Sukses

Makin Sukses, ChatGPT Kini Dipakai 200 Juta Pengguna Tiap Minggu

ChatGPT kini dipakai oleh lebih dari 200 juta pengguna tiap minggunya. Layanan chatbot berbasis kecerdasan buatan ini mengalami peningkatan penggunaan dua kali lipat dibandingkan November lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Chatbot kecerdasan besutan OpenAI, ChatGPT, kini telah dipakai oleh 200 juta pengguna aktif per minggunya. Jumlah ini dua kali lipat dibandingkan jumlah pengguna ChatGPT pada musim panas tahun lalu.

Mengutip Reuters, Minggu (1/9/2024), ChatGPT dirilis pada 2022. Chatbot AI generatif ini mampu berkomunikasi dan menghasilkan respon sesuai pertanyaan dan perintah dari si pengguna.

November lalu, CEO OpenAI Sam Altman menyebut, jumlah pengguna aktif mingguan ChatGPT baru 100 juta users.

Terlepas dari itu, OpenAI menyebut kalau 92 persen dari perusahaan-perusahaan yang ada di daftar Fortune 500 kini menggunakan layanan dan produk API mereka.

Layanan tersebut memungkinkan program software bisa berbicara satu dengan yang lain, dan penggunaan program ini meningkat dua kali lipat sejak dirilisnya ChatGPT-4o mini pada Juli lalu.

Sekadar informasi, GPT-4o mini adalah model AI kecil yang lebih efisien secara biaya. Tujuan hadirnya program ini adalah untuk membuat teknologi kecerdasan buatan lebih mudah dijangkau dan tak terlalu menghabiskan energi atau daya. Dengan begitu, startup bisa berfokus pada target pasar yang lebih luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

ChatGPT Dorong Popularitas AI di Dunia Teknologi

Asal tahu saja, kehadiran ChatGPT telah mendorong popularitas AI dan memicu kenaikan nilai valuasi OpenAI yang kini bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat.

Dalam perkembangannya, popularitas OpenAI kian melonjak, bahkan baru-baru ini OpenAI dan Anthropic belum lama ini menandatangani kesepakatan dengan pemerintah AS untuk tujuan penelitian, pengujian, dan evaluasi model kecerdasan buatan mereka.

Masih soal AI yang kini jadi primadona di dunia teknologi, perusahaan teknologi sukses seperti Apple dan Nvidia belum lama ini juga terlibat dalam pembicaraan untuk berinvestasi di OpenAI. Investasi ini merupakan rangkaian dari putaran penggalangan dana baru, yang jika terlaksana akan meningkatkan nilai OpenAI menjadi di atas USD 100 miliar.

Microsoft yang telah menjadi investor OpenAI juga disebut-sebut akan menambahkan investasinya di perusahaan besutan Sam Altman itu.

3 dari 4 halaman

ChatGPT Gratis Makin Canggih

Terlepas dari jumlah penggunanya, belum lama ini OpenAI resmi memperluas akses ke DALL-E 3, salah satu generator gambar AI terbaiknya ke pengguna ChatGPT gratis. Sebelumnya, akses hanya diberikan untuk para pelanggan ChatGPT Plus dengan biaya USD 20 atau sekitar Rp 318 ribu.

Mengutip informasi dari Tech Radar, Senin (12/8/2024), adanya akses ini memungkinkan pengguna ChatGPT gratis untuk membuat dua gambar per hari memanfaatkan kemampuan DALL-E 3.

Sebagai perbandingan, pelanggan ChatGPT Plus bisa memanfaatkan DALL-E 3 bisa membuat hingga 50 gambar per hari.

DALL-E 3 merupakan versi ketiga dari image generating model dari OpenAI. Dijelaskan perusahaan, model ini disebut mampu memahami prompt atau perintah yang diberikan jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Bisa Ciptakan Gambar Lebih Kreatif

Tidak hanya itu, model ini juga bisa menciptakan gambar yang lebih kreatif dan lebih photorealistic. Model ini pun sudah terintegrasi dengan ChatGPT.

Oleh sebab itu, pengguna dapat membuat dan menyempurnakan gambar melalui percakapan yang dilakukan dengan chatbot, ketimbang menyempurnakan prompt atau perintah awal terus menerus.

Perluasan akses ini pun disebut menjadi strategi OpenAI menggoda pengguna untuk mulai berlangganan. Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya perusahaan merilis fitur premium ke pengguna gratis.

Sebelumnya, ada custom GPT buatan pihak ketiga hanya tersedia untuk para pelanggan. Namun, semua pengguna ChatGPT kini bisa mengaksesnya.

Selain itu, model bahasa terkini dari OpenAI yakni GPT-4o kini telah tersedia untuk semua pengguna. Karenanya, meski ada batasan pemakaian, akses ini memungkinkan lebih banyak orang untuk menjajal pengalaman memakai ChatGPT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.