasan yang lebih maju.

 

 

3 dari 3 halaman

Bisa Bantu Ringkas Pekerjaan

"Melalui panel samping, Gemini dapat membantu Anda meringkas, menganalisis, dan menghasilkan konten dengan memanfaatkan wawasan yang dikumpulkan dari email, dokumen, dan lainnya—semuanya tanpa berpindah aplikasi atau tab," tulis perusahaan. 

"Antarmuka yang diperbarui secara otomatis merangkum konten yang sedang Anda kerjakan dan memberikan petunjuk yang relevan secara kontekstual untuk membantu Anda memulai," tulis Google menambahkan.

Google mengatakan pembaruan baru yang didukung AI ini akan membantu pengguna lebih produktif, serta memperkenalkan Gemini kepada jutaan pengguna di seluruh dunia.

Kendati demikian, fitur Gemini AI ini hanya terbatas pada pengguna yang menggunakan Google Workspace versi berbayar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.