Sukses

PS5 Pro Tanpa Disc-Drive? Bocoran Baru Mengungkap Detail Desain dan Tanggal Peluncuran

PS5 Pro semakin ramai diperbincangkan di kalangan gamer dengan berbagai bocoran desain dan spekulasi tanggal rilis. Apakah konsol ini akan menjadi bintang baru di dunia gaming?

Liputan6.com, Jakarta - Rumor tentang PlayStation 5 (PS5) Pro semakin santer beredar di kalangan gamer dan penggemar teknologi. Setelah ramai dibicarakan di ajang Gamescom 2024, konsol baru Sony ini menjadi topik hangat di internet.

Berbagai spekulasi tentang bentuk, tanggal rilis, dan harga PS5 Pro pun semakin banyak beredar di dunia maya.

Berawal dari obrolan sejumlah developer game di Gamescom 2024, terungkap konsol baru Sony tersebut akan debut dalam acara live streaming State of Play pada September 2024.

Bocoran Desain dan Spesifikasi PS5 Pro

Terkini, laporan dari Dealabs mengungkap informasi baru tentang nama dan penampilan PS5 Pro. Berdasarkan sketsa leaker terpercaya Billbil-kun, konsol ini tidak memiliki perubahan desain signifikan.

<p>PS5 Pro Tanpa Disc-Drive? Bocoran Baru Mengungkap Detail Desain dan Tanggal Peluncuran. (Doc: Dealabs)</p>

Sebagaimana terlihat dalam gambar sketsa PS5 Pro di atas, konsol baru milik Sony tersebut terlihat mirip dengan PS5 Slim. Namun, PS5 Pro tetap menawarkan beberapa pembaruan penting yang layak disoroti.

Dalam sketsa tersebut, konsol PS5 Pro hadir dengan pilihan warna putih klasik, dilengkapi dengan dua port USB-C dan tombol power di bagian depan.

Selain itu, konsol ini memiliki garis-garis baru di bagian samping kanan dan kiri plat bodinya, menambah kesan modern dan futuristik.

Billbil-kun juga mencatat, PS5 Pro akan memiliki bodi lebih tebal dibandingkan dengan PS5 Slim, memberikan kesan kokoh dan solid.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Harga PS5 Pro?

Penampakan konsol PS5. (Doc: PlayStation)

Namun, satu hal mencolok adalah absennya slot disc-drive pada unit yang dilihat oleh Billbil-kun. Ini menimbulkan pertanyaan apakah Sony akan merilis varian lain yang dilengkapi dengan disc-drive atau akan fokus pada model full digital saja.

Jika prediksi ini benar, PS5 Pro kemungkinan akan mulai dijual pada Oktober atau November, tepat sebelum musim liburan dimulai. Strategi yang masih diterapkan Sony hingga saat ini.

Lalu, berapa harga PS5 Pro? Grubb memperkirakan konsol ini akan dibanderol mulai dari USD 600 (Rp 9,2 juta) hingga USD 700 (Rp 10 jutaan).

Harga PS5 Pro ini terbilang tinggi, namun sebanding dengan peningkatan performa yang diharapkan dari konsol baru Sony tersebut.

Namun, semua ini masih sebatas bocoran dan prediksi. Kita tunggu saja pengumuman resmi dari Sony pada State of Play September nanti untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat

3 dari 4 halaman

Spesifikasi PS5 Pro

PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Sony, bocoran spesifikasi PS5 Pro mengindikasikan peningkatan signifikan.

  • GPU Lebih bertenaga

Dibandingkan dengan PS5 standar, PS5 Pro akan memiliki GPU yang lebih kuat.

  • Dukung Ray Tracing Lebih Baik

Ray Tracing menjadi salah satu fitur paling dinanti oleh banyak gamer, di mana dengan teknologi ini pemain bisa menikmati pengalaman visual lebih realistis dan mendetail.

  • Mode CPU Baru

Walau CPU PS5 Pro ini diperkirakan tetap sama dengan PS5, kemungkinan akan ada mode baru di mana pengembang atau pemain dapat meningkatkan performa saat bermain game.

91Mobile juga mengutip, "Sementara itu, CPU-nya diperkirakan akan tetap sama dengan PS5 tetapi mungkin ada mode baru."

  • Kekhawatiran Saat PS5 Pro Diluncurkan

Dokumen yang muncul pada pertengahan 2023 menunjukkan PS5 Pro akan diumumkan pada paruh kedua bulan November 2024.

Namun, beberapa sumber khawatir bahwa peluncuran tahun ini tidak akan diimbangi dengan jumlah game pihak pertama yang menunjukkan performa maksimal dari konsol baru Sony tersebut. 

4 dari 4 halaman

Sony 'Ngamuk' Usai Spesifikasi PS5 Pro Bocor

<p>Cek Harga dan Spesifikasi PS5 Slim, Konsol Terbaru dari Sony yang Akan Meluncur di Indonesia. (Doc: PlayStation)</p>

Di sisi lain, Sony hingga saat ini memang belum mengonfirmasi keberadaan PlayStation 5 Pro (PS5 Pro). Akan tetapi, bocoran konsol baru tersebut sudah beredar di internet.

Terkini, bocoran spesifikasi PS5 Pro membuat Sony 'kebakaran jengot' dan memutuskan untuk melakukan penyelidikan tentang sosok yang membocorkan informasi tersebut.

YouTuber Moore's Law is Dead pertama kali mengunggah video spesifikasi PS5 Pro, yang tampaknya adalah merupakan dokumentasi resmi konsol baru Sony tersebut.

Selang beberapa waktu kemudian, Tom Henderson dari Insider Gaming mengonfirmasi detail, dan men-tweet pada hari Senin tentang penyelidikan oleh pihak Sony.

Mengutip Gizmodo, Sabtu (30/3/2024), pihak Sony sedang melakukan penyelidikan terhadap siapa yang membagikan spesifikasi PS5 Pro tersebut.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.