Sukses

Review Seagate Starfield Game Drive 2TB: Cocok untuk Penyimpanan, Tapi Bagaimana untuk Main Game?

Review Seagate Starfield Game Drive 2TB: Desain keren, performa baik, tapi kurang cocok untuk main game-game baru Xbox Series S|X.

Liputan6.com, Jakarta - Seagate kembali menggebrak pasar dengan Starfield Special Edition Game Drive untuk konsol Xbox Series S dan Xbox Series X.

Mengantongi ilsensi resmi dari Bethesda, hard drive (HDD) eksternal ini tidak hanya menyuguhkan performa solid, tetapi juga menambah sentuhan petualangan kosmik lewat desain terinspirasi dari Settled Systems dalam game Starfield.

Desain dan Estetika

<p>Seagate Starfield Game Drive 2TB tampilkan lampu LED ketika menyala. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Hard drive baru Seagate ini tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan, tetapi juga sebagai elemen dekoratif mempercantik setup gaming Anda. Dengan sentuhan eksklusif menggambarkan estetika "NASA-punk", drive ini tampak seperti berasal dari alam semesta Starfield.

Penampilan HDD semakin terlihat futuristik dengan dipasangnya LED RGB yang mengelilingi sisi game drive bertemakan game Starfield ini.

Performa dan Kecepatan

<p>Bagian belakang Seagate Starfield Game Drive 2TB. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Sebagai HDD dengan kecepatan putaran 7200 RPM, Starfield Game Drive menawarkan performa baik untuk sebuah hard drive eksternal. Kecepatan baca/tulisnya berada di kisaran 130MB/s, tergolong kompetitif di kelasnya.

Dengan konektivitas USB 3.0, transfer data berjalan lebih cepat memberikan pengalaman bermain yang mulus. Namun, di sinilah ironinya.

Walau mengusung edisi khusus game Starfield, HDD ini ternyata tidak memiliki kemampuan untuk memainkan deretan game yang sudah dioptimasi untuk konsol Xbox Series S|X.

<p>Port di bagian belakang Seagate Starfield Game Drive 2TB. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Game-game seperti Starfield, Little Kitty Big City, Star Wars Jedi Survivor, dan lainnya tidak dapat dimainkan secara langsung dari HDD. Perangkat ini hanya bertindak sebagai media penyimpanan setelah game diunduh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapasitas Lega untuk Simpan Banyak Game?

<p>Sisi kanan kiri Seagate Starfield Game Drive 2TB. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Untuk memainkan game-game tersebut, kamu harus menghapus--bila kapasitas storage internal terbatas dan memindahkan game yang sudah diunduh ke HDD ke internal.

Memang kapasitas 2TB yang ditawarkan ini lebih baik ketimbang harus download ulang game setiap kali dimainkan, namun tetap saja agak sedikit merepotkan harus pindah-pindah game dari HDD eksternal ke internal.

Meski begitu, kamu dapat memainkan sejumal judul game Xbox, Xbox 360, dan Xbox One langsung dari HDD tanpa harus memindahkan game ke internal dulu.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

<p>Seagate Starfield Game Drive 2TB. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Seagate Starfield Special Edition Game Drive* adalah pilihan menarik bagi gamer yang ingin menambah kapasitas penyimpanan dengan desain unik. dan performa cukup baik.

Namun, jika Anda mencari performa terbaik untuk langsung memainkan game-game baru dari perangkat storage, SSD tetap menjadi pilihan lebih ideal ketimbang HDD eksternal.

Walaupun drive ini menawarkan kapasitas lega dengan harga terjangkau, ada baiknya kamu memperhatikan kebutuhan spesifik dalam bermain game di konsol Xbox sebelum memutuskan untuk membelinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.